cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021" : 8 Documents clear
Analisis Costumers’ Perspective di Kota Bandung Pada Corporate Reputation Gojek Pasca-Rebranding Primaskara, Ery Adam; Koeswandi, Tika Annisa
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.34366

Abstract

AbstrakGo-Jek sebagai pemain pertama dan market leader perusahaan jasa transportasi online di Indonesia terus bersaing dengan kompetitornya dalam memberikan layanan terbaik. Salah satunya dengan membuka berbagai layanan yang tidak hanya mengandalkan layanan transportasi online. Strategi rebranding dilakukan untuk mengubah citra perusahaan yang selama ini selalu identik dengan jasa transportasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif konsumen di Bandung terhadap reputasi perusahaan Gojek setelah strategi rebranding diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner online, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, setelah rebranding, Gojek memiliki cosporate reputation yang cukup tinggi di mata konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil survei yang menyatakan bahwa dari kelima dimensi tersebut, 4 dimensi menunjukkan persentase reputasi perusahaan yang tinggi, yaitu Customer Orientation, Reliable and Financially Strong Company, Product and Service Quality, dan Social and Environmental Responsibility. Satu-satunya dimensi yang memiliki rating lebih rendah adalah dimensi Good Employer, khususnya dalam menjaga standar yang tinggi dalam memperlakukan pekerja dan partner. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi rebranding gojek telah berhasil mencapai reputasi perusahaan yang tinggi.Kata kunci : Costumers’ Perspective, Corporate Reputation, Rebranding, Gojek, Transportasi Daring, 
Perencanaan Rancangan Bisnis Majalah Sekolah “Masa Ku” Berbasis Mobile Application dengan Menggunakan Business Model Canvas Saputralina, Feby Anugrah; Marlina, Elin; Sultan, Mokh Adieb
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.28717

Abstract

Technology and entrepreneurship are spearheads in human’s life development into better, easier, and more instant. Because technology brings a lot of changes both in politic, social, economy, education, and business. Startup business growth in Indonesia itself keep raising and give positive impact to the society. Numerous startups raise in order to give every simplicity to the society, from transportation, shopping, social media, etc. almost 80% of internet users use their smartphone for social media, at least they spend 3 hours 46 minutes to surf in social media. Business Model Canvas becomes one of the options to create business design. Business Model Canvas itself is how the way business creates and gives a value to the customers. The result obtained at least more or less 38% future users have interest to this school magazine-shaped social media application, this can be said that keeping this application developed can give positive impact to both the users and the company. Keyword: Business Model Canvas, Startup Business, Technology and Enterpreneurship
Analisis Kepuasan Konsumen Home Plate Coffee dalam Menyusun Formulasi Strategi Pemasaran Neysa, Talitha; Barkah, Cecep Safa’atul; Arianis Chan, Arianis; Tresna, Pratami Wulan
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.31230

Abstract

Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut Home Plate Coffee untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menyusun formulasi strategi pemasaran dengan cara menganalisis kepuasan konsumen di Home Plate Coffee. Maka dari itu, untuk dapat mengetahui kepuasan konsumen, dilakukan survei terhadap 75 konsumen Home Plate Coffee. Berdasarkan hasil analisis mode pada skala likert, dapat disimpulkan bahwa mayoritas konsumen Home Plate Coffee tidak puas dengan varian menu yang tersedia, tidak puas dengan ketanggapan dan kecepatan pelayanan yang diberikan, dan mayoritas konsumen merasa ragu-ragu atau netral dalam petanyaan bahwa Home Plate Coffee sering memberikan diskon. Berdasarkan data tersebut, formulasi strategi yang penulis usulkan berdasarkan hasil wawancara, survei, serta berdasarkan hasil dari focus group discussion bersama dengan para praktisi adalah penambahan varian pada menu, melakukan identifikasi flow pelayanan yang bertujuan untuk mengetahui darimana masalah berasal, menambah jumlah SDM, memfasilitasi karyawan untuk bekerja cepat dengan peralatan dan perlengkapan yang menjunjang, dan yang terakhir adalah pemberian diskon kartu member dengan menghitung kunjungan.
Pengaruh Motivasi Kerja dan Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Arthaasia Finance Tamrin, Anggun Pertiwi
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.31587

