cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 7 Documents clear
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PABRIK PENGOLAHAN MINYAK KELAPA (Cocos Nucifera) BAGI KESEHATAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA PULO AWE KECAMATAN KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN Fakhrah
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap keberadaan pabrik pengolahan minyak kelapa (Cocos Nucifera) bagi kesehatan lingkungan masyarakat Desa Pulo Awe Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian survey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan observasi lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat gampong pulo awe terhadap keberadaan pabrik pengolahan minyak kelapa sudah baik serta mereka juga sudah bisa menerima keberadaan pabrik tersebut karena memberi keuntungan pada masyarakat sekitar. Kata kunci : keberadaan pabrik minyak kelapa, kesehatan lingkungan masyarakat
BIOLOGI INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA NEGERI 1 PEUSANGAN PADA MATERI JARINGAN HEWAN Rahmi; Tutiliana
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi jaringan hewan dengan pembelajaran biologi inquiry di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, mulai dari plan, action, observation, dan reflection. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan hasil literasi sains siswa pada siklus 1 tindakan 1 mencapai 28% pada kriteria sedang dan rendah, 16% siswa berada pada kriteria sangat rendah dan hanya 12% berada pada kriteria sangat tinggi. Selanjutnya pada siklus 1 tindakan 2 hanya terjadi peningkatan belum signifikan, sehingga dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus ini telah terjadi peningkatan literasi sains masing-masing mencapai 28% dan 40% pada siklus 2 tindakan 1 dan tindakan 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan literasi sains untuk masing-masing indikator dengan penerapan pembelajaran biologi inquiry pada materi jaringan hewan di kelas XI IPA SMA Negeri I Peusangan. Kata kunci : Inquiry, Literasi sains, Jaringan hewan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS ALMUSLIM PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN MELALUI PEMANFAATAN PETA KONSEP SECARA DARING Rahmawati
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda seluruh dunia termasuk Negara Indonesia pada awal tahun 2020, sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 Rektor Universitas Almuslim berdasarkan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan serta surat keputusan Gubernur Aceh maka mulai pertengahan Maret 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 perkuliahan dilaksanakan secara online/daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada mata kuliah morfologi tumbuhan melalui pemanfaatan peta konsep secara daring. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang terdiri atas 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, serta dilaksanakan pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar, aktivitas mahasiswa dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas maupun hasil belajar mahasiswa pada siklus I dengan persentase 50% meningkat menjadi 100 % pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 50%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada mata kuliah morfologi tumbuhan melalui pemanfaatan peta konsep secara daring. Kata Kunci : Hasil Belajar, Morfologi Tumbuhan, Peta Konsep, Daring.
STUDENTS CENTRE LEARNING (SCL) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH DASAR BIOTEKNOLOGI M. Rezeki Muamar; Rahmi
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran berpusat pada mahasiswa (students centre learning) yang dilakukan oleh dosen selama ini hanya untuk mengingkatkan kemampuan kognitif atau hasil belajar mahasiswa saja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas belajar mahasiswa melau metide SCL berbasis e-learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada Mata Kuliah Dasar Bioteknologi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 dengan data yang digunakan berupa data kreatifitas mahasiswa yang diukur dengan instrumen lembar observasi kreatifitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa yang diukur menggunakan tes akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan kreatifitas mahasiswa dari 46.25% pada siklus I menjadi 87.90% pada siklus II. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada hasil belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata mahasiswa pada siklus I sebesar 74.76 menjadi 80.56. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Students Centre Learning (SCL) berbasis elearning dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa sebesar 42.64%. berbanding lurus dengan persentase kreatifitas mahasiswa, hasil belajar mahasiswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 5.8. Kata Kunci : Students Centre Learning (SCL), elearning, Kreatifitas, Dasar Bioteknologi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA SAKTI Dia Andriyani
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena didasari pada permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Sakti yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan teknik tes, observasi dan angket. Hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 38%, sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93% siswa yang tuntas, sedangkan kriteria keberhasilan pembelajaran sudah tercapai. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pembelajaran peningkatan aktivitas belajar terlihat dari hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada siklus I dengan rata-rata presentase aktivitas guru yaitu 85% dan aktivitas siswa 86%. Pada siklus II rata-rata presentase aktivitas guru mencapai 94% dan aktivitas siswa adalah 95%. Respon siswa terhadap pembelajaran sudah cukup baik, dimana yang menyatakan senang sebesar 90% dan yang menyatakan tidak senang sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta sudah berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon yang baik dari siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan, Model Direct Instruction (DI)
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 2 MATERI DAUR HIDUP HEWAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SDN 16 JULI Leni Marlina; Faizah M Nur; Maulidasari
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada guru dan siswa kelas IV SD Negeri 16 Juli masih rendahnya aktifitas yang dilakukan siswa selama pelaksanaan pembelajaran, rendahnya respon siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Serta masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mangatasi dan memperbaiki permasalahan di atas pada materi Daur Hidup Hewan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 16 Juli yang berjumlah 30 orang siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 77% dan meningkat pada siklus II sebesar 90%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 81% dan meningkat pada Siklus II dengan presentase 87%. Sedangkan hasil pada kegiatan aktivitas siswa siklus I presentase 73%, dan meningkat di siklus II dengan persentase 82%. Maka taraf keberhasilan aktivitas guru dan siswa sudah tuntas bedasarkan observasi kedua pengamat termasuk katagori Baik. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa SD Negeri 16 Juli memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan persentse 86% berada pada katagori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 16 Juli pada materi Daur Hidup Hewan. Kata Kunci : Model Inkuiri, Materi Daur Hidup Hewan, Hasil Belajar
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI MEMELIHARA LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI KELAS III SD NEGERI 27 PEUSANGAN Zamzami
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan masih sangat rendah, rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, guru tidak menggunakan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan di atas, penulis ingin menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 27 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan mengetahui peningkatan guru dan siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas III SD Negeri 27 Peusangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 27 Peusangan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara lingkungan alam dan buatan di kelas III SD Negeri 27 Peusangan. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan siswa dalam kelompok terlihat sangat aktif dalam kelompok. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa sangat senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran dnegan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Kata kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD).

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue