cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains
ISSN : 19781385     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 70 Documents
Ketajaman APB Tentukan Kualitas Aplikasi SI Budi Sutedjo Dharma Oetomo
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 7, No 2 (2014): Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Bidang Multimedia dan Bisnis
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.687 KB)

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi (SI) sudah menjadi suatu syarat mutlak untuk pengoperasian perusahaan. Oleh karena itu, kini perusahaan-perusahaan disibukkan untuk membangun aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, pembangunan aplikasi itu tidaklah mudah. Apalagi ketika terjadi kesenjangan pemahaman antara analis, pemrogram dan pihak yang terkait, sehingga dibutuhkan usaha-usaha khusus untuk mencari kesepahaman tentang proses bisnis yang sebenarnya. Oleh karena itu, analis dan pemrogram memerlukan cara-cara yang dinilai efektif untuk menggali informasi, khususnya informasi yang terkait erat dengan proses bisnis di masing-masing departemen. Kualitas SI sangat ditentukan oleh ketajaman analisis proses bisnis (APB) yang dilakukan para analis dan pemrogram. Untuk itu, analis dan pemrogram dapat menggunakan daftar pertanyaan untuk menggali semua prosedur dalam proses bisnis di departemen terkait. Sikap skeptic diperlukan, agar mereka dapat  dengan menyusun daftar pertanyaan secara terstruktur, lengkap dan terinci..
IMPLEMENTASI REST - API UNTUK PORTAL AKADEMIK UKDW BERBASIS ANDROID Yosef Koko Kurniawan; Yetli Oslan; Harianto Kristanto
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 6, No 2 (2013): Aplikasi Mobile dan Sistem Informasi
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.705 KB)

Abstract

Layanan informasi seputar akademik adalah layanan yang sangat penting bagi civitas akademik di UKDW. Dengan layanan ini stakeholder dapat mengetahui informasi perkembangan studi mahasiswa. Akan tetapi di UKDW layanan seperti ini belum ada yang dalam versi mobile. Dalam penelitian ini penulis membuat portal akademik UKDW berbasis mobile. Aplikasi harus terkoneksi dengan basis data SITMPT UKDW agar dapat terintegrasi dengan sistem informasi yang lain. Untuk itu sistem yang dibangun membutuhkan API yang menjadi sarana penghubung antara aplikasi dengan basis data. Dalam penelitian ini API dibangun dengan konsep REST  dan menerapkan otorisasi milik Amazon Web Service untuk sistem keamanannya. Hasil dari perancangan adalah sebuah aplikasi Portal UKDW berbasis Android yang berjalan pada Sistem Operasi Android mulai dari versi 2.2 (Froyo) sampai 4.2 (Jelly Bean). Selain itu perancangan juga menghasilkan sebuah REST API lengkap dengan sistem keamanannya.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SIGNAL JUAL BELI SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WILLIAMS %R DAN GEOMETRIC MOVING AVERAGE Tri Handoko; Harianto Kristanto; Umi Proboyekti
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 2, No 1 (2009): Implementasi Metode dan Strategi
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.65 KB)

