cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): Juni" : 21 Documents clear
PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TYPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK Tarigan, Octapin A.; Kusumah, Inu H.; Karo-Karo, Uli
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3203

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan belajar siswa di SMK N 8 Bandung setelah penerapan model pembelajaran Quiz Team. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, teknik sampel mengunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa dari populasi sebanyak 229 siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X-TKR 1 SMK N Bandung. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari 2 siklus tindakan: setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh dari nilai evaluasi tiap siklus dan hasil dari lembar observasi keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Quiz Team. Siklus I persentase keaktifan dan hasil belajar sebesar 46,25% dan 62,5% dan termasuk kategori cukup. Siklus II persentase keaktifan dan hasil belajar sebesar 63,75% dan 71,87% dan termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quiz Team ini mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa serta cocok untuk diterapkan.
ANALISIS ERGONOMI PADA PRAKTIK MEMELIHARA RODA DAN BAN MENGGUNAKAN METODE REBA Pakpahan, Friska; Kuswana, Wowo S.; Noor, Ridwan AM
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3194

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat resiko ergonomi otot-rangka siswa dalam melakukan praktik. Metode yang digunakan untuk menganalisis posisi tubuh adalah Rapid Entire Body Assesment (REBA). Penelitian ini dilakukan dengan observasi terstruktur antropometri siswa untuk mengkategorikan tubuh lalu dianalisa menggunakan metode REBA. Metode REBA menganalisis posisi leher menekuk, posisi punggung membungkuk, posisi kaki berjongkok, Posisi lengan atas dinaikkan, posisi lengan bawah menekuk, posisi pergelangan tangan menekuk. Beban angkat dari roda dan ban sepuluh kilogram. Pegangan genggaman tangan tidak bisa diterima karena pegangan tidak sesuai. Aktivitas kaki berlebihan karena jongkok lebih dari satu menit. Hasil nilai REBA antropometri persentil 5 sebesar 10, berarti tingkat resiko cidera tinggi dan tindakan perlu dilakukan perubahan untuk mengurangi resiko. Hasil nilai REBA antropometri persentil 50 dan 95 sebesar 12 berarti tingkat resiko cidera sangat tinggi dan kondisi sangat berbahaya dan tindakan perlu saat ini juga dilakukan perubahan untuk mengurangi resiko. Kendaraan yang tidak bisa diatur ketinggiannya membuat kondisi praktik rentan terhadap cidera. Sebaiknya menggunakan alat bantu car lift untuk mengatur ketinggian kendaraan sesuai dengan antropometri.
STUDI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN WALL CHART PADA KOMPETENSI SISTEM KOPLING Kamal, Musthafa; Wiharna, Ono; Komaro, Mumu
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3199

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajarnya, setelah menggunakan modul dan wall chart  pada kompetensi sistem kopling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen true experimental design dengan bentuk desain pre-test posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri Bantarkalong Tasikmalaya teknik kendaraan ringan yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan modul dan kelas kontrol yang menggunakan wall chart. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre test yang dilaksanakan sebelum siswa melaksanakan proses pembelajaran dan post test setelah siswa melaksanakan proses pembelajaran. Kedua soal tes tersebut digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada skor post test setelah menggunakan modul sebesar 75,39 dan rata-rata hasil belajar pada skor post testsiswa setelah menggunakan wall chartsebesar 72,14. Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan modul sebesar 57% dan peningkatan hasil belajar menggunakan wall chart sebesar 49%.  Kesimpulan penelitian ini yaitu ata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berada pada kategori sedang dengan peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang juga; dan ata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan wall chart berada pada kategori rendah, dengan peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang.
MERANCANG ASESMEN KINERJA PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA TEKNIK LAS BERORIENTASI PRODUK DI SMK Santoso, Daniel; Munawar, Wahid; Sriyono, Sriyono
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis penilaian kinerja pada keterampilan las berorientasikan produk. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengambil subjek empat orang peserta didik dari dua SMK yang berbeda yaitu di SMK Negeri 1 Cikaum pada peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) dan peserta didik di SMK Negeri 12 Bandung kelas XI Pemesinan. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil perancangan instrumen asesmen kinerja membuat produk pengelasan dan dilaksanakan uji kelayakan oleh judgement expert dengan Content Validity Rasio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Hasil validasi instrumen menunjukan jumlah indikator kerja yang valid yaitu 0,98 dan hasil penelitian dari penerapan instrumen menunjukan bahwa peserta didik kelas XI TSM mendapatkan nilai rata-rata 75 dan peserta didik kelas XI Pemesinan mendapatkan nilai rata-rata 80 serta untuk rata-rata pencapaian waktu yang diperoleh dari semua subjek didapat 157menit.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DESIGN PROJECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK PADA KOMPETENSI PEMESINAN FRAIS KOMPLEKS Lestari, Puji D.; Hamdani, Aam; Permana, Enda
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3204

