cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tadris Kimiya
ISSN : 25276816     EISSN : 25279637     DOI : 10.15575/jtk.v7
Core Subject : Science, Education,
Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry learning.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018)" : 10 Documents clear
STUDI KOMPARASI METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI DAN VERIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS Eltarizky Fatma; Lisa Utami
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3386

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest design yang dilakukan terhadap dua kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya keterampilan generik sains siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tambang, Provinsi Riau. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan generik sains siswa pada kelas yang diberi perlakuan metode eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dengan yang diberi perlakuan metode eksperimen berbasis verifikasi pada materi larutan penyangga. Populasi pada penelitian ini berjumlah 198 orang, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan selisih rata-rata keterampilan generik sains siswa sebelum dilakukan eksperimen hanya sebesar 1,061, sedangkan setelah dilakukan eksperimen memiliki selesih sebesar 4,091. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,204 dan ttabel = 1,999 atau dengan nilai sig < 0,05. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan bahwa terdapat  perbedaan keterampilan generik sains siswa pada kelas yang diberi perlakuan metode pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dengan verifikasi.
ANALISIS KEMAMPUAN TIGA LEVEL REPRESENTASI SISWA PADA KONSEP ASAM-BASA MENGGUNAKAN KERANGKA DAC (DEFINITION, ALGORITHMIC, CONCEPTUAL) Citra Wulan Sari; Imelda Helsy
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3660

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang ditujukan untuk menganalisis kemampuan tiga level representasi kimia pada konsep asam basa dengan menggunakan tes essay yang mengacu kepada kerangka DAC (Definition, Algorithmic Conceptual). Penelitian dilakukan terhadap 48 orang siswa sekolah menengah atas di wilayah Bandung. Indikator kemampuan representasi yang dianalisis mencakup kemampuan siswa dalam  menghubungkan representasi simbolik ke submikroskopik, makroskopik ke simbolik, makroskopik ke submikroskopik dan simbolik serta makroskopik ke submikroskopik.  Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan siswa lebih berhasil merepresentasikan makroskopik ke submikroskopik dibandingkan dengan kemampuan representasi lainnya. Namun teridentifikasi potensi miskonsepsi pada sebagian besar siswa adalah mengenai konsep kekuatan asam-basa dan pH. Pencapaian terendah pada kemampuan representasi makroskopik ke simbolik yaitu pada penyelesaian soal yang membutuhkan langkah-langkah pengerjaan secara matematis dan melibatkan rumus atau perhitungan yang beragam (type A-Mu: Alghoritmic Multistep).
KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN DAN MEMAHAMI KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA INDUKTIF Irma Ayu Virtayanti; Abudarin Abudarin; I Made Sadiana
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.2707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan konsep dan kemampuan memahami konsep larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dalam pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan alur berpikir induktif siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas X. Data kemampuan menemukan konsep larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dikumpulkan dengan menggunakan instrumen LKS, sedangkan data pemahaman konsep larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dikumpulkan menggunakan soal tes pemahaman konsep bentuk uraian objektif. Validitas isi LKS dan soal tes pemahaman konsep ditentukan berdasarkan content validity coefficient menggunakan formula Aiken’s V. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan dan memahami konsep larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menemukan konsep tentang larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dalam pembelajaran menggunakan LKS induktif rata-rata sebesar 91,17%. Kemampuan siswa memahami konsep tentang larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dalam pembelajaran menggunakan LKS induktif rata-rata sebesar 80,59% yang tergolong dalam kategori baik. Siswa yang memiliki kemampuan menemukan konsep yang lebih baik cenderung menunjukkan pemahaman konsep yang lebih baik pula.
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL KIMIA BERMUATAN NILAI-NILAI UNTUK MEMPERKOKOH KARAKTER SISWA SMA Sulastri Sulastri; Rusman Rusman; Asria Arifa
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3512

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan  soal-soal kimia materi hidrokarbon dan minyak bumi bermuatan nilai-nilai (Value based Questions-VBQs) untuk memperkokoh karakter siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal kimia SMA bermuatan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai yang terdapat pada soal yang dikembangkan adalah  nilai-nilai: intelektual, spiritual, etika, estetika, sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan melalui tahapan pendefinisian, analisis materi dan indikator (define), desain soal (design) dan pengembangan soal (develop). Subjek penelitian yaitu siswa SMAN 1 Banda Aceh kelas IX yang diambil secara purposive sampling dan jumlah siswa yang terlibat pada tahap diseminasi sebanyak 15 orang untuk melihat keberterimaan siswa terhadap soal. Soal yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar pendidikan kimia dan guru MGMP kimia kota Banda Aceh, hasilnya menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada siswa. Rata-rata hasil penilaian kelayakan soal sebesar 87%. Hasil tanggapan keberterimaan soal oleh peserta didik menunjukkan persentase sangat setuju sebesar 30%, setuju 50%, tidak setuju 20% dan sangat tidak setuju 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan soal-soal bermuatan nilai yang dikembangkan dapat diterima oleh guru, layak diaplikasikan dan dipergunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Perlu penelitian lanjutan untuk mengembangkan soal-soal bermuatan karakter bagi materi-materi ajar mata pelajaran kimia lainnya.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK UNTUK PRAKTIKUM KIMIA DASAR Nanda Saputri; Adlim Adlim; Ratu Fazlia Inda Rahmayani
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3444