Abstract

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi dalam investasi keuangan, bagi para investor yang berinvestasi pada saham merupakan hal yang penting untuk meramalkan kondisi harga saham kedepan untuk mengetahui kemungkinan keuntungan atau kerugian yang diperoleh. Dalam dunia investasi saham peramalan harga saham diterapkan dengan dua pendekatan yaitu peramalan dari pendekatan Teknikal Analisis dan Fundamental Analisis. Dalam tugas akhir ini akan dikembangkan sebuah sistem aplikasi peramalan dari pendekatan teknikal analisis, diharapkan sistem ini dapat membantu para investor sebagai sinyal jual dan beli saham. Teknikal analisis merupakan suatu metode yang memanfaatkan data historis saham untuk digunakan memprediksi pergerakan harga saham, metode yang diterapkan yaitu metode William %R dan metode Geometrik Moving Average.  Masukan yang diperlukan kedua metode ini berupa kode saham, Open price, Close price, High price, Low price dan volume tansaksi.  Hasil dari kedua metode ini kemudian digabungkan untuk memberikan masukan kepada user sebagai sinyal jual atau beli, hasilnya berupa harga saham hari ke depan dan tindakan apa yang disarankan pada user yaitu Hold, Buy, atau Sell Hasil dari penerapan kedua sistem ini telah diuji coba untuk memprediksi saham dan dari hasil penerapan tersebut didapat tingkat keakuratan 72% sampai 80%. Jadi dari penelitian ini sistem yang menerapkan kedua metode ini dapat digunakan sebagai pendukung keputusan sinyal jual beli saham.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH MAKAN BERBASIS MOBILE STUDI KASUS CO-COWMILK Herfin Herfin; Katon Wijana; Erick Kurniawan
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 5, No 1 (2012): Program Bantu dan Sistem Informasi
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.164 KB)

Abstract

Setiap rumah makan memiliki manajemen dalam melakukan proses pengorderan makanan. Berbagai macam cara sistem pengorderan yang dibuat oleh pemilik dalam menjalankan bisnis rumah makan antara lain Fast Food dengan konsep pelayanan order makanan cepat saji, All You Can Eat dengan konsep makanan berjalan di ban berjalan sehingga pelanggan perlu menggunakan kecepatan tangan dalam “menangkap” makanan. Masalah yang sering dihadapi pada manajemen model ini antara lain adalah lamanya proses memasak di dapur, pelanggan yang kecewa karena menu yang tidak sesuai selera, pelanggan yang tidak terlayani karena banyak pengunjung. Pada studi kasus tersebut, penulis akan merancang sistem yang terdiri dari aplikasi desktop dan aplikasi mobile. Dengan menggunakan aplikasi mobile  pesanan pelanggan yang dipesan oleh pelayan, akan segera diketahui bagian dapur. Pelayan dapat melihat sisa stok tanpa perlu konfirmasi dari koki. Pada bagian koki akan dibuatkan sistem aplikasi desktop yang mampu  menerima konfirmasi suara jika pesanan pelanggan ada yang masuk. Koki juga akan mendapatkan konfirmasi lama menu pesanan yang telah ditunggu. Pada bagian kasir akan dibuatkan sistem aplikasi desktop yang tidak perlu menghitung total harga lagi. Karena sistem telah melakukan kalkulasi secara otomatis. Sebagai tujuan dari Tugas Akhir ini maka Penulis membuat suatu aplikasi program Berbasis Mobile agar dapat tercapai keinginan untuk menanggulangi kesulitan ini. Dengan adanya aplikasi mobile ini maka Sistem dapat membuat antarmuka yang mampu menampilkan data dan melakukan proses request data ke server yang kemudian di respon dari server. Ketika terjadi, order stok menu langsung dikurangi. Hal ini bertujuan agar Ketersediaan menu tetap terjaga Untuk membuat informasi uptodate(realtime) diperlukan refresh data setiap beberapa detik. Pada bagian koki, order menu dapat melakukan pengelompokan menu sehingga mengurangi waktu proses masak.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT Wimmie Handiwidjojo
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 2, No 2 (2009): Program Bantu
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.173 KB)

