cover
Contact Name
Novi Laura Indrayani
Contact Email
redaksi.jitm@gmail.com
Phone
+6281374999559
Journal Mail Official
jitm@unismabekasi.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jitm/about/editorialTeam
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 23030909     EISSN : 25810332     DOI : https://doi.org/10.33558/jitm.v8i2
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin (JITM) diterbitkan oleh jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Islam “45” (UNISMA) Bekasi. Jurnal ini sebagai jurnal berkala ilmiah yang memiliki tujuan untuk mempublikasikan pengembangan ilmu serta wawasan mengenai lingkup teknik mesin yang berfokus pada bidang energi baru terbarukan dan manufaktur. Publikasi yang diterbitkan oleh Jurnal Ilmiah Teknik Mesin UNISMA Bekasi merupakan hasil penelitian para akademisi baik dari penelitian para dosen maupun penelitian kerjasama antara mahasiswa dan dosen, bahkan juga penelitian dari kalangan para praktisi industri yang bergerak di bidang teknik mesin. JITM ini dapat diakses secara full text dan open access oleh para pembaca sehingga para pembaca juga ikut turut membantu dalam peningkatan sitasi dari JITM. JITM dipublikasikan sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Lingkup JITM meliputi bidang energi baru terbarukan, dan manufaktur. Bidang energi baru terbarukan yang dibahas mengenai sistem dan alat teknologi konversi yang mampu mengkonversi sumber energi terbarukan seperti energi tenaga air, tenaga angin, tenaga surya, biomassa, dan lain-lain untuk dapat dimanfaatkan energinya ke bidang sektor yang lain. Bidang manufaktur yang dibahas meliputi bidang material, tribologi, dan lain-lain. Redaktur mengundang para penulis dan peneliti untuk mengirimkan artikel ilmiah maupun hasil penelitiannya ke JITM UNISMA Bekasi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN" : 6 Documents clear
PERANCANGAN MESIN PENGUPAS KULIT KACANG TANAH Yanto, Achmad Arbi; Sukma, Hendri
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/jitm.v9i1.2475

Abstract

Salah satu penyebab yang menghambat produktivitas pengupasan kulit kacang tanah adalah karena proses pengupasan masih dilakukan secara manual , dengan menggunakan tenaga manusia. Untuk mengatasi hal tersebut, sistem ini dibuat untuk mengupas kulit kacang tanah dengan proses pemisahan kulit kacang tanah secara mekanik. Pengupas kulit kacang tanah ini dilakukan secara mekanik dengan menggunakan tools yang berbentuk silinder dan 1 buah penahan, yang didesain agar bisa mengupas kulit kacang tanah dengan mudah. Melalui penelitian yang telah dilakukan, pembuatan mesin pengupas kulit kacang kacang tanah terdiri dari bagian hopper (mulut pemasukan), bagian sistem pengupas, rangka mesin, dan hopper penampung. Mesin menggunakan motor listrik 1 HP dengan putaran 1450 RPM, kemudian direduksi putarannya oleh puli menjadi 700 RPM, Kapasitas produksi yang dihasilkan dari mesin ini adalah 1,67 kg per prosesnya yang berlangsung sekitar 1 menit, jika proses produksi berlangsung dalam waktu 1 jam maka kapasitas yang dihasilkan adalah 100 kg.
PEMANFAATAN ENERGI ANGIN SEBAGAI SUMBER ENERGI PENERANGAN JALAN Setiawan Aziz, Muhamad Aditya; Sukma, Hendri
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/jitm.v9i1.2477

