cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015)" : 4 Documents clear
PENTINGNYA SINERGI ANTARA TENAGA KONSELOR, PENDIDIK, DAN ORANGTUA DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Prima Suci Rohmadheny; Wahyu Nanda Eka Saputra
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang memiliki potensi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat serta fundamental. Mereka memiliki tahap pencapaian perkembangan di setiap usianya dan tidak menutup kemungkinan selama perkembangannya mereka menghadapi permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menangani permasalahan tersebut.Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) dibutuhkan untuk membantu anak usia dini yang mengalami permasalahan secara individual, baik itu keterlambatan perkembangan maupun anak-anak yang cerdas-berbakat (gifted&talented). Ahli yang dapat memberikan layanan BK disebut dengan konselor, sehingga tenaga konselor sangat dibutuhkan bukan hanya tingkat SMP dan SMA tetapi juga di tingkat prasekolah agar mereka mendapat intervensi yang tepat sejak dini. Namun demikian, konselor tidak dapat bekerja sendiri. Tenaga konselor harus bersinergi dengan pendidik dan orangtua.Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hendaknya membangun kemitraan bersama tiga elemen penting, yaitu tenaga konselor, pendidik, dan orangtua.  Ketiganya harus bersinergi untuk menangani permasalahan anak. Lembaga PAUD direkomedasikan untuk bekerjasama dengan unit layanan BK di Perguruan Tinggi terdekat untuk mewujudkan sinergi tiga elemen tersebut, sedangkan penyelenggara program studi BK serta program profesi konselor hendaknya menyiapkan para lulusan agar memiliki kompetensi pula dalam menangani anak usia dini.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TK DHARMA WANITA DESA DUWET KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM BERKOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL PAKEM SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Minarsih Minarsih; Bertina Septialvita
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.178 KB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak lagi mengutamakan pada pencapaian target kurikulum, tetapi mengutamakan pengembangan kemampuan dan pengembangan keterampilan berpikir. Dari hasil analisis data diperoleh nilai keberhasilan belajar siswa pada tes awal 39,38%, tes siklus I 61,89%, dan tes Siklus II 91,25%. Terjadinya peningkatan nilai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II karena penggunaan metode Cooperative Learning Model PAKEM.Aktivitas guru dalam pembelajaran dari awal 70,83%, siklus I 70,83%, dan siklus II 87,50% menunjukkan peningkatan aktivitas guru. aktivitas siswa dalam pembelajaran dari awal 55,00%, siklus I 72,50%, dan siklus II 96,25% menunjukkan peningkatan.
OPTIMALISASI KECERDASAN EMOSI MELALUI MUSIK FEELING BAND PADA ANAK USIA DINI Iin Priyanti; Nur Setyowati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.095 KB)

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan suatu gagasan mengenai perkembangan emosi anak yang dapat ditingkatkan melalui permainan feeling band. Permainan feeling band atau band perasaan adalah suatu permainan membunyikan instrumen musik sesuai dengan ekspresi perasaan.Dalam perkembangannya, anak usia dini memerlukan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan pada semua aspek perkembangan. Kecerdasan emosi merupakan salah satu poin penting yang perlu distimulasi dari kesemua aspek perkembangan yang ada. Ketuntasan perkembangan emosi anak sejak dini berpengaruh besar terhadap perkembangan emosi dan sosial anak di masa mendatang. Maka dari itu melalui permainan yang ditawarkan ini diharapkan dapat mengoptimalkan kecerdasan emosi anak diantaranya khususnya berkaitan dengan bermacam perasaan, perubahan perasaan, membuat pertimbangan/membuat keputusan, serta kepercayaan diri.
BUDAYA MEMBACA (SATU BULAN SATU BUKU): MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEBAGAI PENDIDIK Widhiya Ariyanti; Nurul Hidayah
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.886 KB)

Abstract

Profesionalisme guru dapat berpengaruh pada tinggi rendahnya  kualitas pendidikan di suatu bangsa. Pendidikan di Indonesia saat ini masih termasuk dalam kualitas yang rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah kurangnya profesionalisme guru sebagai pendidik, dimana hal tersebut terjadi karena minimnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh guru. seharusnya seorang guru harus mampu untuk mengembangkan diri dalam menambah ilmu pengetahuannya secara mandiri. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan guru adalah melalui membaca. Oleh karena itu, budaya membaca perlu dibangun bagi seluruh guru sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan guru sebagai pendidik, sehingga diharapkan profesionalisme dapat ditingkatkan. Suatu upaya untuk membangun budaya baca adalah dengan menerapkan satu bulan satu buku.

Page 1 of 1 | Total Record : 4