cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
ISSN : 25411462     EISSN : 25491717     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020)" : 10 Documents clear
PEMBERDAYAAN MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PEREMPUAN (PKHP) DI PKBM BUMI NURANI CAMP CIAMIS Adang Danial, Ahmad Hamdan, Lilis Karwati
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8091

Abstract

PEMBERDAYAAN MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PEREMPUAN (PKHP) DI PKBM BUMI NURANI CAMP CIAMIS Adang Danial1, Mumu2, Ahmad Hamdan3, Lilis Karwati4 1,2,3,4 Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Siliwangi 1adangdanial@unsil.ac.id 2Mumu.mukti@yahoo.com3ahmad.hamdan@unsil.ac.id 4liliskarwati@unsil.ac.id ABSTRAK  Stigma yang melekat di kalangan masyarakat tentang perempuan yaitu perempuan merupakan kaum lemah yang menjadi sasaran kekerasan, akses yang terbatas, diskriminasi, subordinasi (nomor dua), pendidikan rendah dan lain sebagainya. Melalui keadilan gender perempuan sudah seharusnya tidak lagi dianggap sebagai kaum yang lemah, sehingga perlu adanya program pemberdayaan bagi perempuan agar lebih berdaya. Program Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan merupakan salah satu program pemberdayaan terutama bagi perempuan marginal yang tergolong miskin agar memiliki keterampilan, pengetahuan dan peningkatan kualitas hidup dirinya dan keluarganya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengeskplorasi pelaksanaan pemberdayaan melalui program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan melalui program pendidikan kecakapan hidup perempuan dimulai dari perencanaan dengan mendesain tujuan program dan tujuan pembelajaran, materi sesuai hasil identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan prinsip belajar orang dewasa dan evaluasi untuk melihat hasil pembelajaran agar warga belajar memiliki kecakapan hidup berupa kecakapan personal, akademik, sosial dan kecakapan vokasional. Kata Kunci: Pemberdayaan perempuan, pendidikan kecakapan hidup, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)
WIRAUSAHA HOME INDUSTRI MEBEL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA Rizqi Yulida Evitasari, Bagus Kisworo
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8095

Abstract

WIRAUSAHA HOME INDUSTRI MEBEL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA  1Rizqi Yulida Evitasari, 2Bagus Kisworo 12Jurnal Pendidikan Luar Sekolah FIPUniversitas Negeri Semarang  1yulidarizqi234@gmail.com, 2bagus.kisworo@mail.unnes.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga di Desa Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara melalui CV. Republic Furniture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa warga sekitar mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya dan bagi perusahaan itu sendiri mendapatkan keuntungan dengan berdirinya Home Industri tersebut karena dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga warga sekitar mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi. Sedangkan untuk limbah yang dihasilkan oleh Home Industri tersebut berdampak pada lingkungan. Kata kunci : Wirausaha, CV. Republic Furniture
PENGARUH DIMENSI SELF DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP KETAHANAN FISIK KELUARGA WANITA KARIER DI KOTA TASIKMALAYA Lesi Oktiwanti, Siti Mariam, Lulu Yuliani, Lilis Karwati Dede Nurul Qomariah
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8090

Abstract

PENGARUH DIMENSI SELF DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP KETAHANAN FISIK KELUARGA WANITA KARIER DI KOTA TASIKMALAYA 1)Lesi Oktiwanti,2)Siti Mariam, 3)Lulu Yuliani, 4)Lilis Karwati, 5)Dede Nurul Qomariah 1,2,3,4,5Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi 1)lesioktiwanti@unsil.ac.id, 2)mariammarzha@gmail.com, 3)luluyuliani@unsil.ac.id, 4)liliskarwati@unsil.ac.id, 5)dnurul@unsil.ac.id ABSTRAK The self-directed learning process undertaken by career women includes planning, setting goals and implementing self-directed learning to maintain the physical resilience of the family. The purpose of this study was to determine the effect of the dimensions of Self Directed Learning (SDL), namely the dimensions of the person, process and context on the physical resilience of career women families. The variables in this study consisted of independent variables namely the person dimension (X1), the process dimension (X2) and the context dimension (X3), and the dependent variable was the physical resilience of the family (Y). The research method used was descriptive analysis with data collection techniques using a questionnaire to 100 career women as samples with 4,024 populations (ɛ 10%) spread over ten subdistricts in Tasikmalaya City. The analysis technique used in this study is multiple regression analysis techniques with three predictors. Hypothesis testing uses simultaneous or joint F tests and partial t tests or individually between variables and looks for the value of the coefficient of determination using R square. The results of this study indicate that the dimension of Self Directed Learning (SDL) simultaneously influences and significantly affects the physical resilience of the families of career women in the City of Tasikmalaya by 36.5%. Partially the most influential dimension on the physical resilience of a career woman's family is the context dimension. Keywords: Family Physical Resilience, Self Directed Learning, Career Women.
UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA DINI DI KB TK TUNAS MULIA BANGSA SEMARANG Safira Kharisma Putri Emmy Budiartati
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8096

Abstract

UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA DINI DI KB TK TUNAS MULIA BANGSA SEMARANG 1Safira Kharisma Putri, 2Emmy Budiartati 12Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang 1safirakharisma@gmail.com 2 emmy.budiartati@gmail.ac.id ABSTRAKTujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya orangtua dalam mengatasi sibling rivalry pada anak usia dini di KB TK Tunas Mulia Bangsa Semarang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 orang tua yang memiliki anak usia dini bersekolah di KB TK Tunas Mulia Bangsa. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sibling rivalry disebabkan oleh 6 faktor yaitu sikap orang tua, urutan kelahiran, jenis kelamin, jumlah saudara, jarak usia, pengaruh dari luar; upaya orang tua dalam mengatasi sibling rivalry pada anak adalah dengan memberikan pemahaman dan pengertian kepada anak agar anak tidak merasa cemburu.Kata Kunci: Orang Tua, Sibling Rivalry, Anak Usia Dini
MODEL SUPERVISI AKADEMIK CAPEK – LAPER DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA GURU BINAAN GUGUS 11 KABUPATEN LEBAK Suwiyono .
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8097

Abstract

MODEL SUPERVISI AKADEMIK CAPEK – LAPER DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA GURU BINAAN GUGUS 11 KABUPATEN LEBAK  1Suwiyono 1Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lebak.                                 1 yon.wiyono84@gmail.com ABSTRAK Hasil analisis dan evaluasi dari  telaah dan penilaaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) maupun hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran,beberapa Kompetensi guru pada komponen dan indikator tujuan pembelajaran dan lankah langkah pembelajaran dalam RPP masih belum memenuhi ketentuaan. Sedangkan dalam hasil Observasi kelas guru melakukan aktivitasnya tidak sesuai dengan tujuaan dan langkah langkah pemebalajaran. Model Supervisi Capek- Laper yaitu  serangkaiaan kegiatan dalam rangka membantu guru untuk mancapai tujuaan pembelajaran sesuai kurikulum dengan melihat apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan siswa, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya. Peningkatan Kompetensi Guru pada komponen dan indikator penelitiaan di siklus 1 Peningkatan  pada tujuaan penelitiaan  baik komponen maupun indikator meningkat dengan baik. Peningkatan juga terlihat di siklus ke 2 komponen maupun indikaor penelitiaan meningkat dengan baik peningkatan itu juga terjadi dalam siklus ke 3, Peningkatan  pada tujuaan penelitiaan  baik komponen maupun indikaor dari Kompetensi Penelitiaan meningkat dengan baik  sehingga hasil penelitiaan dari sklus ke 1 maupun siklus ke2 dan dari sklus ke2 ke siklus ke3 Peningkatan Kompetensi guru  meningkat pada setiap indikator komponen, sehingga  kompetensi guru  meningkat dengan baik. Dengan peningkatan ini sehingga penelitiaan ini mampu menjawab semua masalah yang telah dirumuskan.  Penelitiaan tindakan baik dari siklus k 1, ke 2 maupun siklus ke 3 dengan skor setiap siklusnyameningkat dengan sangat baik,serta dengan hasil refleksi maupun hasil observasi catatan proses pembelajaran  semua memberikan tanggapan positif sehingga kata takut ,grogi ,ngebleng mati gaya semua menjandi nyaman tanpa beban sehingga  guru tidak takut atau waswas apabila dengar kata Supervisi Akademik.Model Supervisi Akademik Capek – Laper  yaitu Model Supervisi Akademik yang menggunakan alat bantu  CAtatan PElaKsanaan  yang di sandingkan dan dicocokan dengan LAngkah langkah PERencanaan pembelajaran. CAPEK – LAPER  ( CATATAN PELAKSAAN PEMBELAJARN DI COCOKAN DENGAN LANGKAH LANGKAH  PEMBELAJARAN DALAM  PERENCANAAN)
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI BELAJAR NONFORMAL TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANTARBUDAYA DENGAN MEDIASI MOTIVASI DIRI ANGGOTA POLYGLOT INDONESIA Nararia Hutama Putra, Joko Sutarto, Amin Yusuf
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8093

