cover
Contact Name
Bayu Mitra A. Kusuma
Contact Email
bayu.kusuma@uin-suka.ac.id
Phone
+6282298126489
Journal Mail Official
bayu.kusuma@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Da'wah Management, Faculty of Da'wah and Communication, Sunan Kalijaga State Islamic University, The East Campus, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal MD
ISSN : 1978807X     EISSN : 26150727     DOI : -
Core Subject : Religion, Science,
Jurnal MD adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta secara berkala (Juni dan Desember). Jurnal ini menerima naskah hasil penelitian lapangan dan literer kajian manajemen dakwah, manajemen sumber daya manusia, manajemen lembaga keuangan Islam, manajemen haji dan umrah, manajemen wisata religi, serta dinamika manajemen dan Islam.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021)" : 6 Documents clear
EFFECT OF COMPETENCY AND COMPENSATION ON EMPLOYEE ENGAGEMENT AND THEIR IMPACT ON PERFORMANCE OF ORGANIC EMPLOYEES PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) SAMARINDA BRANCH Ella Fitria Rahmayani; Adietya Arie Hetami; Muhammad Fikry Aransyah
Jurnal MD Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jmd.2021.72-03

Abstract

This study aims to determine the effect of competence and compensation on employee engagement and their impact on employee performance. Competence is an essential thing that must be considered in managing human resources in the company because competence means a person's ability to do a job based on skills or expertise to produce good results. This research was conducted at PT Pelabuhan Indonesia IV, a State-Owned Enterprise (BUMN) engaged in managing seaports and sea services. The type of research used is descriptive research with a quantitative approach. The sample used is 69 respondents who are Organic Employees of PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Samarinda branch by using a sample using Nonprobability sampling with the Quota Sampling method with the data analysis technique used is path analysis. The results showed that the competence variable partially had a significant effect on employee engagement, the compensation variable partially had a significant effect on employee engagement, the competence variable partially had a significant effect on employee performance, the compensation variable partially had a significant effect on employee performance, the employee engagement variable partially had an effect significant to employee performance. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Samarinda branch is expected to maintain the quality of employees based on competence and expertise in their fields respectively to improve performance as expected by the company. Superiors can also maintain relationships with employees by providing training, advice, and evaluating employee work results to improve employee performance effectively. Furthermore, the company can maintain a system of providing compensation and benefits received by employees to increase employee work loyalty to improve the quality of performance to the company.
STRATEGI PENGGUNAAN AL QUR’AN BRAILLE SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI DIFABEL NETRA Ferra Puspito Sari; Okti Setiyani
Jurnal MD Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jmd.2021.72-04

Abstract

Media dakwah Islam digunakan untuk mempermudah penyampaian pesan dakwah dengan memperhatikan sasarannya. Difabel netra membutuhkan media khusus untuk mempelajari agama Islam, terutama dalam ibadah membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai strategi penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di BRTPD Yogyakarta dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang instruktur dan empat difabel netra. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa strategi penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra di Balai Rehabilitasi Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta dilakukan dengan menerapkan metode drill dalam bimbingan baca tulis Arab braille. Difabel netra akan dikenalkan huruf hijaiyah braille yang bisa diraba dengan urutan materi berdasarkan iqra’. Kegiatan ini diawali dengan asosiasi membangun suasana, merumuskan tujuan, kemudian penyampaian materi dilanjutkan latihan menulis dan membaca huruf hijaiyah braille yang dilakukan secara berulang-ulang. Di akhir sesi difabel netra diminta kembali untuk membaca apa yang telah dipelajarinya, selanjutnya evaluasi dan tindak lanjut. Penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra sesuai dengan salah satu prinsip dakwah yang harus disampaikan dengan menyesuaikan tingkat kemampuan mad’u atau sasaran dakwah. Strategi penggunaan Al-Qur’an braille sebagai media dakwah bagi difabel netra dirasa tepat karena telah sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh difabel netra. Nilai-nilai dakwah bisa tersampaikan dengan baik, keterbatasan penglihatan tidak membatasi difabel netra untuk tetap dapat melakukan ibadah membaca Al-Qur’an melalui bentuk braille.
SOCIETY’S PREFERENCE CONCERNS WITH CASHLESS AND CARDLESS TRANSACTIONS IN MATARAM, WEST NUSA TENGGARA Dahlia Bonang; Any Tsalasatul Fitriyah
Jurnal MD Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jmd.2021.72-05

Abstract

Perkembangan teknologi digital di dalam kehidupan manusia memberikan dampak signifikan di dalam berbagai lini kehidupan termasuk transaksi keuangan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi preferensi masyarakat dalam perilaku transaksi cashless dan cardless. Studi ini menggunakan uji Z untuk menganalisis adanya perbedaan antara pengguna transaksi cashless dan cardless. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian perbandingan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Z yang bertujuan untuk mengkomparasi satu variable dengan dua sampel yang berbeda yaitu pengguna transaksi cashless dan cardless. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang tersebar di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi berdasarkan toeri TAM (Technology Accpetance Models) yaitu; perceived ease of use (PEOU), perceived usefulness (PU), perception of privacy (PP), and perceived risk. Hasil pengujian dengan uji z pada keempat varibel preferensi masyarakat pengguna cardless dan cashless diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan antara preferensi masyarakat dalam prilaku transaksi cashless dan cardless. Penelitian ini memberikan implikasi agar pemangku kebijakan pada Lembaga Jasa Keuangan baik perbankan atau lembaga yang terkait agar meningkatkan layanan variasi fitur teknologi dan peningkatan keamanan dalam bertransaksi.
STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN KARAWANG SELAMA PANDEMI COVID-19 Fety Nurlia Muzayanah; Isroiyatul Mubarokah
Jurnal MD Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jmd.2021.72-06