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Motivasi Kerja dan Keterlibatan Karyawan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt Arthaasia Finance. (1) Terdapat pengaruh yang positif antara Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Arthaasia Finance. (2) Terdapat pengaruh positif antara Employee Engagement terhadap Job Satisfaction pada PT Arthaasia Finance. (3) Terdapat pengaruh yang positif antara Motivasi Kerja terhadap Employee Engagement (4) Terdapat pengaruh yang positif antara Motivasi Kerja, Manajemen Karyawan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Arthaasia Finance. Terlihat bahwa X1, X2 dan X3 berhubungan erat dengan Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja dan manajemen karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Arthaasia Finance. Penelitian ini dilakukan pada karyawan tetap atau kontrak PT Arthaasia Finance. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk perbaikan. Pengaruh Motivasi Kerja dan Keterlibatan Karyawan terhadap Kepuasan Kerja "pada Karyawan Pt Arthaasia Finance.
Desain Model Bisnis Usaha Pengolahan Kelapa Menggunakan Pendekatan Service System Science: Studi Kasus pada Koperasi Produsen Mitra Kelapa (KPMK) Pangandaran Darjana, Darjana; Yuliana, Yusi; Kusnadi, Kusnadi; Heru, Ratmaji
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.33232

Abstract

AbstraksKoperasi Produsen Mitra Kelapa (KPMK) Pangandaran dibentuk oleh pemuda petani kelapa untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Petani anggota KPMK telah mengolah kelapa menjadi berbagai produk turunan yang memiliki nilai tambah, antara lain tepung kelapa untuk pasar lokal, cocofiber dan cocopeat untuk pasar ekspor. Beberapa instansi baik pemerintahan maupun lembaga keuangan telah ikut melakukan pendampingan dan bantuan. Namun setiap instansi tersebut bertindak atas kepentingan masing-masing. Riset ini bertujuan bagaimana menciptakan nilai kerjasama (co-create value) para pemangku kepentingan dengan mengimplementasikan soft system methodology untuk mempromosikan nilai sosial melalui kolaborasi dan komunikasi guna meningkatkan kinerja usaha KPMK di Pangandaran. Desain model bisnis usaha dibangun dengan pendekatan service system science untuk mengintegrasikan kepentingan menjadi tujuan bersama. KPMK perlu melakukan orkestrasi nilai (value orchestration) dengan mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama dalam satu kepentingan dan menyerahkan kontrol pada mereka.Kata Kunci:nilai ko-kreasi, orkestrasi nilai, service system science, soft system methodology              AbstractThe Pangandaran Coconut Producers Cooperative (KPMK) was established by young coconut farmers to improve farmers' welfare. KPMK member farmers have processed coconuts into various derivative products that have added value, including coconut flour for the local market, cocofiber and cocopeat for the export market. Several agencies, both government and financial institutions, have provided assistance and empowerment. However, each of these agencies acted in their own interests. This research aims to create value cooperation (co-create value) for stakeholders by implementing a soft system methodology to promote social value through collaboration and communication to improve the performance of KPMK businesses in Pangandaran. The design of a business business model is developed with a service system science approach to integrate interests into common goals. KPMK needs to carry out value orchestration by inviting all stakeholders to come together in one interest and handing over control to them. Keywords: co-create value, service system science, soft system methodology, value orchestration
Apakah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Berdampak Terhadap Average Abnormal Return? (Studi Pada Pasar Modal Indonesia) Larasati, Dewi; Kelen, Lusianus Heronimus Sinyo
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.30829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan sebelum dan sesudah terjadi suatu peristiwa (event study) yang membawa dampak pada berbagai bidang dan lingkungan sekitarnya. Peristiwa yang maksud dalam penelitian ini adalah Covid-19, khususnya ketika Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan PSBB pertama kali di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kondisi ini tentunya berdampak pada seluruh sektor termasuk pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia. Dengan menggunakan sampel sebanyak 681 perusahaan di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama 2 bulan (27 Februari sampai 29 Mei 2020) serta memenuhi kriteria yang ditentukan dalam penelitian serta menggunakan pengujian paired sample t-test, hasilnya yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan sebelum dan sesudah terjadi suatu peristiwa PSBB. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PSBB tidak berdampak pada average abnormal return yang diperoleh investor.
Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Putra, Bonse Aris Mandala; Kumalaputra, Iwan
JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.25128

