cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
LIBRARIA
ISSN : 23550341     EISSN : 24775230     DOI : -
Core Subject : Science,
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan (ISSN 2355-0341; E-ISSN 2477-5230) is a periodical scientific journal (every semester) in June and December published by STAIN Kudus Library. This journal is expected to be a scientific vehicle in the study and thinking about the library that can provide information and education for the readers.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA" : 7 Documents clear
Analisis Bibliometrik Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Periode 2017-2021 Dwi Eliana Sari
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.19766

Abstract

Penelitian bibliometrik ini bertujuan untuk menganalisis pola distribusi artikel, pola kepenulisan, jumlah halaman, angka sitasi, dan visualisasi pada Jurnal Pustakaloka yang terbit pada periode 2017-2021. Data dikumpulkan dari laman jurnal Pustakaloka dan dianalisis menggunakan aplikasi Ms. Excel, Publish or Perish (PoP), Mendeley, dan VosViewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jurnal Pustakaloka terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember, dengan total 85 artikel yang diterbitkan oleh penulis tunggal maupun kolaboratif. Terdapat 48 artikel (56,47%) yang ditulis oleh penulis tunggal dan 37 artikel (43,53%) yang ditulis secara kolaboratif. Selama periode 2017-2021, terdapat 130 penulis yang berkontribusi pada jurnal tersebut. Pada tahun 2019, 20 artikel dengan jumlah penulis terbanyak yaitu 33 orang (25,38%) telah diterbitkan. Distribusi artikel antara 2019-2021 menunjukkan bahwa 45 artikel (52,9%) terbit pada edisi Juni dan 40 artikel (47,06%) terbit pada edisi Desember, dengan total 1.446 halaman dan rata-rata 17 halaman per artikel. Jurnal ini menerima 206 sitasi selama periode tersebut, dengan angka sitasi pertahun sebesar 41,20, angka sitasi per artikel sejumlah 2,42, h-index 6, g-index 11, hI,norm 6, dan hI,annual 1,20, serta hA-index 4. Adapun terkait kekuatan jaringan antar penulis, kata kunci serta frekuensi kolaborasi dapat dilihat melalui tampilan gambar hasil visualisasi VosViewer.
Pesan Informasi Whatsapp Bersifat Persuasif sebagai Upaya Pengembalian Koleksi Perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat Rika Ayu Novitasari; Agus Rusmana; Encang Saefudin
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.19152

Abstract

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat merupakan perpustakaan yang memiliki cakupan yang luas dan melayani berbagai kalangan. Salah satu pemasalahan yang sedang dihadapi oleh Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat adalah banyak koleksi yang dipinjam namun belum dikembalikan.  Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang sedang dihadapi dengan melakukan sebuah penelitian tindakan mengenai solusi pengambalian koleksi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan atau studi action research berdasarkan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari penyelidikan, perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi dengan membuat rancangan pesan informasi menggunakan media komunikasi whatsapp sebagai alat untuk mengatasi masalah di atas. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, pendapat 11 pemustaka sebagai kolabolator dan tim penilai dari rancangan ini. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 5 pesan informasi whatsapp yang bersifat persuasif yang mampu membujuk pemustaka akan pentingnya pengembalian koleksi perpustakaan. Pesan informasi whatsapp ini, dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keinginan pengembalian koleksi perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat.  Kata Kunci: Pengembalian koleksi; whatsapp; Pesan Informasi; Perpustakaan; Komunikasi.
Kontribusi Pemikiran Mike Eisdenberg Dan Bob Berkowitz Tentang Model The Big6 Bagi Solusi Permasalahan Literasi Informasi Ana Pujiastuti; Labibah Labibah
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.18624

Abstract

The development of information has an impact on the emergence of the work of world leaders, not least in the field of libraries. Two of them are Mike Eisenberg and Bob Berkowitz with the work of a literacy model The Big6. The Big6 consists of 6 stages and each stage consists of 2 subdivisions. These two figures emphasize the importance of information skills for problem-solving with a systematic framework. The research method used is a literature study. Data collection is done by means of documentation from articles that have been published on the internet. The data analysis technique chosen is content analysis. To prevent misinformation, the author re-checks the articles used. The results of this study state that The Big6's literacy model can answer anxiety in unraveling information problems. The development of this model can be accessed on the official website of The Big6. One form of innovation from this model is the emergence of The Big6 in a technological context which is almost the same as the stages in Christine Bruce's Seven Faces of Information Literacy. The benefits of this research can be used as a solution in problem-solving. While the purpose of this study is to provide a broad overview of the stages of The Big6.Keywords: the big6; literacy model; Mike Eisenberg; Bob Berkowits 
Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PGMI UINSA Evi Fatimatur Rusydiyah; Alvia Amalani Mujaroh Putri; Beauty Dewi Negari; Imamatut Ta'dzimah
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.18516

Abstract

Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan, baik berupa sumber informasi tercetak maupun digital yang berguna untuk memenuhi kebutuhan informasi pembacanya. Perpustakaan juga berfungsi sebagai media pembelajaran bagi satuan pendidikan. Dengan adanya perpustakaan, menjadikan sarana bagi setiap individu untuk meningkatkan minat baca serta budaya literasi di Indonesia yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat baca mahasiswa prodi PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui angket yang disebar secara online kepada mahasiswa PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2021. Hasil dari penelitian ini yakni mengenai minat baca mahasiswa prodi PGMI yang diketahui masih terbilang cukup baik, hal ini didukung oleh data angket yang diperoleh. Untuk dapat meningkatkan minat baca, diperlukannya inovasi yang dapat mendongkrak budaya literasi serta inovasi dalam layanan perpustakaan.
Sikap Pustakawan dalam Menjalankan Kompetensi Profesional Layanan Informasi di Perpustakaan Cahaya Ilmu SMAN 1 Bengkulu Tengah Adzkiyah Mubarokah; Anis Masruri
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.17950

