cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lentera Pustaka
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 23024666     EISSN : 25409638     DOI : -
Core Subject : Science,
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is the official scholarly research journal of the Library Science Study Program of Diponegoro University which focused on Library and Information Science. Lentera Pustaka is published online twice a year (semi annual) in the middle of the year (June) and in the end of the year (December).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): Juni 2016" : 5 Documents clear
ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI PUSTAKAWAN PUSAT INFORMASI ILMIAH DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO BERDASARKAN MODEL THE BIG 6 Hendra Wicaksono; Aris Kurniawan
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.367 KB) | DOI: 10.14710/lenpust.v2i1.12355

Abstract

Penelitian ini menganalisis keterampilan literasi informasi pustakawan Pusat Informasi Ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman berdasarkan model The Big6. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena seluruh populasi pustakawan di Pusat Informasi Ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman yang memenuhi kriteria dijadikan sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh pustakawan dan atau petugas perpustakaan di 12 Fakultas yang memiliki latar belakang bidang ilmu perpustakaan dan atau pernah mengikuti pelatihan kepustakawanan, yaitu berjumlah 18 orang. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas instrumennya. Perolehan data kuesioner kemudian di tabulasi dalam bentuk persentase. Hasil persentase selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hampir setengah pustakawan memiliki keterampilan dalam mendefinisikan masalah ditandai dengan 44%. Sebagian besar memiliki keterampilan strategi pencarian informasi ditandai 56%. Setengah memiliki keterampilan menemukan lokasi akses informasi ditandai 50%. Hampir setengah pustakawan memiliki keterampilan strategi pencarian informasi atau memiliki cara yang efektif untuk menyaring dan memeras informasi ditandai 33%. Sebagian besar memiliki keterampilan sintesis atau menggabungkan berbagai informasi ditandai 61%. Sebagian besar pustakawan memiliki keterampilan dalam memberikan penilaian terhadap hasil dan proses yang sudah berhasil dilaluinya ditandai 61%
PEMETAAN PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Ika Krismayani
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.28 KB) | DOI: 10.14710/lenpust.v2i1.12356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan penulisan skripsi mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa program studi ilmu perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (baik reguler 1 maupun reguler 2) yang berjumlah 521 judul skripsi. Keseluruhan populasi tersebut diambil sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keragaman subjek dari skripsi yang telah dihasilkan mahasiswa ilmu perpustakaan Universitas Diponegoro sebanyak 22 topik. Dari 22 topik, diketahui bahwa topik yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa ilmu perpustakaan universitas diponegoro adalah topik mengenai penggunaan perpustakaan dan penggunanya yaitu sebesar 23,42% (122 judul skripsi).
MEMAHAMI METODE ANALISIS PASANGAN BIBLIOGRAFI (BIBLIOGRAPHIC COUPLING) DAN KO-SITASI (CO-CITATION) SERTA MANFAATNYA UNTUK PENELITIAN KEPUSTAKAAN I Komang Rupadha
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.635 KB) | DOI: 10.14710/lenpust.v2i1.12358

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum dan  sebagai penghantar untuk memahami lebih lanjut mengenai analisis pasangan bibliografi dan ko-sitasi, sebagai salah satu teknikpenelitian bidang kepustaka-wanan, khususnya untuk mengidentifikasi hubungan antara satu dokumen dengan dokumen lainnya berdasarkan kedekatan atau keeratan subyeknya. Pembahasan dalam makalah ini akan difokuskan pada beberapa aspek dasar yang meliputi pengertian, prosedur pengumpulan data, dan analisis data, dan manfaat analisis pasangan bibliografi dan ko-sitasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Analisis pasangan bibliografi dan ko-sitasi bermanfaat untuk mengetahui tingkat kesesuaian subyek diantara beberapa dokumen yang disitir dengan dokumen yang menyitir. Semakin tinggi frekuensi/kekuatan pasangan bibliografi dan ko-sitasinya, maka semakin dekat pula kesesuaian/kesamaan subyek beberapa dokumen yang menyitir dokumen yang sama. 2) Dalam hubungannya dengan proses pengindeksan dan penelusuran informasi, maka analisis pasangan bibliografi (bibliographic coupling) dan ko-sitasi (co-citation) sangat bermanfaat untuk pembuatan indeks sitasi. 3) Pasangan bibliografi dan ko-sitasi dapat digunakan untuk memetakan dokumen-dokumen berdasarkan ukuran kedekatan satu dokumen dengan dokumen lain.
URGENSI DAN INTEGRITAS ARSIP DALAM KONTEKS KEBANGSAAN DAN KESADARAN SEJARAH Afdini Rihlatul Mahmudah; Lailatur Rahmi
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.872 KB) | DOI: 10.14710/lenpust.v2i1.12353

