cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI 10 JEUMPA M Nur, Faizah; Yuri, Yusida
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karenakecenderungan siswa lebih bersifat pasif, sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari masalah dan memecahkan masalah sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswakelas IV SD Negeri 10 Jeumpa pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya dengan model Pembelajaran Problem Based Instruction. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Jeumpa berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) Peningkatan sebesar 25% dari segi hasil belajar siswa ini dasarkan pada siklus I sebesar 66,67% dan mengalami peningkatan sebesar 91,67% pada siklus II.  (2) Peningkatan persentase sebesar 20.35% pada aktivitas guru selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 64,67% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 72,48% pada siklus II.  Sedangan peningkatan persentase sebesar 11,45% pada aktivitas siswa selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 61,79% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 73,17% pada siklus II. (3) Berdasarkan hasil respon diperoleh 79,65% siswa yang menjawab “senang”  dengan cara belajar model pembelajaran  Problem Based Instruction, 20,35% siswa menyatakan “tidak senang” cara belajar model pembelajaran  Problem Based Instruction. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan model pembelajaran  Problem Based Instruction pada materi Bagian tumbuhan dan fungsinya. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Problem Based Instruction, Bagian tumbuhan dan fungsinya
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN HEWAN Rahmawati, Rahmawati; Rizka, Ayu
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tentang Penerapan Model Pembelajaran  Examples Non Examples dengan Menggunakan Media Video  terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaringan Hewan telah dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran  examples non examples dengan menggunakan media video  terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Penentuan sampel menggunakan tehnik purposive sampling, dimana kelas XI MIA-2  dengan jumlah siswa 19 orang sebagai kelas eksperimen  dan kelas XI MIA-1  dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan zhitung < ztabel (0,000 < 0,05)  berarti hipotesis H1  yang diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran  examples non examples dengan menggunakan media video  terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Kata kunci: Model, Examples Non Examples, Media, Video, Hasil Belajar
PENERAPAN PEMBELAJARAN DIAGRAM ROUNDHOUSE DISERTAI MODUL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI I MUARA BATU Safitri, Ida; Putri, Elisa
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran diagram roundhouse disertai modul terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa SMPN 1 Muara Batu pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Muara Batu dengan dua kelas sampel yaitu kelas VII.1 untuk kelas eksperimen berjumlah dan kelas VII.2 untuk kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui sikap peduli lingkungan yaitu mengkonversikan skala jawaban siswa dalam angket ke data kuantitatif. Selanjutnya dianalisis regresi korelasi dan  diuji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran diagram roundhouse disertai modul terhadap sikap peduli lingkungan thitung>ttabel (2,204>2,086) pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya terdapat korelasi positif antara antara hasil belajar dengan sikap peduli lingkungan yaitu dengan rhitung lebih besar dari rtabel (0,422>0,423).Uji korelasi ini dapat asumsi kemampuan kognitif yang tinggi diharapkan mahasiswa semakin peduli terhadap lingkungan sehingga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran diagram roundhouse disertai modul berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa di SMPN 1 Muara Batu pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Diagram Roundhouse, Modul, Sikap Peduli Lingkungan
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 1 DEWANTARA Unaida, Ratna
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Konstektual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Dewantara.Sampel dari penelitian ini terdiri dari siswa kelas kontrol (VIII/1) sebanyak 24 siswa dan siswa kelas eksperimen (VIII/2) yang terdiri dari 24 siswa. Siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konstektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data normalitas di kelas eksperimen Lhitung 0.291 dan Ltabel 0.173. Sedangkan di kelas kontrol Lhitung 0.331 dan Ltabel 0.173.Sehingga data siswa dari kelas eksperimen dan kelas konvensional kedua kelas tersebut  berdistribusi  normal. Uji kesamaan dua varian Fhitung =2.62 dan Ftabel =2.00, maka diperoleh Fhitung > Ftabel hal ini menunjukkan antara kelas eksperimen dan konvensional mempunyai varian yang tidak homogen. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan uji t diperoleh thitung> ttabel (2.79 > 2.021) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Konstektual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Dewantara. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, Sistem Gerak Manusia
KEMAMPUAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF, SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN GENETIKA Siregar, Suriani; Aswarita, Rika
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap peningkatan kemampuan keterampilan metakognitif, sikap ilmiah dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran genetika, mengetahui hubungan kemampuan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester genap universitas Gunung Leuser Aceh berjumlah 49 mahasiswa. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 mahasiswa dan kelas VIB sebagai kelas control dengan jumlah 25 mahasiswa. Metode dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes. Data kemampuan keterampilan metakognitif diperoleh dengan angket (kuesioner) dan data sikap ilmiah diperoleh dengan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistic dengan uji-t (independen t-test) dan regresi. Berdasarkan hasil analisis data dan hipotesis yang diajukan dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri tehadap kemampuan keterampilan metakognitif, sikap ilmiah dan hasil belajar pada pembelajaran genetika. (2) Ada hubungan positif antara kemampuan keterampilan metakognitif, Sikap ilmiah dengan hasil belajar pada pembelajaran genetika. Kata kunci: Inkuiri, keterampilan metakognitif, sikap ilmiah, Hasil Belajar
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNINGTIPE STAD PADA MATERI VIRUS DI SMAN 1 MEREUBO KABUPATEN ACEH BARAT Nurlaili, Nurlaili
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD Pada Materi Virus Di SMAN 1 Mereubo Kabupaten Aceh Barat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X pada materi virus di SMAN 1 Pante Ceuremen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Pante Ceuremen yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Sebelum dilaksakanan perbaikan pembelajaran diketahui bahwa hasil belajar biologi siswa masih rendah dengan ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 28,57% dan nilai rata-rata 58,09. Hasil penelitian setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 61,90% dengan nilai rata-rata 65,47. Pada siklus II diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80,95% dengan nilai rata-rata 75,47. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Mereubo Kabupaten Aceh Barat. Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Cooperative Learning, STAD, Virus.
ANALISIS KEMAMPUAN KERJA ILMIAH UNTUK MEMBEKALI REKONSTRUKSI KONSEP BOTANI CRYPTOGAMAE CALON GURU BIOLOGI BERBASIS HANDS-ON ACTIVITY Rahmi, Rahmi
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Inovasi pembelajaran yang telah dilakukan oleh mahasiswa calon guru biologi diharapkan kedepan menjadi suatu pedoman bagi guru biologi untuk mengasah  kemampuan siswa dalam melakukan kerja ilmiah pada proses pembelajaran sains yang authentik. Target dari penelitian ini adalah memampukan mahasiswa calon guru biologi dalam mengimplementasikan proses pembelajaran sains melalui penelitian dan pengamatan dilaboratorim untuk mengoptimalkan kemampuan kerja ilmiah dan penguasaan konsep yang konkrit dalam mengembangkan bangunan keilmuan di bidang biologi yang sainstifik. Penelitian ini akan fokus untuk mengkaji dan menganalisis kemampuan kerja ilmiah serta mendeskripsikan konstruksi konsep botani cryptogamae calon guru biologi berbasis hands-on activity. Penelitian ini merupakan penelitian descriptif reaseach dengan jenis penelitian Case study). Data penelitian berupa paparan tentang kemampuan kerja ilmiah dan konstruksi konsep mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah botani cryptogamae. Sampel penelitian merupakan mahasiswa VII tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pengisian Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM). Data kemampuan kerja ilmiah dan konstruksi konsep mahasiswa calon guru biologi dianalis dengan kualitatif deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja ilmiah dan rekonstruksi konsep mahasiswa calon guru biologi sudah pada kategori sangat tinggi pada kemampuan kerja ilmiah mecapai rata-rata keseluhan indikator yaitu 81,2%, dan kategori sudah berhasil dengan range nilai 6-9 atau 62% kemampuan mahasiswa calon guru biologi pada rekonstruksi konsep Cryptogamae Kata kunci : Kerja ilmiah, Rekonstruksi Konsep, Pembelajaran Hands on activity

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue