cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 148 Documents
POMPA AIR BERTENAGA HIBRID UNTUK IRIGASI TANAMAN BUAH NAGA Danar Susilo Wijayanto; Indah Widiastuti
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1120.322 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1018

Abstract

Pemanfaatan angin dan radiasi matahari sebagai sumber energi bisa mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil, mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang, dan mendukung konservasi sumber daya alam. Pengabdian ini menerapkan penggunaan sumber energi terbarukan untuk pompa air yang digunakan sebagai sumber irigasi tanaman buah dan sayuran pada pertanian organik di Balai Percontohan Pertanian (BPP) Ngasinan, Kelurahan Beji, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Teknologi hibrid menggabungkan turbin tenaga angin dan sel surya untuk memberikan pasokan listrik kepada pompa yang mengangkat air dengan Total Dynamic Head (TDH) 12 meter. Sistem hibrid turbin angin dan solar sel mampu menghidupkan pompa air, sehingga pompa bisa mengalirkan air dari sumur ke tandon air. Sistem irigasi tetes dari tandon ke tanaman buah naga menyebabkan tanaman selalu lembab, sehingga mengurangi resiko kekeringan dan penyakit tanaman.
PENGEMBANGAN STUDENT SELF-ASSESSMENT BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMK Sulaeman Deni Ramdani
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.579 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i1.832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat student self-assessment yang tepat untuk Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan SMK Teknik Kendaraan Ringan, dan untuk mengetahui karakteristik perangkat student self-assessment yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah pengembangan Borg & Gall dengan desain pengembangan terdiri dari sepuluh langkah. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian TKR. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan instrumen penilaian. Teknik analisis   data   menggunakan   teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan metode Corrected Item-Total Correlations. Peninjauan validitas isi menggunakan peninjauan konsistensi penilaian rater dengan Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian ini berupa seperangkat student self-assessment yang terdiri dari instrumen penilaian, rubrik penilaian, dan pedoman pengembangan penilaian. Perangkat student self-assessment Mata Pelajaran PKKR SMK Kompetensi Keahlian TKR dinyatakan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis.
PROFIL SOFT SKILLS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA Dianna Ratnawati; Setuju Setuju
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.984 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kekuatan dan kelemahan Soft skills mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Teknik Mesin UST; dan (2) atribut Soft skills yang masih perlu dikembangkan untuk dikuasai mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Teknik Mesin UST. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Adapun sampelnya berjumlah 59 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang penilaian Soft skills yang dinilai oleh guru pembimbing Magang III di SMK. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 19.00.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas Soft skills mahasiswa PTM sudah baik, dengan perolehan mean 263,86 dan capaian percentages correction-nya 76,48%; (2) tiap indikator atribut Soft skills masuk dalam kategori cukup, baik, dan sangat baik. Adapun urutan pengembangannya disesuaikan dengan penghitungan nilai rata-rata terendah tiap indikator yaitu inisiatif, manajemen waktu, kerja dalam tim, kemampuan analitis, komunikasi lisan, kreatif, menyelesaikan persoalan, motivasi, mendengarkan, berpikir kritis, kemauan belajar, dapat meringkas, berargumentasi logis, manajemen diri, dapat diandalkan, tangguh, berkoperasi, komitmen, mandiri, dapat mengatasi stres, bersemangat, etika, dan fleksibel.
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR, PERSEPSI DUNIA KERJA, DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DENGAN KESIAPAN KERJA MAHASISWA PTM Dianna Ratnawati
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.507 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i1.828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan prestasi belajar dengan kesiapan kerja, (2) hubungan persepsi dunia kerja dengan kesiapan kerja, (3) hubungan jiwa kewirausahaan dengan kesiapan kerja, dan (4) hubungan prestasi belajar, persepsi dunia kerja dan jiwa kewirausahaan secara simultan dengan kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 95 mahasiswa pendidikan teknik mesin semester v. Sampel yang dipilih 95 mahasiswa karena teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan regresi dengan bantuan SPSS 20.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja mahasiswa dengan signifikansi sebesar 0,053 atau 5,3%, (2) terdapat hubungan antara persepsi dunia kerja dengan kesiapan kerja mahasiswa dengan signifikansi sebesar 0,044 atau 4,4%, (3) terdapat hubungan antara jiwa kewirausahaan dengan kesiapan kerja dengan signifikansi sebesar 0,050 atau 5,0%, dan (4) terdapat hubungan antara prestasi belajar, persepsi dunia kerja, dan jiwa kewirausahaan dengan kesiapan kerja dengan signifikansi sebesar 0,146 atau 14,6%.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK MELALUI PERAGA ALAT UKUR MEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN Hengki Irawan
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.82 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk mengetahui Bagaimanakah Penggunaan Alat Peraga dalam pembelajara alat ukur mekanik Dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pokok Bahasan Menggunakan alat ukur mekanik Pada Peserta didik Kelas X Teknik Kendaraan Ringan1 SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang pada kondisi awal motivasi belajar sangat rendah sampai kondisi akhir motivasi belajar sangat baik dan prestasi belajar pada kondisi awal tuntas 66,67 %, kondisi siklus I tuntas 83,33 % dan kondisi siklus II tuntas 94,44 %. 
PENGEMBANGAN SISTEM TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR BERBASIS WEB MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN Soffan Nurhaji
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.948 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i1.833