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan nilai uji kompetensi siswa dengan penerapan model pembelajaran self design project learning pada mata pelajaran mesin frais lanjut. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self design project learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan nilai uji kompetensi siswa yang bertujuan agar mutu lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia industri, maka tentu diperlukan suatu perencanaan program pendidikan dan pembelajaran dimana siswa dilatih dalam suatu kondisi lingkungan  yang mirip pada saat nanti  mereka bekerja.
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI LULUSAN YANG DIBUTUHKAN DI INDUSTRI DENGAN HASIL BELAJAR Sutanto, Hary
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3195

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran persepsi mahasiswa tentang kompetensi lulusan yang dibutuhkan industri, hasil belaajr dan hubungan antara persepsi mahasiswa tentenag pekerjaan dengan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi lulusan berada di kategori sedang, hasil menyebarluaskan data siswa belajar berada di kategori tinggi, dan  hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi lulusan yang membutuhkan di industri untuk menghasilkan belajar yang menunjukkan nilai yang sangat rendah. Kesimpulan penelitian ini yaitu hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi lulusanyang diperlukan di industri dengan hasil belajar tidak signifikan.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK Hafsah, Nandya RJ; Rohendi, Dedi; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan e-modul dan modul cetak serta mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan e-modul dengan kelompok yang menggunakan modul cetak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pada penelitian ini dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dinyatakan dengan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata N-Gain untuk kedua kelompok memiliki kriteria sedang. Tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan e-modul dengan kelompok yang menggunakan modul cetak.
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI PENGUATAN LOGAM PADA MATA KULIAH MATERIAL TEKNIK Quthni, Darul; Ariyano, Ariyano; Yayat, Yayat
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia animasi terhadap peningkatan Penguasaan Konsep mahasiswa DPTM UPI pada pembelajaran materi Penguatan Logam dengan mengimplementasikan multimedia animasi dibandingkan dengan menggunakan media diktat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuasi eksperimen, dengan menggunakan pola desain Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda yang berbeda, tes dilakukan sebelum dan sesudah mahasiswa diberikan treatment. Hasil penelitian yang dilihat dari nilai rata-rata N-Gain dari masing-masing kelompok menunjukkan pengaruh penggunaan multimedia animasi terhadap peningkatan penguasaan konsep. Kelas yang menggunakan multimedia animasi berada pada kategori sedang, sedangkan kelas yang menggunakan media diktat yang berada pada kategori rendah. Kesimpulan diperoleh bahwa terdapat  pengaruh penggunaan multimedia animasi terhadap peningkatan penguasaan konsep pada pembelajaran materi Penguatan Logam.
PEMBERIAN REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA KOMPETENSI DASAR PEMELIHARAAN/SERVIS SISTEM KOPLING DAN KOMPONENNYA Nurvalah, Siti; Wiharna, Ono; Yayat, Yayat
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3205

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi, akrivitas dan hasil belajar peserta didik Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dan dilakukan di  kelas XI TKR 5 SMK Negeri 2 Garut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar, dan lembar tes berupa pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada motivasi belajar dalam kategori sangat kuat, terjadi peningkatan pada aktivitas belajar dalam kategori sangat tinggi, dan terjadi peningakatan hasil belajar peserta didik (aspek kognitif dalam kategori amat baik, aspek psikomotor dalam kategori amat baik, dan aspek afektif dalam kategori sangat positif). Pemberian reinforcement dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik, terjadi karena pemberian reinforcement yang bervariasi; pemberian reinforcement diberikan dengan segera tanpa menunda; mengatur jadwal penguatan dan memberikan reinforcement tepat pada waktunya; pemberian reinforcement diberikan tepat sasaran; dan menghindari pemberian reinforcement negatif.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KELISTRIKAN Bisri, Hasim; Supriawan, Dedi; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v3i1.3196

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas  yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua  pertemuan tatap muka mengajar yang dilakukan pada kelas XI TKR 2 SMKN 8 Bandung sebanyak 28 siswa. Metode pembelajaran pemecahan masalah adalah suatu rencana berupa pola yang didesain dengan pendekatan pemecahan masalah melalui tahap demi tahap yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut dalam kategori sedang dan kategori tinggi dan peningkatan hasil belajar siswa dengan n-gain ternormalisasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut dalam kategori sedang dan kategori tinggi. Kesimpulannya bahwa dengan penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran kelistrikan Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Pengapian.

Page 1 of 3 | Total Record : 21