Abstract

Turbin angin merupakan pembangkit listrik sederhana yang bisa digunakan sebagai pengganti cahaya matahari maupun air yang mudah didapat.” Turbin angin vertikal memanfaatkan angin kendaraan yang melintas” sangat jarang digunakan padahal sumber tenaga angin yang mudah didapat ditambah kendaraan diindonesia sendiri khususnya dijalan raya bogor sangat ramai melintas dijalan raya dan Turbin angin vertikal yang dapat memanfaatka angin dari segala arah memudahkan sebuah sudu untuk berputar. Kendaraan melintas dimalam hari sangat membutuhkan pencahayaan untuk meminimalisir kecelakaan yang diakibatkan oleh pandangan yang tidak terlalu terlihat karena malam hari. Oleh karena itu pengendara membutuhkan lampu penerangan dijalan sebagai bantuan yang harus ada selama diperjalanan. Kendaraan yang melintas dijalan raya bogor maupun dijalan juanda sangatlah banyak begitupun ketika ramai angin yang dihasilkan dari kendaraan yang melaju menimbulkan efek angin ditambah dengan kecepatan angin dapat memutar kincir yang akan mengasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan dari “turbin angin vertikal memanfaatkan kendaraan angin yang melintas” akan digunakan sebagai bahan baku listrik sebagai aliran listrik pada lampu penerangan jalan dimana sangat dibutuhkan oleh pengguna jalan ketika malam hari oleh sebab itu alat ini dirancang agar dapat berguna sebagai sumber listrik untuk penerangan tersebut.
ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PELAPISAN NIKEL PLATING BAJA KARBON S45C TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN LAPISAN ELECTROLESS NICKEL PLATING Indrayani, Novi Laura; Hidayattullah, Mohammad Taufik; Setiadi, Geri
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/jitm.v9i1.2479

Abstract

Electroless plating merupakan pelapisan tanpa listrik proses ini merupakan tahap akhir dengan meningkatkan sifat seperti daya tahan korosi, daya temperatur tinggi. Temperatur yang di gunakan dalam proses electroless plating nikel 95°C sehingga mengakibatkan tangki cepat terplating sehingga konsentrasi nikel cepat menurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui temperatur dan waktu pelapisan yang ideal untuk mendapatkan hasil ketebalan dan kekerasan yang standar. Sehingga penelitian ini bisa mengurangi tangki terplating dan memerpanjang umur konsentrasi nikel. Proses penelitian electroless plating ini menggunakan temperatur 80°C, 85°C, dan 90°C dengan variasi waktu 30 menit, 40 menit, dan 50 menit. Analisis menggunakan pengukuran ketebalan lapisan menggunakan Mesin X-Ray dan pengukuran kekerasan lapisan plating menggunakan Mesin Hardness vickers. Hasil yang di dapat dari pencarian temperatur dan waktu yang ideal dengan menggunakan temperatur 85°C dan waktu 30 menit yaitu dengan tebal 0,008 mm atau 8 µm dan di panaskan dengan suhu 330°C dengan waktu konstan 60 menit yaitu dengan kekerasan 800 HV. Dan hasil ketebalan lapisan yang baik dapat dilihat pada pengujian struktur micro dengan menggunakan media mikroskop keyence.
PENGARUH UKURAN MESH SERBUK BATUBARA PROSES KARBURASI PADAT PADA BAJA AISI 4130 TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN KETANGGUHAN Sadiana, Riri; Habib, Alwi; Surahto, Aep
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/jitm.v9i1.2480

Abstract

Pada excavator terdapat beberapa komponen salah satunya yaitu bucket. Komponen ini berfungsi sebagai wadah hasil galian. Dalam bucket tersebut terdapat pula komponen lainnya yaitu teeth bucket. Teeth bucket terbuat dari baja karbon rendah jenis AISI 4130, namun dalam pengaplikasiannya, komponen ini sering menerima beban kejut yang sangat tinggi sehingga tak jarang menimbulkan permasalahan yang terjadi contohnya sering terjadi kerusakan dan patah pada komponen tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menambahkan unsur karbon pada material ini yaitu dengan proses surface treatment metode pack carburizing. Kemudian penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen pada baja AISI 4130 dengan proses pack carburizing yang menggunakan variasi serbuk batubara 50 mesh dan 100 mesh, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh proses pack carburizing terhadap nilai kekerasan dan nilai impak. Hasil pengujian kekerasan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil kekerasan tertinggi diperoleh pada spesimen 3 sebesar 294.2 HB. Hasil pengujian impak yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, hasil impak tertinggi diperoleh pada spesimen 2 sebesar 1,912 J/mm2 meskipun dibawah nilai impak spesimen 1 yang merupakan baja AISI 4130 tanpa perlakuan pack carburizing.
PERANCANGAN MESIN PEMBUAT BIOETANOL DENGAN BAHAN BAKU LIMBAH SINGKONG (ONGGOK SINGKONG) Alim, Bukhari
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/jitm.v9i1.2481