Abstract

Arsip merupakan rekaman peristiwa masa lalu yang di terima oleh lembaga pemerintah, swasta maupun individu. Tulisan ini berfokus pada urgensi dan integritas arsip dalam konteks kebangsaan dan kesadaran sejarah. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran arsip dari sejarah yang memiliki fungsi sangat kuat dalam konteks kebangsaan dan menyadarkan masyarakat terhadap sejarah nantinya. Pengumpulan data dengan metode studi kepustakaan. Tulisan ini membahas integritas arsip dalam membangun ulang ingatan manusia terhadap rentetan informasi yang berhubungan dengan sejarah bangsa dan mengulas informasi yang memperkuat semangat pemerintah dalam membangun negara. Keberadaan arsip sejarah yang penting untuk diperhatikan tidak bisa terjaga dengan baik jika tidak dikelola oleh pengelola yang profesional. Pentingnya keberadaan profesional arsip dikenal dengan sebutan Arsiparis mulai dirasakan bagi lembaga pemerintah. Arsiparis diharapkan dapat memudahkan pemerintah dan sejarawan dalam merekonstruksi rangkaian sejarah sebagai catatan penting bagi bangsa. Maka dari itu arsiparis sangat berperan dalam membantu negara agar sadar sejarah dan membantu dalam membangun bangsa.
PENGUATAN JARINGAN PERPUSTAKAAN (NETWORKLIBRARY) SEBAGAI UNSUR POTENSIAL DALAM MENINGKATKAN AKSES LAYANAN PERPUSTAKAAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS Siti Samsiyah
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.019 KB) | DOI: 10.14710/lenpust.v2i1.12354

Abstract

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi jarak jauh (PTJJ) memiliki karakteristik khusus dalam sistem pembelajarannya.Mahasiswa dan dosen tidak bertemu secara intensif tatap muka setiap hari.  Dalam sistem pembelajarannya mahasiswa  dibantu melalui berbagai media yang berisi materi perkuliahan. Ragam media ini sebagai sarana pembelajaran  meliputi, program computer assisted instruction (CAI), dry lib, audio-video, program tv channel sky-lbs, tv feature, radio feature. Sebagai perguruan tinggi  berkonsep PTJJ, terdapat karakteristik yang berbeda juga dalam layanan perpustakaannya. Kalau perguruan tinggi konvensional mahasiswa dapat secara langsung berkunjung ke gedung perpustakaan memilih, meminjam koleksi perpustakaan, selain itu juga mahasiswa dapat mengakses semua koleksi atupun memesan koleksi melalui internet. Sedangkan UT sebagai PTJJ,  mahasiswa memiliki keterbatasan dalam mengakses koleksi perpustakaan secara off line/kunjungan langsung secara fisik ke perpustakaan. Karena mahasiswa yang tersebar di seluruh tanah air, praktis koleksi perpustakaan yang bisa dinikmati secara kunjungan langsung oleh mahasiswa yang berada di lokasi Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek.). Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi penguatan jaringan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan akses layanan perpustakaan bagi mahasiswa UT sebagai layanan perpustakaan bagi mahasiswa PTJJ. Dengan sumber data dari mahasiswa UT, pustakawan,  dan sumber data sekunder berupa dokumentasi akses koleksi perpustakaan dan data statistik menunjukkan bahwa penguatan jaringan perpustakaan UT sangat diperlukan bagi mahasiswa. Diantaranya penguatan jaringan perpustakaan FKP2TN (Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri), Aspika (Asosiasi penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia ). Hal ini untuk mengatasi keterbatasan akses secara off line mahasiswa pada perpustakaan UT sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5