Abstract

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI BELAJAR NONFORMAL TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANTARBUDAYA DENGAN MEDIASI MOTIVASI DIRI ANGGOTA POLYGLOT INDONESIA 1Nararia Hutama Putra, 2Joko Sutarto, 3Amin Yusuf 123Pascasarjana Pendidikan Luar SekolahUniversitas Negeri Semarang 1nararia92@gmail.com, 2jokotarto@mail.unnes.ac.id, 3aminyusuf@mail.unnes.ac.id   ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis tentang pengaruh budaya organisasi belajar nonformal yang di mediasi motivasi diri terhadap kemampuan berkomunikasi antarbudaya anggota Polyglot Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 152 anggota Polyglot Indonesia yang tergabung di dalam grup PI All Chapter dan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Data yang digunakan dikumpulkan dengan metode kuesioner yang disebar secara daring. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut, (1) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan oleh budaya organisasi terhadap kemampuan berkomunikasi antarbudaya anggota Polyglot Indonesia; (2) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan oleh motivasi diri terhadap kemampuan berkomunikasi antarbudaya anggota Polyglot Indonesia; (3) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan oleh budaya organisasi terhadap motivasi diri anggota Polyglot Indonesia; (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan oleh budaya organisasi yang dimediasi melalui motivasi diri terhadap kemampuan berkomunikasi antarbudaya anggota Polyglot Indonesia.Kata kunci: pengaruh, budaya organisasi, motivasi diri, kemampuan berkomunikasi antarbudaya
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR JAKARTA Dadan Darmawan, Ila Rosmilawati
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8098

Abstract

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR JAKARTA 1Dadan Darmawan, 2Ila Rosmilawati12Pendidikan NonformalFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa 1dadan.darmawan@untirta.ac.id  2irosmilawati@untirta.ac.idABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penguatan Pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan pada program paket C di Lembaga PKBM Negeri Tebet Timur Jakarta. Fokus penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai karakter melalui 5 nilai utama karakter Religius, Nasionalis  Mandiri  Gotong Royong dan Integritas. Penelitian Ini merupakan penelitian deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah  1)Nilai nasionalis dalam penguatan Pendidikan karakter  yang diselenggarakan PKBM Negeri 21 Tebet timur adalah memperingati hari besar seperti hari batik nasional dan juga hari kartini dimana para siswa diwajibkan menggunakan batik dan kebaya, hal ini dilakukan agar para siswa memiliki rasa cinta terhadap negaranya. 2)Nilai Religius dalam penguatan Pendidikan karakter yang dilakukan oleh PKBM Negeri 21 Tebet Timur dengan mengadakan kegiatan rutin mengaji di hari jumat, selain itu juga mengadakan syukuran dan pengajian untuk kelulusan siswa, hal ini dilakukan agar para siswa menjaga hubungannya dengan sang pencipta, diharapkan para siswa memiliki Karakter Religius. 3)Nilai Integritas dalam penguatan Pendidikan karakter yang dilakukan oleh PKBM Negeri 21 Tebet Timur, dilakukan oleh para tutor dengan membuat kegiatan yang sifatnya membuat anak-anak mau bertanggung jawab atas segala yang telah dilakukannya, seperti piket kelas yang di pandu langsung oleh para tutor, hal ini dilakukan agat para siswa mau bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan di kelas, dan juga agar memiliki rasa memiliki yang baik terhadap segala fasilitas PKBM. Pembelajaran juga menggunakan sistem pembagian kelompok, sehingga terjadi dinamika didalam kelompok. Melatih siswa menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas. 4)Nilai Mandiri dalam penguatan Pendidikan Karakter yang dilakukan PKBM Negeri 21 Tebet Timur adalah dengan melakukan kegiatan kewirausahaan terhadap para siswa paket, hasil dari pelatihan ini pun dipasarkan agar mendapatkan hasil materi untuk PKBM atau para siswa. Selain itu nilai mandiri juga di terapkan para tutor pad aproses pembelajaran dengan menggunakan tugas mandiri di luar PKBM, sehingga tanpa di awasi para tutor pun mereka akan mandiri belajar dan diharapkan menjadi terbiasa dan akhirnya menjadi karakter mandiri bagi mereka. 5)Nilai Gotong Royong dalam penguatan Pendidikan Karakter yang dilakukan PKBM negeri 21 Tebet Timur dengan menjadawalkan kegiatan bersih-bersih PKBM setiap sebulan sekali, hal ini dilakukan untuk seluruh lingkungan PKBM dan para siswa pun ikut berpartisipasi dan semangat dalam mengikutinya. Diharapkan dengan pembiasaan ini para siswa memiliki karakter gotong royong yang bisa mereka gunakan di masyarakat. Kata Kunci : PPK, Kegiatan Pembiasaan, 5 Nilai Karakter
PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN Fiqri Ana Cintia Putri, Achmad Rifai
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8094

