cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 8 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA Zuina Phonna
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagian besar proses kegiatan belajar mengajar cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Interaksi antar siswa masih sangat rendah sehingga penguasaan konsep-konsep kimia menjadi sangat lemah dan mengakibatkan siswa kurang berminat mempelajari kimia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di samping itu juga ingin diketahui bagaimana cara menerapkan agar terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sehingga diperoleh hasil yang maksimum. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa dalam berdiskusi kelompok, bagi guru sebagai salah satu contoh model pembelajaran dan bagi sekolah sebagai kontribusi yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus dibagi dalam tiga pertemuan.Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Kegiatan ini dilakukan di SMA Swasta Cut Nyak Dhien Langsa pada kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 31 orang.Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/ 2020 selama 3 bulan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes hasil belajar, dan untuk mengamati perubahan aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Data yang diperoleh pada siklus pertama kemudian dianalisis untuk penentuan perencanaan tindakan pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran SSCS dapat mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas ditinjau dari (1) Meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 71,37 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 77,14. Ketuntasan klasikal dalam siklus I yaitu sebanyak 16 siswa atau (51,6%), pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 24 siswa atau (77,42%). (2) Aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II 53,57 % ( cukup aktif) menjadi 85,71 (sangat aktif)%.
PENERAPAN METODE MENCARI PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI VIRUS PADA SISWA KELAS X IPA-1 SMA NEGERI 5 LANGSA PADA MASA NEW NORMAL Erna Zanti; M. Danil
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA-1 SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui penggunaan metode permainan mencari pasangan pada materi Virus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode permainan mencari pasangan yang dilaksanakan pada September sampai dengan November. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dengan 4 kali pertemuan. Alat pengumpulan data dilakukan dengan tes evaluasi dan lembar observasi tentang aktifitas peserta didik pada saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode permainan mencari pasangan pada pembelajaran Biologi terutama pada materi Virus memiliki peran yang sangat penting, hal ini terkait dengan karakteristik materi virus yang selama ini bersifat hafalan menjadi materi yang menyenangkan jika dipelajari sambil bermain; (2) penggunaan metode permainan mencari pasangan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar, peranan guru yang selama ini dominan di dalam kelas dapat dikurangi. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa aktivitas peserta didik yang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media gambar meningkat dari siklus I (49,31%) dan pada siklus II (81,19%); (3) pada saat pembelajaran Biologi menggunakan metode permainan mencari pasangan peserta didik menjadi lebih semangat dalam pembelajaran dan pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar peserta didik. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kondisi awal adalah 58,47 menjadi 60,5 pada siklus I dan 79,11 pada siklus II; (4) peningkatan hasil belajar sejarah juga dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang tuntas pada kondisi awal sebeanyak 7 peserta didik (21,875%) menjadi 16 orang (56,25 %) pada siklus I hasil ini belum mencapai indikator ketercapaian yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada akhir siklus II menjadi 26 (81,25%).
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN CLT ROLE PLAY DI SMK NEGERI 3 LANGSA Rahmi Fitria
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI dengan menggunakan CLT Role Play di SMK Negeri 3 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan kelas adalah sebuah penelitian dalam pengumpulan data yang melibatkan sebuah kejelasan pengulangan prosedur siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Langsa. Subjek penelitian ini adalah siswa dari XI Produktif Tata Busana yang terdiri dari 33 siswa. Alasan untuk memilih kelas ini adalah karena peneliti menemukan masalah pada kemampuan berbicara siswa. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diambil dari skor kinerja. Data kualitatif diambil dari lembar observasi dan catatan harian untuk menggambarkan peningkatan prestasi berbicara siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh kemampuan berbicara siswa kelas XI dengan menggunakan CLT Role Play di SMK Negeri 3 Langsa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata sebelum penelitian adalah 59; nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 63; nilai rata-rata pada siklus ke 2 adalah 67 dan nilai rata-rata pada siklus ke 3 adalah 72. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat kemampuan berbicara siswa kelas XI dengan menggunakan CLT Role Play di SMK Negeri 3 Langsa.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022 Nurlaili
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks Anekdot dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Anekdot di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Classroom Action Research (CAR). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa yang berjumlah 25 siswa dengan 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki- laki. Analisis data hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dilakukan dengan menghitung persentase kegiatan siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh Pencapaian hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan pembelajaran kooperatif model snowball throwing mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari aspek penilaian hasil belajar siswa. Nilai rata rata siswa meningkat dari 61,70 pada pra-siklus, menjadi 74,32 pada siklus I, lalu menjadi 88,72 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar juga meningkat dari 36 % pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus I dan menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman/hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Langsa pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Anekdot.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIK MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERMOMETER PADA SISWA KELAS X IPA 1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Junita
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika materi suhu dan kalor pada siswa kelas X IPA 1 semester genap tahun 2020/2021 melalui penggunaan alat peraga termometer. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus/putaran. Setiap siklus dilaksanakan 2 siklus 2 kali tatap muka. Pada akhir dilaksanakan tes/pengukuran hasil belajar yang akan dijadikan tolak ukur hasil belajar siswa setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Langsa pada mata pelajaran Fisika materi suhu dan kalor yang berjumlah siswa 34 orang siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan dengan taraf kepintaran yang heterogen. Analisis data dilakukan secara deskriptif komperatif artinya hasil pembelajaran pertama dibandingkan dengan pembelajaran ke dua dan hasil siklus I hasil siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan II, maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Hal ini dapat di lihat dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada saat PBM berlangsung dan kemampuan guru dalam melaksanakan PBM. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga termometer dapat meningkatkan hasil belajar Fisika materi suhu dan kalor pada siswa kelas X IPA 1 semester genap SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut di tandai dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari Siklus I pertemuan Pertama 44%, siklus I pertemuan Kedua 68%, siklus II Pertemuan pertama 77% dan Siklus II Pertemuan Kedua 88% (klasikal tuntas).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MASA PERKEMBANGAN KEHIDUPAN NEGARA-NEGARA KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI IPA-1 SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Jumiati
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah materi perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia pada siswa XI IPA-1 SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020 melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 Semester 2 SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020 jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 18 Laki-laki dan 12 siswa perempuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif komperatif artinya hasil pembelajaran pertama dibandingkan dengan pembelajaran ke duadan hasil siklus I hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang ditandai dengan perolehan nilai siswa sudah mencapai nilai diatas 75 yang merupakan batasan nilai ketuntasan belajar (KKM). Pada siklus I pertemuan pertama siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 46,7%, siklus I pertemuan kedua 20 siswa atau 66,7%, siklus II pertemuan pertama 22 siswa atau 73% dan pada siklus II pertemuan kedua siswa yang mencapai tuntas 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar sejarah materi perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia pada siswa XI IPA-1 SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020
UPAYA MENINGKATKAN LISTENING ABILITY BAHASA INGGRIS MELALUI AUDIO-VISUAL BAGI SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Ilham Ilham
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Langsa Kelas X IPA 4 yang kemampuan siswanya untuk materi mendengarkan bahasa Inggris cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I adalah 6,3 untuk prestasi belajar. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 7,9 untuk prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan prestasi belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI MENULIS TEXT PROCEDURE MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS X IPA-1 SMA NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Fadillah
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi menulis Text Procedure pada siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 3 Langsa tahun pelajaran 2017/2018 melalui metode demonstrasi dengan penggunaan media realita. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X IPA-1 yang jumlah siswanya 34 terdiri dari 24 laki-laki dan 10 perempuan. Analisis data dengan cara deskriptif Komperatif yaitu dengan membandingkan hasil pembelajaran satu dengan hasil pembelajaran dua. Hasil siklus pertama dibandingkan dengan hasil siklus berikutnya. Analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan mengidentifikasi jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM dan jumlah siswa yang belum tuntas mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan belajar pada siklus I pertemuan pertama 47%, siklus I pertemuan kedua 76,5%, siklus II pertemuan pertama 82% dan siklus II pertemuan kedua 88% (klasikal tuntas). Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dengan penggunaan media realita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris materi menulis Text Procedure pada siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 3 Langsa tahun pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue