cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
ISSN : 26216132     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA KELAS XI MAN 4 ACEH TIMUR Cut Faradiba
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru bidang studi Kimia dan siswa kelas IX MAN 4 Aceh Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian dan pengembangan pada LKPD berbasis STEM mengacu pada model ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, desain, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Bentuk pengembangan LKPD kimia berbasis STEM dengan pengembangan pada aspek materi, media, dan respon peserta didik. kelayakan bahan ajar kimia STEM yang dinilai oleh para ahli media termasuk dalam kriteria layak (80%) dan ahli substansi materi juga termasuk dalam kriteria layak (90%) dan respon peserta didik juga termasuk menarik (92%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat digunakan dalam proses pembelajaran hidrokarbon untuk kelas IX di MAN 4 Aceh Timur.
Penerapan Model Pembelajaran POGIL Pada Sub Materi Kadar Zat dan Pereaksi Pembatas di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Ayu Maulira; Muhammad Hasan; Muhammad Nasir
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran POGIL pada Sub Materi Kadar Zat dan Pereaksi Pembatas di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas, ketuntasan hasil belajar, dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran POGIL pada sub materi kadar zat dan pereaksi pembatas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 di SMAN 1 Peukan Bada sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar soal tes, dan lembar angket tanggapan peserta didik. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama sebesar 78,57% dan pada pertemuan kedua sebesar 88,69% sehingga termasuk dalam kategori baik. Persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 78,13% dengan kategori baik. Penerapan model pembelajaran POGIL memperoleh tanggapan positif dari peserta didik sebesar 80,17% dengan kategori baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POGIL pada sub materi kadar zat dan pereaksi pembatas dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar peserta didik, dan tanggapan baik diberikan oleh peserta didik terhadap penerapan model POGIL. 
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 8 BANDA ACEH Asmaul Husna; Habibati Habibati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suatu proses pembelajaran akan berhasil apabila aspek pembelajaran dapat berjalan dengan baik, seperti antara peserta didik, guru serta sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran praktikum kimia untuk peserta didik kelas XII SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan Research and Development(RD). Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan model 4D. Tahapan- tahapan model pengembangan ini yaitu define(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan angket. Angket yang diberikan adalah angket validasi dan angket kelayakan video praktikum pada materi koloid. Hasil uji kelayakan video pembelajaran praktikum diperoleh presentase rerata sebesar 87,4% tergolong kategori sangat layak. Hasil respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media video pembelajaran praktikum padamateri koloid dapat dikategorikan “sangat baik” dengan presentase rerata tanggapan guru 93,8% dan presentase rerata tanggapan peserta didik 91,8%. Hasil presentase rata-rata validator, guru dan peserta didik menunjukkah bahwa media video pembelajaran praktikum layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi koloid.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh Riza Maulina; Muhammad Nazar; Latifah Hanum
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD Kimia berbasis masalah pada materi sistem koloid yang dikembangkan ditinjau dari tanggapan Guru dan Peserta didik SMAN 5 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) dan model yang digunakan adalah model ADDIE. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Mia 1. kelas XI Mia 1 SMAN 5 Banda Aceh yang di pilih secara purposive sampling. Peserta didik di kelas tersebut berjumlah 30 orang, dengan laki-laki sebanyak 8 orang dan perempuan sebanyak 22 orang. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kelayakan LKPD berbasis masalah, tanggapan guru dan peserta didik yang dianalisis yaitu secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian LKPD Kimia berbasis masalah oleh 2 orang Validator mendapat presentase sebesar 97,37% dengan kategori sangat layak. Tanggapan Peserta didik diperoleh presentase sebesar 83,5% dengan kategori sangat setuju, dan hasil tanggapan Guru diperoleh presentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah yang telah dikembangkan oleh peneliti sudah layak diterapkan pada peserta didik di SMA/MA sebagai bahan ajar cetak dalam proses pembelajaran kimia.
Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Salang Kabupaten Simeulue Rima Kasyuanti; Muhammad Nazar; Ibnu Khaldun
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode ceramah yang masih sering digunakan untuk menyampaikan materi menyebabkan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi tanpa adanya penggambaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Menganalisis kualitas media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada materi koloid, Menganalisis respon peserta didik SMA Negeri 1 Salang terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada materi koloid, Menganalisis respon guru SMA Negeri 1 Salang terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahap yaitu: Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi produk, Revisi Produk, Uji coba produk, dan Revisi produk. Dilaksanakan  di SMA Negeri 1 Salang dengan subjek penelitian 22 orang peserta didik kelas XI IPA dan 1 orang guru Kimia di SMA Negeri 1 Salang. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh sebesar 85,0%, sedangkan dari ahli media sebesar 88,8% dikategorikan sangat layak digunakan. Hasil tanggapan peserta didik dan guru dikategorikan sangat baik dengan persentase rerata sebesar 89,0%, persentase tanggapan guru sebesar 91,4%, sedangkan tanggapan peserta didik terhadap angket SUS diperoleh nilai rerata keseluruhan seb esar 62,95 dan dikategorikan cukup baik.Kata Kunci: Koloid, powerpoint interaktif, tanggapan guru dan peserta didik, SUS
SIKAP GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI LABORATORIUM SMA SE- KOTA LHOKSEUMAWE Putri Ramadhani; Syahrial Syahrial
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran yang ditekankan pada kurikulum 2013 adalah metode pembelajaran praktikum. Pelaksanaan praktikum dapat berlangsung dengan maksimal apabila sarana dan prasarana di laboratorium memadai dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Selain itu sikap guru dan peserta didik juga sangat berpengaruh untuk menunjang pelajaran praktikum. Sikap teliti, disiplin dan bertanggung jawab merupakan sikap dasar yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran praktikum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap guru dan peserta didik terhadap pelaksanaan praktikum kimia di SMA se-Kota Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan melalui jenis penelitian survei dengan metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 9 sekolah dengan total guru sebanyak 21 orang dan 90 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi sekolah, kuesioner sikap guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 sekolah di kota lhokseumawe sudah memeliki fasilitas laboratorium kimia yang memadai dan 3 lainnya masih dalam proses perbaikan. Kuesioner sikap guru yang meninjau sikap teliti, disiplin dan bertanggung jawab secara keseluruhan menampilkan hasil jumlah data keseluruhan lebih besar dari kuartil 3 (Q3)  dan lebih kecil dari skor maksimal yaitu 1092 1266 1365. Dalam kondisi ini maka sikap guru menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan praktikum. Sama halnya dengan hasil yang diperoleh dari kuesioner peserta didik yaitu Q3≤ X ≤ skor maksimal yaitu 4320 4984 5400 yang menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanan praktikum. Maka dalam kondisi seperti ini, pelaksanaan praktikum di SMA Se Kota Lhokseumawe berlangsung dengan baik.Kata Kunci: sikap, guru, peserta didik, laboratorium, praktikum

Page 1 of 1 | Total Record : 6