Abstract

Rumah  sakit sebagai suatu lembaga yang menyediakan  layanan kesehatan bagi masyarakat, dalam pengelolaannya terdapat banyak data dan informasi yang mengalir selama proses pelayanannya. Untuk memastikan bahwa data dapat diolah dengan baik sehingga menghasilkan  informasi yang  berguna, tepat dan  akurat  serta dapat  diakses  oleh  semua  pihak  yang  terlibat  dalam penyediaan  layanan  kesehatan  yang baik, dibutuhkan  bantuan infrastruktur teknologi  informasi dan komunikasi  (TIK) yang dikenal dengan sistem  informasi rumah  sakit. Paper  ini membahas  tentang apa manfaat serta peran sistem informasi rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Paper ini diharapkan juga dapat memberikan masukan bagi semua pemangku kepentingan (stake holder) rumah sakit seperti: pengelola rumah sakit, dokter, para medis, pasien pencari jasa rumah sakit, serta pemerintah tentang pentingnya pembangunan sistem informasi untuk membantu peningkatan kualitas layanan kesehatan.
SISTEM INFORMASI RENCANA DAN REALISASI ANGGARAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN NILAI DUKUNGAN Simon Megadewandanu; Yetli Oslan; Wimmie Handiwidjojo
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 5, No 2 (2012): Implementasi Sistem Informasi
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.595 KB)

Abstract

Pertimbangan untuk mencairkan dana cadangan untuk suatu kegiatan kemahasiswaan bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak faktor yang perlu diperhatikan, antara lain kelayakan kegiatan, dampak skala kegiatan, ketersediaan dana, kelayakan waktu pengajuan dana, kelayakan waktu pelaksanaan, kepanitiaan dan alasan atau keterangan perlunya mencairkan dana untuk kegiatan kemahasiswaan yang bersangkutan. Wakil Rektor III Universitas Kristen Duta Wacana adalah seseorang yang memutuskan dicairkan atau tidak dana cadangan tersebut untuk kegiatan kemahasiswaan yang diajukan LK/UKM dengan mempertimbangankan semua faktor tersebut. Pendekatan logika fuzzy merupakan cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input yang “kabur” ke dalam suatu ruang output. Sebagai contoh ungkapan “ya” adalah satu dan “tidak” adalah nol, maka logika fuzzy dapat berada di antaranya, misal 0,7 ya dan 0,3 tidak. Oleh karena itu, dalam penelitian ini pendekatan logika fuzzy digunakan untuk mendefinisikan faktor-faktor tersebut. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi rencana dan realisasi anggaran kegiatan kemahasiswaan yang menyediakan program bantu untuk menentukan nilai dukungan dengan menggunakan pendekatan logika fuzzy yang dapat bekerja dengan baik dan tepat untuk membantu Wakil Rektor III dalam menentukan persetujuaan pencairan dana cadangan kegiatan kemahasiswaan Universitas Kristen Duta Wacana
MARKETING INFORMATION SYSTEM FOR PURCHASING BOOKS FOR LIBRARY; ASSISTING BUSINESS BUYING BEHAVIOR IN EDUCATIONAL INSTITUTION Harianto Kristanto
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 1, No 1 (2008): Marketing Information Systems
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.111 KB)

Abstract

Purchasing books for library in educational institution has many problems. The librarians as buyers can not buy books since she/ he does not have sense about the contents and objective of the needs. Students and lectures know better and morecapable to selecting books they need, but they do not have support from marketing database or marketing information system. A marketing information system was analyzed and designed to assist librarians, lectures, students to communicate each other. The librarians make segmentation about categorized books, budget segmentation by topics, study program, faculties, and major interest. This study propesed a design and a user interface to make a comfortable and precise decision in purchasing books. CRM concepts will be used as a communicating between the librarians and the users.
PENGELOLAAN ANTRIAN BENGKEL SEPEDA MOTOR STUDI KASUS : BENGKEL INDAH MOTOR Yohanes Pambudi; Budi Sutedjo Dharma Oetomo; Jong Jek Siang
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 6, No 1 (2013): Sistem Informasi dan Implementasinya
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.035 KB)

