cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN" : 4 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGOPERASIKAN APLIKASI PRESENTASI DENGAN MENERAPKAN MODEL KONTEKSTUAL SISWA KELAS 11 AP 1 SMK NEGERI 3 BANDUNG Madiana, Gina
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Objek penelitian adalah siswa kelas 11 AP 1, dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam memahami materi Mengoperasikan Aplikasi Presentasi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Apliksi Presentasi di SMK Negeri 3 Bandung.Materi ini sering dianggap materi yang menyulitkan dan membosankan, khususnya di SMK, padahal kemampuan ini amat diperlukan pada pelaksanaan pekerjaan khususnnya para siswa kompetensi Administrasi Perkantoran, dimana mereka jika telah menyelesaikan studinya diharapkan harus mampu dan terampil menerapkannya dalam melaksanakan khususnya menyiapkan bahan untuk dipresentasikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan modul sebagai sumber belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk: (1) Mendapatkan gambaran mengenai penerapan modul sebagai sumber belajar; (2) Mengidentifikasikan kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep Mengoperasikan Aplikasi Presentasi dengan menerapkan modul sebagai sumber belajar; (3) Mendeskripsikan perubahan siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan modul sebagai sumber belajar; dan (4) Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penyebaran angket, observasi dan tes hasil pembelajaran yang menjadi subjek penelitian adalah kelas 11 AP 1 di SMK Negeri 3 Bandung.Masil penelitian ini memperlihatkan bahwa pembelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi Kopetensi Dasar Mendeskripsikan Aplikasi Presentasi dengan menggunakan modul sebagai sumber belajar, setelah dilakukan tindakan melalui penelitian ini, memperlihatkan adanya peningkatan perolehan hasil belajar dan motivasi belajar siswa baik dilihat dari segi nilai secara individu ataupun nilai ratarata.
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN SHAKING STICK DALAM MENINGKATKAN SITUATIONAL INTEREST SISWA PADA MATERI BOLA BASKET Sobarna, Akhmad
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran permainan shaking stick dalam meningkatkansituational interest siswa pada materi bola basket. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan Intact-Group Comparison (posttest group), artinya dalam penelitian ini terdapat kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Padalarang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling random. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket tetang situational interest siswa dalam materi bola basket. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa media pembelajaran permainan shaking stick dapat meningkatkan situational interest siswa dalam materi bola basket dibandingkan dengan media konvensional. Kemudian dari hasil penghitungan dengan analisis uji independent samples t test mengenai perbedaan implementasi media permainan shaking stick dan konvensional diketahui bahwa nilai F= 0,037 dengan signifikansi 0,848 Nilai sig > 0,05 maka Ho diterima. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan antara implementasisituational interest siswa dengan media permainan shaking stick dan konvensional.
HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN EFEKTIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DENGAN KREATIVITAS SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH ASSALAM BALEENDAH) Rodiah, Ida Siti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kreativitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru dalam suatu kehiduapan. Siswa dituntut untuk berpikir kreativ dalam proses pembelajaran di kelas. Kepemimpinan guru yang baik dapat mendorong siswa mengembangkan kreativitas. Tujuan penelitian untuk memperoleh profil yang jelas mengenai hubungan kepemimpinan efektivitas guru dalam pembelajaran dengankreativitas siswa Kelas XI di MA Assalam Baleendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa Kelas XI di MA Assalam Baleendah sebagai narasumber.Hasil penelitian bahwa kepemimpinan efektivitas guru dalam pembelajaran cukup baik, kreativitas siswa cukup baik, dan terdapat hubungan kepemimpinan efektivitas guru dalam pembelajaran dengankreativitas siswa Kelas XI di MA Assalam Baleendah.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR Sumianto, Sumianto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini dilakukan agar siswa selalu memiliki kebiasaan untuk berfikir sisi baik dan sisi buruk sebelum memutuskan suatu keputusan dalam kehidupan siswa kelak. Penelitian ini dilakukan di SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru dengan subjek berjumlah 60 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berfikir kritis digunakan soal bentuk uraian dan menggunakan angket untuk mengukur sikap peduli lingkungan siswa. Perhitungan analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan bantuan soft ware SPSS Versi 16.0 for windows dan Microsoft Excel 2013. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan sikap peduli lingkungan lebih baik bila dibandingkan dengan peningkatan pada kelas yang menggunakan pembelajaran secara konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2023): Pendidikan Vol 22, No 3 (2022) Vol 22, No 2 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 3 (2020) Vol 20, No 2 (2020) Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN Vol 19, No 2 (2019): PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 2 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 1 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN More Issue