cover
Contact Name
Renaningsih
Contact Email
ren186@ums.ac.id
Phone
+6285713971227
Journal Mail Official
dintek_sipil@ums.ac.id
Editorial Address
Gedung Induk Siti Walidah lt. 5, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Teknik Sipil
ISSN : 14118904     EISSN : 28282876     DOI : 10.23917/dts
Core Subject : Engineering,
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil is a journal managed by Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta. It focuses on the dissemination of conceptual ideas, design, analysis, and application of civil engineering in the development of sustainable infrastructure which will give a real contribution to solve the real-world problems, particularly problems regarding infrastructures and disasters.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 14/No.2/Desember 2021" : 6 Documents clear
Analisis Pengaruh Bahan Tambah Serbuk Arang Briket dan Bestmittel pada Kuat Tekan Beton Suhendro Trinugroho
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14/No.2/Desember 2021
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.761 KB) | DOI: 10.23917/dts.v14i2.16882

Abstract

Inovasi di bidang pembuatan campuran beton terus berkembang. Diantaranya dengan menggunakan bahan tambah serbuk arang briket dan bestmittel. Kedua bisa meningkatkan dan mempercepat pengerasan beton. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan kuat tekan beton. Pada penelitian ini menggunakan nilai fas 0,35 pada umur 28 hari dengan persentase variasi serbuk arang briket 0%, 12,5%, 15%, 17,5%, 20%, 22,5% dan bestmittel 0,6% dari berat semen. Bentuk benda uji berupa silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Topik analisis penelitian ini ialah kuat tekan, dengan metode perencanaan campuran beton menggunakan metode American Concrete Institute. Hasil pengujian tersebut, workability menurun pada pemakaian serbuk arang briket, lalu ditambahkan Bestmittel menjadikan workability terkoreksi naik. Terjadi perbedaan berat jenis, menjadi bertambah pada penambahan Bestmittel, dan berkurang pada penambahan serbuk arang briket. Efek penambahan serbuk arang briket berupa peningkatan kuat tekan beton. Kekuatan optimalnya pada tekan di variasi serbuk arang briket 15% dan Bestmittel 0,6%, sebesar 40,80 MPa, peningkatan 50,84% dari beton normal.
Review Model Waktu Pelaksanaan Konstruksi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepingan Yanti Yanti; Alfia Magfirona
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14/No.2/Desember 2021
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.801 KB) | DOI: 10.23917/dts.v14i2.16969

Abstract

Landasan pacu merupakan salah satu hal sederhana yang minimal dimiliki oleh bandar udara sebagai jalur perkerasan yang dipergunakan oleh pesawat terbang untuk mendarat (landing) dan melakukan lepas landas (take off). Kualitas landasan pacu diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan penerbangan sebagai infrastruktur yang digunakan untuk akses utama pesawat terbang dalam melakukan pergerakan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualtitatif, studi literatur, serta kajian model SmartPLS. Berdasarkan hasil studi literature yang dilakukan diperoleh beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proyek konstruksi meliputi pembebasan lahan, rehabilitasi, izin lingkungan, teknologi atribut, klien, kontraktor, konsultan berdasarkan frekuensi, tingkat keparahan, indeks kepentingan, dan kebutuhan tim proyek dari semua pemangku kepentingan. Selain itu, pada proyek bandara beberapa hal yang berpengaruh terkait dengan pengembangkan model kuantitatif yang mengintegrasikan beberapa elemen yang relevan dalam perencanaan MR trotoar landasan pacu bandara, analisis secara visual kerusakan landasan pacu dengan PC serta perampingan informasi yang berpengaruh dalam implementasi sistem berbasis web pada proyek, serta analisis dimensi kualitatif (penyebab penundaan) dan kuantitatif (kinerja waktu) dari masalah penundaan menggunakan dua indikator yaitu Reason for Noncompliance (RNC) sebagai penyebab keterlambatan dan Delay Index (DI) sebagai indikator penundaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian review ini untuk menentukan variabel yang dapat dianalisis dengan smartPLS untuk menentukan berapa besar pengaruh faktor tersebut.
Pengendalian Ruang pada Kawasan Situ Cipondoh di Kota Tangerang, Provinsi Banten: Kajian Kebijakan Moch. Tranggono
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14/No.2/Desember 2021
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.309 KB) | DOI: 10.23917/dts.v14i2.16848

Abstract

Situ Cipondoh merupakan salah satu reservoir yang memiliki peranan penting di Kota TangerangProvinsi Banten. Perubahan kondisi sempadan dari waktu ke waktu sebagai akibatnya terjadinya peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap lahan di kawasan perkotaan. Kajian ini bertujuan untuk: 1) melakukan telaah rangkaian model pengendalian instrument tata ruang terhadap kawasan Sempadan Situ Cipondoh; 2) Menyusun rangkaian rencana aksi dan sinkronisasi terhadap penegakan dan penertiban penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan penetapan RTRW Provinsi Banten.  Metode kajian yang digunakan dalam studi ini dilakukan melalui telaah regulasi sebagai dasar awal identifikasi kondisi RTRW Provinsi Banten, kemudian dilakukan survei sebagai tindak lanjut dengan terlebih dahulu melakukan penarikan garis sempadan sebagai dasar keruangan terhadap kondisi sempadan Situ Cipondoh. Kajian ini digunakan sebagai dasar pengambil keputusan dan rekomendasi untuk pengendalian tata ruang kawasan Situ Cipondoh.
Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal (Studi Kasus Simpang Universitas Muhammadiyah Surakarta) Nurul Hidayati; Muhammad Rizki Agung Nugroho; Gotot Slamet Mulyono; Alfia Magfirona
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14/No.2/Desember 2021
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.743 KB) | DOI: 10.23917/dts.v14i2.16970

Abstract

Kemacetan lalu lintas sering terjadi di simpang karena merupakan tempat bertemunya berbagai pergerakan yang tidak sama arahnya. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas, seperti yang terjadi di simpang bersinyal sekitar gerbang utama Universitas Muhammadiyah Surakarta. Simpang ini berada pada pusat tarikan pergerakan karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan modern, perkantoran, dealer kendaraan, kampus dan rumah sakit. Adanya halte Batik Solo Trans di sekitar simpang tersebut juga menyebabkan adanya aktivitas bus yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi simpang bersinyal yang terjadi pada saat peak hour pagi dan siang. Evaluasi yang dilakukan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dengan parameter utama penilaian kinerja adalah derajat kejenuhan, antrian dan tundaan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa arus simpang tertinggi adalah 3123,7 smp/jam yang terjadi pukul 13.30-14.30, dengan volume pendekat tertinggi ada di Barat sebesar 1572,9 smp/jam. Kapasitas pada pendekat ini adalah sebesar 879,8 smp/jam, sehingga diperoleh derajat kejenuhan sebesar 1,71. Nilai ini sudah melebihi standar yang ditentukan yaitu sebesar 0,85. Selain Barat, pendekat lain yang tidak memenuhi adalah Utara dan Timur fase 1. Oleh karena itu simpang dianggap sudah tidak layak lagi. Berdasarkan hasil tersebut, maka simpang perlu dilakukan perbaikan, diantaranya melalui pengaturan ulang sinyal (baik fase maupun waktu sinyal), maupun dengan memperbaiki kondisi lingkungan sekitarnya termasuk geometriknya.
Evaluasi Risiko-Risiko Keterlambatan pada Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Kampus C Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Yoga Aprianto Harsoyo; Nurhidayah Panara
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14/No.2/Desember 2021
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.084 KB) | DOI: 10.23917/dts.v14i2.16850

Abstract

Pada setiap proyek pembagunan gedung bertingkat memiliki sifat yang unik, baik dari segi biaya mutu dan waktu. Proyek gedung bertingkat juga mempunyai karakteristik dan risiko yang berbeda-beda, sehingga diperlukan tata kelola yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan efisien. Waktu menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan proyek dan tolak ukur capaian biaya, sehingga perlu diidentifikasi masalah risiko keterlamabatan waktu pekerjaan proyek gedung bertingkat. Konsep dan metode sangat dibutuhkan dalam melakukan identifikasi risiko keterlambatan agar kemudian mendapatkan kepastian. Hal tersebut dapat dicapai dengan menggunakan dengan rumus risk matrix. dari hasil identifikasi pada proyek pembagunan gedung Kampus C Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta didapatkan faktor-faktor yang mengakibatkan keterlamabatan pada proyek tersebut. Mulai dari keterbatasan bahan material, kualitas tenaga kerja dan keterbatasan tenaga kerja. Ketiga kategori tersebut banyak terjadi pada tahapan pekerjaan struktur lantai lima, dimana setelah melakukan identifikasi dan melakukan perhitungan dengan rumus risk matrix = ivent x empac mendapatkan angka 7,21 yang termasuk dalam kategori risiko rendah. Indentifikasi risiko keterlamabatan menjadi hal yang sangat  pentig dalam mencapai keberhasilan suatu proyek, atau menjadi acuan dan percontohan untuk dijadikan referensi pada proyek sejenis lainnya.
Evaluasi Struktur Gedung Pasca Sarjana IAIN Palangka Raya terhadap Potensi Gempa di Kota Palangka Raya Dimas Setiawan; Noviyanthy Handayani; Norseta Ajie Saputra
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14/No.2/Desember 2021
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.728 KB) | DOI: 10.23917/dts.v14i2.16853

Abstract

Provinsi Kalimantan Tengah (Kabupaten Katingan) mengalami gempa dengan besar magnitude 4,20 Skala Richter pada 12 Juli 2018. Berdasarkan fenomena tersebut, memberikan minat kepada saya untuk melakukan penelitian mengenai “Evaluasi Struktur Gedung Pasca Sarjana IAIN Palangka Raya Terhadap Potensi Gempa di Kota Palangka Raya - Kalimantan Tengah” menggunakan aplikasi atau perangkat lunak ETABS dan SAP2000 untuk menganalisa apakah bangunan tersebut telah mampu bertahan apabila diberikan potensi beban gempa. Parameter Perhitungan Gempa Running SAP2000 dan ETABS, yaitu sesuai dengan SNI 1727-2002 dan SNI 1727 2012 mengenai gempa. Pengaruh penambahan beban gempa berpengaruh terhadap kemampuan bangunan yang mana terjadi kegagalan struktur pada tulangan utama untuk B2, B5, B3 Ramp, K3, K4, dan K5, kegagalan geser terjadi pada B2, B5, B3 Ramp, K3, K4, dan K5. Rekapitulasi gaya momen pada penelitian ini, selisih nilai rata-rata balok yaitu 19,78% untuk tumpuan dan 17,22% untuk lapangan. Selisih nilai rata-rata kolom yaitu 17,64% untuk tumpuan dan 21,53% untuk lapangan. Rekapitulasi gaya lintang desain awal selisih nilai rata-rata gaya lintang balok/sloof yaitu 14,27% dan 18,78% untuk kolom. Rekapitulasi gaya normal desain awal selisih perhitungan terkecil desain awal 0.00% pada S2 dan selisih nilai rata-rata balok/sloof yaitu 67,87% dan 5,47% untuk selisih nilai rata-rata kolom.

Page 1 of 1 | Total Record : 6