Abstract

Antrian adalah peristiwa yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena adanya keterbatasan penyedia layanan dihadapkan pada kedatangan pelanggan yang berdekatan melebihi kapasitas pelayan. Pada bengkel Indah Motor satu pelayan dapat melayani satu pelanggan selama lebih dari satu jam. Bila semua montir sibuk melayani tentunya pelanggan selanjutnya harus mengantri. Selama ini antrian dilakukan secara manual menggunakan ingatan manusia. Hal ini rawan menimbulkan kekecewaan pelanggan jika terjadi loncatan giliran pada antrian. Dalam penelitian ini penulis telah membuat suatu program bantu pengelolaan antrian. Sebagai studi kasus diambil Bengkel Indah Motor. Proses antrian yang digunakan menggunakan disiplin antrian FIFO (First In First Out) atau yang pertama datang yang dilayani. Proses pengelolaan antrian juga menambahkan fitur prediksi kapan pelanggan pelanggan yang datang akan mulai dilayani. Hal ini dilakukan dengan cara mendata terlebih dahulu setiap pelanggan yang datang ke bengkel tentang servis apa saja yang diinginkan. Program dapat menghitung perkiraan waktu servis dan memasukkannya dalam antrian. Hasil akhir penelitian berupa suatu program yang mampu menginformasikan perkiraan waktu layanan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menghitung lama layanan yang diminta pelanggan. Selanjutnya pelanggan yang sudah dihitung lama layanannya diantrikan ke pelayan. Waktu mulai layanan pelanggan yang kemudian datang adalah waktu selesai pelanggan yang datang lebih dahulu.
PENERAPAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING DI UNIVERSITAS Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi UKDW Erick Kurniawan
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 8, No 1 (2015): Literasi Informasi dan Sistem Informasi
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.354 KB)

Abstract

Teknologi Cloud Computing adalah paradigma baru dalam penyampaian layanan komputasi. Cloud Computing memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem konvensional. Artikel ini membahas tentang arsitektur cloud computing secara umum dan beberapa contoh penerapan layanan cloud computing beserta manfaatnya di lingkungan universitas. Studi kasus yang diambil adalah penerapan layanan cloud computing di Fakultas Teknologi Informasi UKDW.  
FORUM KOMUNIKASI ANGGOTA ORGANISASI BERBASIS WEB STUDI KASUS : ORGANISASI FIRE GENERATION Niko Ardanisatya; Wimmie Handiwidjojo
Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 7, No 1 (2014): Sistem Informasi Untuk Mendukung Proses Bisnis Organisasi
Publisher : Duta Wacana Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.651 KB)

Abstract

Semakin maraknya organisasi yang bergerak diberbagai bidang seperti: sosial, politik, keagamaan, dan lain-lain ternyata memerlukan media untuk berkomunikasi bagi para anggotanya.  Komunikasi yang dilakukan ada yang bersifat tertutup dan rahasia, ada juga yang terbuka, demikian juga ada yang formal maupun non formal. Namun tidak semua media yang ada dapat mengintegrasikan proses komunikasi dalam sebuah organisasi. Suatu forum komunikasi berbasis web diharapkan dapat membantu pengurus dan anggota organisasi untuk saling berkomunikasi agar memenuhi persyaratan diatas. Untuk menjawab permasalahan kerahasiaan komunikasi, maka untuk menggunakan forum ini, pengguna harus mendaftar dahulu sebagai anggota. Sementara kewenangan pengguna dalam sistem ini juga dibagi menjadi 3 yaitu administrator, pengurus cabang dan anggota. Hal ini akan membantu dalam menjaga kerahasiaan informasi dalam organisasi karena setiap kewenangan mempunyai hak akses yang berbeda-beda. Dalam forum ini pengguna dapat membuat pesan publik maupun pribadi. Pengguna juga dapat mengirimkan komentar dan balasan pada sebuah pesan, sehingga komunikasi dapat berjalan secara 2 arah. Forum komunikasi berbasis web yang dibangun diharapkan mampu membantu lalulintas komunikasi dengan berbagai sifatnya antar anggota dan pengurus, dan antar sesama anggota berikut pengaturan topik yang diinginkan.