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Merancang sistem tes diagnostik kesulitan belajar mahasiswa jurusan pendidikan teknik mesin, dan, dan (b) mengembangkan sistem tes diagnostik kesulitan belajar Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan perangkat lunak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model modifikasi linear sequential yang disebut juga sebagai classic life cycle atau model waterfall yang memiliki 4 langkah. Analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem telah dilakukan pada tahun kedua. Implementasi dan validasi program dilakukan pada tahun keempat. Validasi sistem dilakukan dengan angket yang diberikan kepada 6 dosen yang mengampu di jurusan teknik pendidikan mesin untuk melihat aspek kinerja, rancangan, dan aksesbilitas sistem. Analisis data validasi dilakukan dengan statistik deskriptif. Langkah terakhir, evaluasi pemanfaatan sistem, akan dilaksanakan pada tahun kelima. Sistem tes diagnostik kesulitan belajar akan dikembangkan dengan arsitektur web client-server. Sistem ini memiliki tiga kelompok pengguna, yaitu admin, dosen, dan mahasiswa. Hasil analisis aspek kinerja, rancangan, dan adaptabilitas sistem secara keseluruhan akan dianalisis dari angket yang mempunyai rata-rata penilaian yang diperoleh dari skala 1–4, sehingga termasuk kategori sangat baik. Karena itu sistem yang telah dikembangkan dapat digunakan pada penelitian lebih lanjut pada tahun keenam, yaitu evaluasi pemanfaatan sistem. 
PERANCANGAN PERAGA SENSOR KETUKAN UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN Dwi Sudarno Putra; Donny Fernandez; Yogianda Aprilindo
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.145 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1015

Abstract

Sensor merupakan bagian tak terpisahkan dari bidang ilmu elektronika. Teknologi sensor dalam perkembangannya banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang otomotif. Bahkan perkembangan teknologi otomotif saat ini mengarah pada penggunaan sensor dan aktuator yang dipadu dengan fungsi unit pengaturan elektronis (ECU). Bagi sebagian besar peserta didik jurusan/bidang otomotif, pengetahuan tentang sensor merupakan hal yang baru. Pemahaman dasar-dasar sebuah teknologi mutlak diperlukan sebelum berlanjut ke tahap pembahasan yang lebih luas dan kompleks. Sehubungan dengan dua hal di atas maka dirasa perlu untuk mengembangkan sebuah metode pembelajaran tentang sensor  yang praktis, efisien dan dekat dengan teknologi otomotif agar peserta didik dari jurusan/bidang otomotif mampu dengan cepat memahami dasar-dasar dari sensor.   Jurnal ini mengungkapkan hasil penelitian yang telah berhasil mengembangkan peraga sensor ketukan. Sensor tersebut merupakan salahsatu sensor penting dalam bidang otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Riset dan Development.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR MATERI HAND TOOLS DAN POWER TOOLS Burhanudin Mey Setya Nugraha; M. Burhan Rubai Wijaya
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.17 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i1.829

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada peningkatan hasil belajar pada materi hand tools dan power tools dengan menerapkan model problem based learning berbantuan education games. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasy experiment. Prosedur penelitian yang digunakan adalah jenis non equivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata–rata hasil belajar materi hand tools dan power tools pada kelompok eksperimen yang semula 59,31 menjadi 85,01 atau terjadi peningkatan sebesar 43,33%, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata–rata sebesar 64,03 menjadi 74,92 atau terjadi peningkatan sebesar 17%. Hasil penghitungan analisis data tersebut menunjukkan penerapan problem based learning berbantuan education games dapat meningkatkan hasil belajar dalam materi hand tools dan power tools. 
PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS REM BERALUR TERHADAP JARAK PENGEREMAN DAN TEMPERATUR REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR HONDA FIT S Wagino Wagino; Angga Bahri Pratama; Donny Fernandez
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.972 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1020

Abstract

Kampas rem tromol biasanya tidak memiliki alur. Fungsi alur adalah sebagai aliran udara dan tempat terbuangnya debu hasil pergesekan kampas rem dengan tromol. Pengujian dilakukan tiga kali percobaan kecepatan 40 km/jam, 50 km/jam, dan 60 km/jam pada beban penekanan tuas dan pedal rem 4 kg dan 5 kg. Teknik analisis data menggunakan rumus T test pada taraf signifikan 5%. Setelah dilakukan uji t, kampas rem alur berlawanan menunjukkan pengaruh besar terhadap jarak pengereman yaitu pada beban 5 kg dengan hasil (T hitung 10.211 > T tabel 4.303) pada taraf signifikan 5%. Kampas rem alur searah putaran roda terhadap temperatur rem tromol roda depan pada beban 4 kg dengan hasil (T hitung 16.385 > T tabel 4.303) pada taraf signifikan 5%. Temperatur rem tromol roda belakang, kampas rem alur searah putaran roda pada beban 5 kg menunjukkan hasil yang paling signifikan dimana (T hitung 13.942 > T tabel 4.303) dengan taraf signifikan 5%.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TPS DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Azas Ramang Pambudi
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.152 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i1.834

Abstract

Penelitian bertujuan memperoleh informasi mengenai perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran metode kooperatif TPS dengan STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest Posttest. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil pretest menggunakan One Way Anova didapatkan Fhitung = 0,185 <Ftabel = 3,08 untuk peluang 0,95 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 104 membuktikan ketiga kelas tidak memiliki perbedaan signifikan sebelum perlakuan. Hasil ujipostest didapatkan Fhitung = 21,803 > Ftabel  = 3,08 untuk peluang 0,95 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 104 membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara ketiga kelas setelah perlakuan. Hasil t-test terhadap data posttest kelas eksperimen I dan II diperoleh thitung = -4,943 < ttabel = 1,67 untuk Ɵ = 5% dengan dk = 70. Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar siswa menggunakan metode kooperatif STAD lebih baik daripada hasil belajar menggunakan metode kooperatif TPS.

Page 1 of 15 | Total Record : 148