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya penurunan total penghimpunan zakat di BAZNAS Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor pendukung dan penghambat penerimaan zakat di BAZNAS Kabupaten Karawang dan strategi apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penerimaan zakat di BAZNAS Kabupaten Karawang selama masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan alat analisis Matriks Internal-Eksternal (IE). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung penerimaan zakat di BAZNAS Kabupaten Karawang terdiri dari kekuatan yang dimiliki dan peluang yang dihadapi. Sedangkan faktor penghambat dalam penerimaan zakat di BAZNAS Kabupaten Karawang terdiri dari kelemahan dan ancaman yang dihadapi. Alternatif strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penerimaan zakat di BAZNAS Kabupaten Karawang selama masa pandemi adalah (1) Pemanfaatan peran tokoh BAZNAS untuk perluasan jaringan dan promosi program unggulan BAZNAS Kabupaten Karawang; (2) Penguatan kerjasama dengan Dinas dan UPZ Kecamatan; (3)Memperbaiki sistem IT dan penyediaan website melalui kerjasama dengan pemda; (4) Inisiasi dan perluasan kerjasama dengan industri; (5) Melakukan edukasi masyarakat tentang zakat secara rutin melalui media sosial yang sudah ada; (6) Meningkatkan kampanye sebagai lembaga yang transparan dan kredibel; (7) Penguatan dan perluasan kerjasama dengan dinas agar segera ada perda penghimpunan zakat dilingkungan pemda, (8) Melakukan promosi secara rutin melalui media sosial yang sudah ada; dan (9) Melakukan inovasi melalui layanan konsultasi zakat kepada pegawai dinas maupun masyarakat umum secara online melalui media sosial.
THE STUDY OF THE BANK SYARIAH INDONESIA MERGER BASED ON SWOT ANALYSIS Muhammad Fikry Aransyah
Jurnal MD Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jmd.2021.72-01

Abstract

As a country with the largest Muslim population globally, Indonesia can become a leader in the Islamic financial industry. The increased public awareness of halal matters and stakeholders’ strong support are essential factors in developing the halal industry ecosystem in Indonesia. The Islamic banking industry in Indonesia itself has experienced a significant increase and development in the past three decades. Product innovation, service improvement, and network development show a positive trend from year to year. The spirit to accelerate is also reflected in the number of Islamic banks that take corporate actions. Sharia banks owned by State-owned banks are no exception, namely Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, and BRI Syariah. Indonesia uses the SWOT approach. This study uses a literature study where the data come from literature related to the title under study. In this study, the authors collected the data from existing research and summary reports on mergers carried out by 3 Islamic banks, namely BRI Syariah Bank, Mandiri Syariah Bank, and BNI Syariah Bank. It can be concluded that Bank Syariah Indonesia has massive capital strength and sources of funds, regulation, facilities, and support from the government and already has m-banking BSI Mobile. The weaknesses of Bank Syariah Indonesia are less competitive business models and products, less optimal quality and quantity of human resources, integration problems and corporate culture, ecosystems, and information technology that are still lagging behind conventional banks. The opportunities for Bank Syariah Indonesia are penetrating markets that were previously inaccessible, the increasing number of investors in the Islamic capital market, global Sukuk financing, the financial technology ecosystem, the efforts by the government and academia in growing digital and financial inclusion, and the large Muslim population in Indonesia. The threats that arise are the low literacy and inclusion of the Islamic banking system, the increasing risk of financing liquidity problems, the ratio of non-performing financing, and competitors’ better financial technology. It was suggested that mergers exploit synergies, reduce overlaps in operations, right-sizing, and redeploy surplus staff either by retraining, restructuring labor, or voluntary retirement. The merger likewise meets the need for development, diminishing the degree of rivalry, and making an enormous substance between State-owned Islamic banking enterprises.
STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) DI PW NU CARE-LAZISNU D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2019 Muhammad Agus Futuhul Ma'wa; Ahmad Surohman
Jurnal MD Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jmd.2021.72-02

Abstract

Kenaikan  dan  penurunan  (fluktuasi)  jumlah pendapatan  fundraising  Zakat,  Infak  dan  Sedekah  (ZIS)  disebabkan  kurangnya strategi  fundraising  dan  tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk   menjawab  rumusan masalah  dalam  penelitian  yaitu  mengenai  strategi  fundraising  Zakat,  Infak  dan Sedekah (ZIS), sistem pelaksanaannya, faktor pendukung, serta penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan fundraising di PW NU CARE-LAZISNU D.I. Yogyakarta. Metode  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif.  Teknik  pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini adalah direktur manajemen, divisi fundraising dan donatur. Observasi  yang  digunakan  adalah  observasi  partisipasif,  sedangkan dokumentasi berupa dokumen organisasi dan foto kegiatan. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi di antaranya wawancara, observasi  dan  dokumentasi,  sedangkan  triangulasi  sumber  diperoleh  dari  tiga informan dalam penelitian ini. Hasil  dari  penelitian  ini,  strategi  fundraising  Zakat,  Infak  dan  Sedekah (ZIS)  di  PW  NU  CARE-LAZISNU  D.I.  Yogyakarta  dilaksanakan  dengan  baik. Penerapan strategi fundraising Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di PW NU CARE-LAZISNU  D.I.  Yogyakarta  menggunakan  dua  strategi  fundraising  yaitu  metode langsung  (direct)  dan  metode  tidak  langsung  (indirect)  dengan  mengembangkan metode  dengan  media  fundraising  secara  luar  jaringan  (via  offline)  dan  secara dalam  jaringan  (via  online)  dalam  setiap  metode  langsung  (direct)  dan  metode tidak langsung (indirect).

Page 1 of 1 | Total Record : 6