Abstract

AbstractQuality information is what is needed in an already digital world. Skills in mastering important information literacy are mastered by a librarian. The Cahaya Ilmu Library located at SMAN 1 Bengkulu Tengah prioritizes comfort and convenience. The ease and comfort provided by the library cannot be separated from the attitude of the librarian, the attitude of this librarian can be judged by his professional competence in serving information services, based on the importance of the librarian's attitude in information services. The purpose of this study is to determine the attitude of librarians in the light library of science at SMAN 1 Bengkulu Tengah, in providing professional competence in information services. The method used is a qualitative research method. The result of this research is that SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah has a library called the Cahaya Ilmu library, this library has been accredited A, as a pilot school, of course, the quality of librarians must be competent to support student needs. This competency is divided into four main librarian professional attitude competencies, namely: Implementing information organization, Managing information sources, Managing information services and Using information equipment and technology, where these four components of Professional competence have been carried out by librarians in the Cahaya Ilmu library of SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah.Keywords: Librarian's Attitude ; Information Services; Professional Competence. 
Mediatisasi Budaya: Dokumentasi Tari Klasik Golek Ayun-Ayun Oleh Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa Rizqika Nur Achmad Febrianti; Andriyana Fatmawati; Nadiyah Ulfah
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.19267

Abstract

Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa atau disingkat YBPSM yakni organisasi seni tari klasik Yogyakarta. Komunitas YBPSM memperbaiki budaya tari klasik sejak dahulu melalui berbagai macam tari yang diselenggarakan, salah satunya tari Golek Ayun-Ayun yakni tari untuk menyambut tamu. Tujuan dari penelitian ini yakni guna mengkaji pelestarian tari klasik Golek Ayun-Ayun melalui pendokumentasian oleh YBPSM. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilangsungkan melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa melakukan pendokumentasian budaya tari klasik, khususnya TariGolek Ayun-Ayun melalui proses pembelajaran dan pengelolaan. Kegiatan pembelajaran dimulai dari pelatihan gerakan kesiswaan di sanggar tari. Adapun kegiatan pengelolaan terdiri dari penyelenggaraan pementasan tari serta dilakukan pendokumentasian. Dalam penyimpanan hasil dokumentasi, dikemas dalam bentuk media visual, audio visual dan buku panduan pembelajaran. Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa membuka relasi dengan berbagai masyarakat yang berperan sebagai pelestari tari klasik gaya Yogyakarta dan membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk bergabung. Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa menjadi sarana untuk memasyarakatkan tari klasik gaya Yogyakarta. Kata Kunci : Dokumentasi budaya; Yayasan Pamulangan Beksa Sasmita Mardawa; Tari Golek Ayun-Ayun
Analisis Kompetensi Pustakawan Pada Kualitas Layanan Perpustakaan MA Al Ma’arif Tulungagung Ajeng Kusuma Wardani; Moch. Fikriansyah Wicaksono
LIBRARIA Vol 11, No 1 (2023): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v11i1.14568

Abstract

AbstractIn the current era of globalization and digital, libraries must have librarians who can think intelligently, creatively and also innovatively in addressing existing problems. School librarians in the current development of information are required to provide the latest information retrieval services that are fast, precise, and up-to-date. One of the factors supporting the quality of library services is from a librarian who has attended training on librarianship and has the appropriate competence in his field. However, in reality there are still many teachers who serve as librarians. This happens because of the lack of human resources in library graduates. From these problems, it may have little effect on the services provided to users. This research uses an explanative quantitative method. The variable (X) is competence, while the variable (Y) is service quality. The research sample used was 124 students who were taken randomly. The results obtained are that there is an influence between the competence of librarians on the quality of library services at Madrasah Aliyah Al-Ma'arif Tulungagung with a significance value of 0.000 < 0.05. Training librarians have competencies that are almost the same as those of librarians from library education. The factor causing the less than optimal service carried out by training librarians for library management is that the librarian in the aspect of competence lacks mastery.Keywords: Librarian Competence, Service Quality, Library AbstrakEra globalisasi dan digital saat ini perpustakaan harus memiliki pustakawan yang dapat berfikir cerdas, kreatif dan juga inovatif dalam menyikapi permasalahan yang ada. Pustakawan sekolah pada perkembangan informasi saat ini dituntut memberikan pelayanan pencarian informasi terbaru yang cepat, tepat, dan juga muthakir. Salah satu faktor pendukung kualitas layanan perpustakaan yaitu dari seorang pustakawan yang telah mengikuti pelatihan tentang kepustakawanan dan memiliki kompetensi yang sesuai pada bidangnya. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak guru yang dijadikan sebagai pustakawan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya sumber daya manusia pada lulusan perpustakaan. Dari permasalahan tersebut mungkinkan sedikit berpengaruh untuk layanan yang diberikan kepada pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Variabel (X) yakni kompetensi sedangkan variabel (Y) yakni kualitas layanan. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 124 siswa yang diambil secara acak. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh antara kompetensi pustakawan terhadap kualitas layanan perpustakaan Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pustakawan pelatihan mempunyai kompetensi yang hampir sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan yang berasal dari pendidikan perpustakaan. Faktor penyebab layanan kurang maksimal yang dilakukan oleh pustakawan pelatihan untuk pengelolaan perpustakaan yaitu pustakawan pada aspek kompetensi kurang menguasai.Kata Kunci : Kompetensi Pustakawan, Kualitas Layanan, Perpustakaan

Page 1 of 1 | Total Record : 7