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan instrumen penilaian psikomotorik untuk praktikum kimia dasar di Lingkungan dan Laboratorium Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon validator dan uji coba terbatas terhadap instrumen yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan berupa instrumen penilaian dalam bentuk rubrik dengan skala 1-4. Penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu: 1) perencanaan; 2) pengembangan; dan 3) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi instrumen menunjukkan persentase rerata sebesar 92,86% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil respon angket dosen pengampu mata kuliah praktikum, asisten laboratorium, dan mahasiswa praktikan mendapatkan tanggapan sangat baik dengan persentase masing-masing sebesar 100%, 100%, dan 99,13%.
PENGARUH INKUIRI TERBIMBING MELALUI MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA Anggia Setianing Tyas; Lazulva Lazulva
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel dua kelas yaitu XI MIA 2 (kontrol) berjumlah 24 siswa dan XI MIA 3 (eksperimen) berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan  tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan pengaruh sebesar 9,94%.
PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR TERINTEGRASI ETNOKIMIA UNTUK MAHASISWA Henie Poerwandar Asmaningrum; Imam Koirudin; Kamariah Kamariah
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan praktikum kimia dasar terintegrasi etnokimia. Penelitian pengembangan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: 1) menganalisis materi (define), 2) mendesain prototype panduan (design), 3) validasi dan uji coba produk (develop).  Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan terhadap 17 mahasiswa untuk mengetahui respon dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa menggunakan panduan praktikum. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa produk panduan praktikum dinyatakan valid oleh ahli materi (rerata 75%) dan ahli media (rerata 86,25%). Panduan dinyatakan layak digunakan, karena menunjukkan respon positif dan capaian keterampilan kinerja ilmiah mahasiwa yang sangat baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT Arisna Oktavia Dijaya; Ratih Pitasari; Siti Kurniasih
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa untuk setiap siklus pada proses pembelajaran inkuiri terbimbing, kinerja siswa untuk setiap siklus sesuai tahapan inkuiri terbimbing, dan keterampilan proses sains untuk setiap siklus dengan model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 35 siswa kelas X IPA-4 SMAN 10 Bandung. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, format penilaian aktivitas siswa, guru, aspek psikomotor siswa, dan tes evaluasi keterampilan proses sains. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilaksanakan sesuai deskripsi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk meningkatkan keterampilan proses sains terimplementasikan dengan baik. Jumlah rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 86,4 (sangat baik) dan siklus II 91 (sangat baik). Melaksanakan pekerjaan LKS dengan benar untuk setiap siklus sehingga pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus I sebesar 70 (baik) dan siklus II sebesar 75 (baik). Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada siklus I dan II dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 67 (cukup) dan siklus II yaitu 70 (baik).
PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID MELALUI MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Rohaeni Nur Eli; Sari Sari
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3713

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem koloid dalam pembelajaran melalui media animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek penelitian adalah 33 orang siswa SMKN 2 Cimahi kelas XI Teknik Kimia Industri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar 77,22 % (nilai rata-rata 68,97), sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar 84,85% (nilai rata-rata 74,18). Aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan yang positif, karena perilaku yang tidak diharapkan di kelas semakin berkurang, sedangkan perilaku positif semakin meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan animasi dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi koloid.
PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X Hamidah Arieska; Agus Kamaludin
Jurnal Tadris Kimiya Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jtk.v3i2.3795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku siswa bermuatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X. Model yang digunakan dalam proses pengembangan produk mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Produk buku siswa ini divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh empat reviewer (guru kimia SMA/MA) dan direspon sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa berupa angket menggunakan skala Guttman. Karakteristik buku yang dikembangkan yaitu terdiri atas ikatan kimia, geometri molekul, interaksi antarmolekul, dan tugas kewirusahaan pembuatan media MEc Bond, lilin aromaterapi, dan lampu lava. Penilaian kualitas buku siswa oleh empat reviewer mendapatkan persentase 86,32% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon sepuluh siswa dengan persentase 96%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan produk yang dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran di SMA/MA pada materi ikatan kimia.

Page 1 of 1 | Total Record : 10