Abstract

Secara umum limbah merupakan suatu hasil buangan dari proses produksi yang tidak bermanfaat. Salah satunya limbah hasil buangan proses produksi tapioka yang berupa limbah padat dan limbah cair. limbah padat tapioka atau lebih sering dikenal dengan onggok singkong ini masih menyimpan sejumlah kandungan gizi yang jika dimanfaatkan dapat membuat suatu produk baru dengan harga yang cukup tinggi. Salah satunya pemanfaatan onggok singkong menjadi bioetanol. Tujuan penelitian ini melakukan perancangan mesin pembuat bioetanol dengan bahan baku limbah singkong (onggok singkong). Perancangan yang akan dilakukan meliputi rangka mesin, tangki, pengaduk, daya motor listrik, puli dan sabuk, poros dan pasak, serta destilator. Hasil perancangan diperoleh jenis profil rangka mesin menggunakan besi siku, kapasitas tangki 10 liter, pengaduk dan poros menggunakan material besi S45C, daya motor listrik yang digunakan 1,5 HP, puli penggerak Ø 65 mm dan puli yang digerakkan Ø 151 mm, diameter poros yang digunakan Ø 30 mm, kebutuhan sirkulasi air kondensor 4,7 liter/jam, dan torsi yang dihasilkan mesin sebesar 9,25 kg.mm. Adapun proses yang terdapat pada mesin pembuat bioetanol dengan bahan baku limbah singkong (onggok singkong) meliputi proses hidrolisa, fermentasi, dan destilasi untuk menghasilkan bioetanol.
PENGARUH PENAMBAHAN ADDITIVE “OCTANE BOOSTER” PADA BENSIN TYPE PREMIUM TERHADAP PENINGKATAN DAYA, TORSI dan AFR MOTOR BENSIN 150 CC Suryasa Majanasastra, Raden Bagus; Handoyo, Yopi; Pribadi, Yoga
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 9 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
Publisher : Universitas Islam 45 Bekasi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/jitm.v9i1.2482

Abstract

Parameter yang penting dalam menilai performa suatu mesin adalah kemampuannya untuk menghasilkan daya, torsi dan AFR (Air Fuel Rasio) yang tinggi. Untuk mendapatkannya dapat dilakukan dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi. Salah astu cara mendapatkan bahan bakar berkualitas tinggi dapat diperoleh dengan penambahan aditif bahan bakar yang mempunyai fungsi untuk memperbaiki karakteristik pembakarannya. Bahan bakar bensin premium dengan RON 88 masih banyak beredar di masyarakat, dijual PT Pertamina dengan harga lebih rendah (Karena disubsidi Pemerintah), namun kualitasnya dengan RON 88 sudah tidak sesuai dengan mesin mesin kendaraan jaman sekarang, yang membutuhkan bensin dengan minimal RON 92, yaitu bensin type Pertamax. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa mesin khususnya Daya, Torsi dan AFR pada motor bensin 150 cc yang menggunakan bensin premium, dan yang menggunakan bensin premium+aditif Octane Booster serta yang menggunakan bensin pertamax. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan mesin sepeda motor Honda CBR 150 cc menggunakan Dynometer sebagai pengukur Torsi, Daya dan AFR. Bahan bakar yang digunakan bensin Premium, Bensin Pertamax dan Bensin Premium yang dicampur aditif Octan Booster. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Torsi maksimum pada mesin sepeda motor Honda CBR 150 cc, untuk Premium sebesar 11,6 Nm; untuk Pertamax sebesar 11,8 Nm; Untuk Premium+Octane Booster Torsi sebesar 12 Nm masing masing pada putaran 5000 rpm. Daya mesin Honda CBR150 cc dengan bensin Premium diperoleh sebesar 7,950 KW; dengan Bensin Pertamax diperoleh 8,333 KW dan dengan Bensin Premium+Octane Booster diperoleh sebesar 8,650 KW, masing masing pada putaran 7800 rpm. Ini semua menunjukan Aditif Octane Booster dapat meningkatkan kualitas bahan bakar bensin Premium (RON 88) dengan sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6