cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi
ISSN : 25030477     EISSN : 25023357     DOI : -
Core Subject : Science,
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi published by the Department of Information Systems Unipdu Jombang. Register published twice a year, in January and July, Registerincludes research in the field of Information Technology, Information Systems Engineering, Intelligent Business Systems, and others. Editors invite research lecturers, the reviewer, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): January" : 7 Documents clear
Segmentasi Citra menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan Ellipsoid Region Search Strategy (ERSS) Arimoto Entropy berdasarkan Ciri Warna dan Tekstur Hakim, Lukman; Mutrofin, Siti; Ratnasari, Evy Kamilah
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.440

Abstract

Segmentasi citra merupakan suatu metode penting dalam pengolahan citra digital yang bertujuan membagi citra menjadi beberapa region yang homogen berdasarkan kriteria kemiripan tertentu. Salah satu syarat utama yang harus dimiliki suatu metode segmentasi citra yaitu menghasilkan citra boundary yang optimal.Untuk memenuhi syarat tersebut suatu metode segmentasi membutuhkan suatu klasifikasi piksel citra yang dapat memisahkan piksel secara linier dan non-linear. Pada penelitian ini, penulis mengusulkan metode segmentasi citra menggunakan SVM dan entropi Arimoto berbasis ERSS sehingga tahan terhadap derau dan mempunyai kompleksitas yang rendah untuk menghasilkan citra boundary yang optimal. Pertama, ekstraksi ciri warna dengan local homogeneity dan ciri tekstur dengan menggunakan Gray Level Co-occurrence Matrix (GLCM) yang menghasilkan beberapa fitur. Kedua, pelabelan dengan Arimoto berbasis ERSS yang digunakan sebagai kelas dalam klasifikasi. Ketiga, hasil ekstraksi fitur dan training kemudian diklasifikasi berdasarkan label dengan SVM yang telah di-training. Dari percobaan yang dilakukan menunjukkan hasil segmentasi kurang optimal dengan akurasi 69 %. Reduksi fitur perlu dilakukan untuk menghasilkan citra yang tersegmentasi dengan baik. Kata kunci: segmentasi citra, support vector machine, ERSS Arimoto Entropy, ekstraksi ciri. Abstract Image segmentation is an important tool in image processing that divides an image into homogeneous regions based on certain similarity criteria, which ideally should be meaning-full for a certain purpose. Optimal boundary is one of the main criteria that an image segmentation method should has. A classification method that can partitions pixel linearly or non-linearly is needed by an image segmentation method. We propose a color image segmentation using Support Vector Machine (SVM) classification and ERSS Arimoto entropy thresholding to get optimal boundary of segmented image that noise-free and low complexity. Firstly, the pixel-level color feature and texture feature of the image, which is used as input to SVM model (classifier), are extracted via the local homogeneity and Gray Level Co-Occurrence Matrix (GLCM). Then, determine class of classifier using Arimoto based ERSS thresholding. Finally, the color image is segmented with the trained SVM model (classifier). This image segmentation result less satisfied segmented image with 69 % accuracy. Feature reduction is needed to get an effective image segmentation. Key word: image segmentation, support vector machine, ERSS Arimoto Entropy, feature extraction.
Permasalahan Implementasi Sistem Informasi Di Perguruan Tinggi Swasta Murtadho, Mohamad Ali; Wahid, Fathul
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.441

Abstract

Efektivitas implementasi sistem informasi dalam proses manajemen kelembagaan sering terhambat oleh banyak faktor. Sehingga mengakibatkan transformasi business process yang diharapkan dengan sistem informasi berakselerasi dengan cepat justru mengalami kemandekan. Pada penelitian ini mengkaji permasalahan dalam impelementasi sistem informasi di perguruan tinggi swasta. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat masalah yang sifatnya teknis dan non-teknis. Masalah teknis, diantaranya adalah internet, infrastruktur jaringan, perangkat komputer dan pendukungnya, keamanan sistem, integrasi sistem, ketersediaan sistem, dan pemeliharaan Teknologi Informasi (TI). Sedangkan masalah non-teknis dalam implementasi sistem informasi di perguruan tinggi swasta, yaitu penerimaan dan partisipasi, budaya dan perilaku, sumber daya manusia, perencanaan, manajemen dan tatakelola TI, organisasi, konten sistem informasi, anggaran dan biaya, serta dukungan pimpinan dan karakter kepemimpinan. Kata kunci: sistem informasi, masalah teknis, masalah non-teknis. Abstract The effectiveness of the implementation of information systems in the process of institutional management is often hampered by many factors. Resulting in business process transformation that is expected to accelerate quickly information systems precisely to stagnate. In this research study the problems in the implementation of information systems in private colleges. From the results of this study indicate that there are problems that are both technical and non-technical. Technical problems, which are internet, network infrastructure, computers and supporters, security systems, system integration, system availability, and Information Technology (IT) maintenance. While the non-technical issues in the implementation of information systems in private colleges, namely acceptance and participation, culture and behavior, human resources, planning, management and governance of IT, organizations content of information systems, budget and cost, support leadership and character of leadership. Key word: information systems, technical issues, non-technical issues.
Analisis Aplikasi Integrated Postal Operations System (IPOS) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KPRK Jombang Menggunakan Metode PIECES Suyono, Ayu Adelina; Indianiati, Ulfiatin Nur; Rizki, Enes Maulia; Hamidah, Siti; Jannah, Erliyah Nurul
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.442