Abstract

AbstrakSMA "X" adalah lembaga pendidikan yang mengusung misi membangun masyarakat Indonesia yang berkualitas melalui pendidikan formal. Namun, sekolah sering menyuarakan pendapat tentang guru mata pelajaran sebagai kekuatan pendorong untuk keberhasilan pendidikan. Kompetensi dan pelatihan adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kinerja. Berkenaan dengan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan pelatihan terhadap kinerja guru mata pelajaran di SMA "X", baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan pada pertemuan guru mata pelajaran yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Hipotesis penelitian akan diusulkan menggunakan regresi linier berganda. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Secara umum, kompetensi dan kinerja guru mata pelajaran di sekolah menengah "X" cukup baik, meskipun kompetensi dan kinerja beberapa guru tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sementara untuk variabel pelatihan, sebagian besar guru menilai bahwa pelatihan yang diberikan belum efektif. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa kompetensi dan pelatihan masing-masing mendukung dampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru mata pelajaran di SMA "X". Secara bersamaan, kompetensi dan pelatihan juga positif dan signifikan.Kata kunci: Kompetensi, pelatihan, kinerja,  guru.
Analisis Pengendalian Internal dan Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Tasikmalaya Febrianti, Fitri; Mulyadi, Ajang; Setiawan, Yana
Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jimb.v12i1.41050

Abstract

AbstractThe main problems in the field of small and medium enterprises are the lack of optimal institutional function, low capital information, low product competition, fraud, low production development innovation, market access, and lack of human resources. In practice, the development of MSMEs, which is increasing from year to year, turns out to have to face problems, especially the problem of fraud and financial reporting errors. Internal control is designed for an additional purpose of safeguarding the property or assets of an organization, namely to provide reasonable assurance that the unauthorized acquisition, use and disposal of organizational assets can be prevented or known immediately. The purpose of this study was to determine and analyze the effect of internal control on the tendency of fraud in the UMKM industry in Tasikmalaya City. This type of research is a quantitative descriptive study. Data were collected by distributing questionnaires to 90 respondents. Tests conducted in this study are validity, reliability, normality and correlation tests. The results of this study indicate a strong and negative relationship between internal control and the tendency of corporate fraud. The stronger the internal control in a company, the lower the company's fraud. Vice versa, the weaker internal control in a company, the higher the tendency for corporate fraud to be. Keywords: Internal Control; UMKM; fraudAbstrakPermaasalahan utama bidang usaha kecil menengah adalah belum optimalnya fungsi kelembagaan, rendahnya informasi permodalan, persaingan produk yang rendah, penipuan, inovasi pengembangan produksi yang rendah, akses pasar, dan kurangnya sumber daya manusia. Dalam praktiknya perkembangan UMKM yang dari tahun ke tahun semakin meningkat ternyata harus menghadapi masalah khususnya masalah kecurangan maupun kesalahan pelaporan keuangan. Pengendalian internal dirancang untuk suatu tujuan tambahan berupa mengamankan kekayaan atau aset suatu organisasi, yaitu memberikan keyakinan yang memadai bahwa perolehan, penggunaan, dan pelepasan aset organisasi yang dilakukan serta tidak sah dapat dicegah atau diketahui dengan segera.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) pada industri UMKM di Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 90 responden. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat dan negatif antara pengendalian internal dengan kecenderungan kecurangan perusahaan. Semakin kuat pengendalian internal di suatu perusahaan maka kecurangan perusahaan akan semakin rendah. Begitu juga sebaliknya, semakin lemah pengendalian internal di suatu perusahaan maka kecenderungan kecurangan perusahaan semakin tinggi.Katakunci: Pengendalian Internal; UMKM; kecurangan

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2012 Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2011 Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Maret 2011 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2010 More Issue