cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA" : 8 Documents clear
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU TERHADAP PROFESIONALISME MENGAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH LIMBUNG Anna Pertiwi
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2609

Abstract

ABSTRAK  : Penelitian ini mengangkat masalah sebagai berikut: Adakah pengaruh tingkat pendidikan guru terhadap profesionalisme mengajar di SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Guru Terhadap profesionalisme Mengajar di SMP Muhammadiyah Limbung. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah Limbung yang berjumlah 49 guru dan 358 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah field Research (riset lapangan). Hasil penelitian ini akan di analisis dengan cara kuantitatif dalam tekhnik Deskriptif korelasi. Lokasi penelitianini bertempat di SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa yang berpopulasi siswa SMP Muhammadiyah limbung Kab. Gowa yang berjumlah sebanyak 36 orang.Hasil penelitian ini adalah: Tingkat pendidikan guru sangat berpengaruh terhadap profesionalisme mengajar. Hasil uji hipotesis dengan nilai hasil korelasi, yaitu rxy 0,5268 Ternyata t hitung  lebih besar dari t tabel, atau 3,613 2,042. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis Ha di terima, ini berarti Ada Pengaruh Tingkat Pendidikan Guru Terhadap Profesionalisme Mengajar dan Ho di tolak, artinya tidak Ada Pengaruh antara Tinkat Pendidikan guru terhadap profesionalisme Mengajar.
HUBUNGAN KONSEP KEPEMIMPINAN DENGAN PERILAKU SISWA DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MIN NGALI BELO KABUPATEN BIMA Rasidi Rasidi
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2616

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian kaulitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau arah kuantifikasi lainnya. Sumber data diperoleh dari data observasi dan data wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima. Karena dengan diterapkannya konsep kepemimpinan di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima telah membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik terutama memiliki jiwa kepemimpinan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)  Perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima setelah diterapkannya konsep kepemimpinan kepala sekolah telah banyak mengalami perubahan diantaranya siswa terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang atau perilaku negative, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa dalam pendidikan yang berbasis karakter hal ini membuktikan bahwa Sikap anak-anak sangat tenang dan fokus saat menerima pelajaran atau penjelasan dari guru di samping itu juga guru selalu memberi motivasi atau dorongan kepada siswa agar siswa giat dan aktif baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sosial. konsep kepemimpinan sangat berarti untuk meningkatkan perilaku siswa yang baik atau siswa yang berkarakter. Kata kunci :Konsep Kepemimpinan, Perilaku Siswa
PENGARUH MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SMAN 1 SOROMANDI Mardiana Mardiana
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2610

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kulitatif dengan menggunakan tiga cara teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan murid di SMA Negeri 1 Soromandi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Soromandi dapat dilihat pada tiga faktor yang digunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Soromandi yaitu  planning, acting, dan evalusi. Kata kunci: Manajerial, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD KABUPATEN GOWA Rini Ardiati
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2617

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SD Inpres Panggentungang Utara Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode angket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari observasi, angket, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,872), yang berkisar antara 0,800 – 1,000 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi tinggi atau sangat kuat. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (7,362) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 2,093). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru sebesar 76,04%. Kata Kunci : kepemimpinan Kepala sekolah dengan Motivasi Kerja Guru
PERAN KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN RAPPOJAWA 71 KEC. TALLO KOTA MAKASSAR mardiati mardiati
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2611

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran murid di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar. Subyek dari penelitian ini adalah semua guru di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar. Pengumpulan data penelitian ini ditempuh dengan teknik angket dan dokumentasi. Setiap butir angket diberi bobot pilihan jawaban a, bobotnya 4, pilihan jawaban b, bobotnya 3, pilihan jawaban c, bobotnya 2, dan Pilihan jawaban d, bobotnya 1.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran murid di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar sangat baik Sesuai dengan nilai skor rata-rata yaitu jumlah skor keseluruhan dari jawaban responden dibagi dengan jumlah responden yaitu diperoleh nilai presentase 5,27%. Berdasarkan uraian diatas berada pada inteval 46-60 berarti sangat baik. maka dibuatkan tabel distribusi frekuensi dan persentase dengan membagi ke dalam 4 kategori dengan skor tertinggi adalah 4 x 15 = 60 dan terendah adalah    1 x 15= 15 sehingga diperoleh interval yaitu 15. Jadi pengkategoriannya yaitu: tidak baik (0-15),  kurang baik (16–30), cukup baik (31–45), dan sangat baik (46–60). Kata Kunci : Peran kepemimpinan kepala sekolah, Disiplin kinerja guru.
STUDI DESKRIPSI KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 BELO KABUPATEN BIMA Sukmawati Sukmawati
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2618

Abstract

ABSTRAK : Penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, ini dilakukan di SMP Negeri 3 Belo Kabupaten Bima, pada Oktober sampai November 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah guru diSMP Negeri 3 Belo Kabupaten Bima adalah sebanyak 40 Orang dengan angket sebagai instrumen utama.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kompetensi pedagogik guru diperoleh bahwa rata-rata yaitu 99,88 artinya nilai ini berada pada kategori tinggi dan frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 55% ini berkisar antara skor 76-100. Untuk kompetensi profesional diperoleh hasil rata-rata yaitu 99,63 artinya nilai ini berada pada kategori tinggi, frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 52,55% ini berkisar antara skor 76-100. Untuk kompetensi kepribadian diperoleh rata-rata yaitu 102,50 artinya nilai ini berada pada kategori sangat tinggi, frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 65% ini berkisar antara skor 100-125. Untuk kompetensi sosial  diperoleh rata-rata yaitu 102,90 artinya nilai ini berada pada kategori sangat tinggi, frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 67,5%  ini berkisar antara skor 100-125.Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa, untuk kompetensi pedagogik berada pada kategori tinggi. Untuk kompetensi profesional berada pada kategori tinggi. Untuk kompetensi kepribadian berada pada kategori sangat tinggi. Dan untuk kompetensi social berada pada kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Studi Deskripsi, Kompetensi Guru, Kurikulum 2013
ANALISIS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SDN 29 KALUPPINI KABUPATEN ENREKANG muslimah muslimah
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2619

Abstract

ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Manajemen kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru di SD Negeri 29 Kaluppini Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Responden adalah Guru Sekolah Dasar Negeri 29 Kaluppini Kabupaten Enrekang sebanyak 11 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung persentase per item, per indikator dan uji statistik.Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi produc moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,622), yang berkisar antara 0,600 – 0,800 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi cukup. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (0,622) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 0,107). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru sebesar 38,6%. Kata Kunci : Manajemen Kepala sekolah dan Motivasi Mengajar Guru
PENGARUH DESENTRALISASI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 SINJAI TIMUR nuni anggriani
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2615

Abstract

ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desentralisasi pendidikan terhadap penigkatan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Sinjai Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto. Responden adalah Guru SMP Negeri 1 Sinjai Timur sebanyak 40 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung persentase per item, per indikator dan uji statistik.Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,747), yang berkisar antara 0,600 – 0,800 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (4,711) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 0,320). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun pengaruh desentralisasi pendidikan terhadap peningkatan profesionalisme guru sebesar 55,8%.                                               Kata Kunci : Pengaruh desentralisasi pendidikan, Profesionalisme guru

Page 1 of 1 | Total Record : 8