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pemeriksa (KPRK) Jombang atau Kantor Pos Jombang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman. Dalam proses bisnisnya, Kantor Pos Jombang menggunakan sebuah aplikasi bernama Integrated Postal Operations System (IPOS). Dalam artikel ini, penulis melakukan analisis pada Aplikasi IPOS untuk mengetahui penerapannya pada transaksi pengiriman surat dan barang di Loket Retail Kantor Pos Jombang dan mengetahui aspek PIECES (Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, dan Service) dari Aplikasi IPOS. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi IPOS sangat mendukung Kantor Pos Jombang dalam transaksi pengiriman surat dan barang. Aplikasi IPOS dapat mempercepat dan mempermudah proses transaksi pengiriman, serta dapat memberikan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan.Kata kunci: Proses Transaksi Pengiriman, Aplikasi IPOS, Metode PIECES. PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pemeriksa (KPRK) Jombang or Jombang Post Office was the State Owned Enterprises (SOEs) which is engaged in delivery services. In its business processes, Jombang Post Office uses an application called Integrated Postal Operations System (IPOS). In this paper, authors analyzed IPOS to observe the PIECES (Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, and Service) aspects of IPOS in the task of mail and goods delivery transaction in Retail Locket of Post Office Jombang. The, data collection methods used by the author are interview, observation, and literature study. From the analysis that has been done, it can be concluded that IPOS strongly supports Jombang Post Office in transaction of mail and goods delivery. IPOS can speed up and simplify the transaction of mail and goods delivery, and it can provide information that is accurate, timely, and relevant. Keywords: Transaction of Mail and Goods Delivery, IPOS, PIECES Methods.
Deteksi Kanker Kulit Melanoma dengan Linear Discriminant Analysis-Fuzzy k-Nearest Neigbhour Lp-Norm Mentari, Mustika; Sari, Yuita Arum; Dewi, Ratih Kartika
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.443

Abstract

Seiring perkembangan teknologi dilakukan otomatisasi deteksi kanker kulit melalui citra dermoscopy. Pengambilan informasi fitur citra dermoscopy terganggu dengan outlier dan overfitting, karena faktor jenis kulit, penyebaran kanker yang tidak merata atau kesalahan sampling. Penelitian ini mengusulkan deteksi kanker kulit melanoma dengan mengintegrasikan metode fuzzy K-Nearest Neighbour (FuzzykNN), Lp-norm dan Linear Discriminant Analysis (LDA) untuk mengurangi outlier dan overfitting. Masukan berupa citra warna RGB yang dinormalisasi menjadi RGBr. Reduksi dimensi dengan LDA menghasilkan fitur dengan nilai eigen paling menonjol. LDA pada penelitian ini menghasilkan dua fitur paling menonjol dari 141 jenis fitur, yaitu wilayah tumor dan minimum wilayah tumor channel R. Kemudian dilakukan klasifikasi FuzzykNN dan metode pengukur jarak Lp-norm. Penggunaan metode LDA dan Lp-norm dalam proses klasifikasi ini mengatasi terjadinya overfitting. Akurasi yang dihasilkan metode LDA-fuzzykNN Lp Norm, yaitu 72% saat masing-masing nilai p dan k = 25. Metode gabungan ini terbukti cukup baik dari pada metode yang dijalankan terpisah. Kata kunci: melanoma, fuzzy, KNN, Lp-norm, LDA. As the advancement of technology skin cancer detection need to be automated with the use of dermoscopy image. Outlier and overfitting are the problem in feature extraction of dermoscopy image, this can be caused by skin type, uneven cancer distribution or sampling error. This study proposed melanoma skin cancer detection by fuzzy K-Nearest Neighbour (FuzzykNN) with Lp-norm integrated with Linear Discriminant Analysis (LDA) to reduce the problem of outlier and overfitting. Input used in this study are images with RGB channel, then it adapted to RGBr. Dimensional reduction with LDA result in features with highest eigen value. LDA in this research select 2 discriminant, they are tumor area and minimum tumor area in R channel. This features then classified by fuzzykNN with Lp-Norm. Integration of LDA and Lp-norm in classification can reduce the problem of overfitting. This study results in 72% accuracy when the value of p and k are 25. Integration of LDA and fuzzykNN with Lp-norm has better result than unintegrated method. Keywords: melanoma, fuzzy, KNN, Lp-norm, LDA.
Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Investasi Asing Pada Sektor Properti Di Indonesia di Era Pasar Bebas Agustiawan, Yosi
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.438

Abstract

Pasar bebas adalah hasil dari proses globalisasi yang telah menciptakan integrasi ekonomi antar negara. Artikel ini mengkaji dampak globalisasi di pasar properti global dan peran sistem informasi untuk meningkatkan investasi asing di Indonesia. Meningkatnya investasi asing langsung (Foreign Direct Investmen/FDI) yang mengalir ke negara berkembang termasuk Indonesia di berbagai sektor termasuk properti telah memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan ekonomi.  Buruknya peraturan kepemilikan tanah dan infrastruktur adalah masalah utama yang harus diatasi untuk menjaga agar investor asing masih berniat untuk menanamkan modalnya dalam pasar properti global. Sistem informasi dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut melalui penggunaan e-government dan perencanaan strategis implementasi sistem informasi dalam proyek infrastruktur. Kata kunci: e-government, globalisasi, investasi asing, pasar properti global, sistem informasi.  Cross-border relationships do not only affect many aspects but it also creates economic integration among countries. This essay examines the impact of globalization on the property market and the role of information system to promote foreign direct investment (FDI) in Indonesia. Allowing foreign direct investment (FDI) flows to those developing in various industries including property has clearly provided positive opportunities to improve their economic. Poor land regulations and  infrastructure are the main issues that must be overcome to maintain foreign investor still intend to capitalize on the global property market. Information system can be used as effective tool to resolve those issues through e-government and strategic implementation in projects infrastructure.Keywords: e-government, foreign direct investment, globalization, global property market,  system information.
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Bravo Supermarket Jombang Sholikhah, Fatikhatus; Satyareni, Diema Hernyka; Anugerah, Chandra Sukma
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.444

Abstract

Persaingan merupakan hal yang biasa terjadi terutama dalam dunia bisnis, tidak terkecuali yang telah dialami oleh Bravo Supermarket Jombang. Bravo bukanlah satu-satunya supermarket di kota Jombang, sehingga Bravo harus bersaing dengan para kompetitornya agar Bravo bisa bersaing dan tetap produktif. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan reward kepada para pelanggan terbaik. Oleh karena itu perlu dibuatlah sebuah perancangan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan pelanggan terbaik pada Bravo. Dalam perancangan sistem yang dibuat nantinya berbasis web dengan metode SAW(Simple Additive Weighting)sebagai proses perhitungan pemilihan pelanggan terbaik. Hasil dari perancangan sistem pemilihan pelanggan terbaik pada Bravo Supermarket Jombang diharapkan dapat membantu pihak manajemen Bravo dalam pemilihan pelanggan terbaik yang akan menerima reward dan akhirnya akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan profit Bravo.Kata kunci: Bravo, sistem pendukung keputusan, pelanggan, SAW.   Competition is a common thing, especially in the business world, is no exception has been experienced by Bravo Supermarket Jombang. Bravo is not the only supermarket in the town of Jombang, so that Bravo had to compete with its competitors in order Bravo to compete and remain productive. One way that can be used to increase sales and customer loyalty is to give rewards to the best customers. Therefore, it needs to be made to a design decision support system in the selection of the best customers on Bravo. In designing the system made later on a web-based method of SAW (Simple Additive weighting) as the process of calculating the best customer selection. The results of the election system design best customers at Bravo Supermarket Jombang expected to assist management in selecting the best customer Bravo who will receive rewards and will eventually be able to increase customer loyalty and profit Bravo. Keywords: Bravo, decision support system, customers, SAW.
Adaptif Range-Constrained Otsu Untuk Pemilihan Threshold Secara Otomatis Pada Histogram Citra Dengan Variansi Kelas Yang Tidak Seimbang Fajarianto, Gama Wisnu; Abror, Ahmad Hifdhul; Hayatin, Nur
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v2i1.439

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7