Abstract

PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN 1Fiqri Ana Cintia Putri, 2Achmad Rifai 12Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIPUniversitas Negeri Semarang 1fiqriana.cintia@gmail.com,2 rifaipls@mail.unnes.ac.id ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan:Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter KB Bina Citra Cendekia Ungaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 pendidik kelas KB A, dan 3 orangtua siswa KB A. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,metode, dan teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter KB Bina Citra Cendekia Ungaran mencakup 5 aspek yang dilaksanakan dengan baik oleh kepala sekolah dan pendidik. Penyelenggaraan program dilaksanakan dengan tahapan pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, sarana yang digunakan, sistem penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, serta kendala dan faktor pendukung.Kata Kunci: Penyelenggaraan Program, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) KOTA SERANG Syadeli Hanafi, Nandang Faturohman, Ahmad Fauzi, Herlina Siregar Ika Rizqi Meilya.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8099

Abstract

KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) KOTA SERANG 1Syadeli Hanafi, 2Nandang Faturohman, 3Ahmad Fauzi, 4Herlina Siregar, 5Ika Rizqi Meilya 12345Pendidikan Nonformal Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa 1syadeli@untirta.ac.id , 2nandangfaturohman@untirta.ac.id , 3fauzipls@untirta.ac.id , 4herlina.siregar@untirta.ac.id, 5ika.rizqi@untirta.ac.id    ABSTRAK  Penelitian ini terkait dengan standar pengelolaan penyelenggaraan satuan pendidikan nonformal PKBM. Ditjen PLSP membentuk sebuah pedoman yang dijadikan acuan pelaksana program supaya lebih terarah dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Arahan diwujudkan dalam bentuk pedoman mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM) PKBM. SPM PKBM diartikan sebagai ukuran minimal yang harus dipenuhi oleh para pengelola program atau kegiatan layanan dalam merencanakan dan melaksanakan program kegiatan pendidikan nonformal. SPM PKBM merupakan salah satu instrumen dari manajemen program atau kegiatan PKBM yang terkait dengan Standar Minimal Manajemen dan Standar Minimal Tenaga Kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pendidikan di pusat kegiatan belajar mengajar PKBM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas: studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitiannya adalah pengelola dan tutor, serta peserta didik PKBM Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas program PKBM Kota Serang dikatakan sudah baik dilihat dari kompetensi lulusan memenuhi standar nasional. Dari pembelajaran disusun berdasarkan kompetensi lulusan dan minat serta kebutuhan warga belajar dengan target difokuskan pada pendidikan life skill maupun kegiatan sosial dengan memasukkan muatan lokal. Dalam setiap pembelajaran tutor menggunakan perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP yang didalamnya sudah memuat tujuan pembelajaran. Selanjutnya dari segi sarana prasarana sudah memadai dalam menunjang proses pembelajaran. Kata kunci: kualitas, pelayanan pendidikan, PKBM
IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Lulu Yuliani, Syaepuddin
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v5i1.8089

Abstract

IMPLEMENTASI  KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL  DALAM  MENGEVALUASI PEMBELAJARAN  ANAK USIA DINI(Studi Pada Kelompok Bermain  Nurul Anwar Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) Lulu Yuliani1, Syaepuddin212 Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangiluluyuliani@unsil.ac.id, Syaepuddin@unsil.ac.id, ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi  Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal Dalam Mengevaluasi  Pembalajaran  Anak  Usia Dini (Studi Pada Kelompok Bermain  Nurul Anwar Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Menghasilkan rekomendasi keilmuan  Pendidikan Luar Sekolah,  mempublikasikan hasil penelitian pada prosiding, jurnal nasional maupun Internasioanal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan dan memperkaya pengembangan teori ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sejenis dalam menambah cakrawala dan membuka wawasan keilmuan PLS.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Peneliti mengadakan pengamatan dan mencari data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden yang diamati. Peneliti secara terus menerus melaksanakan wawancara dengan informan secara mendalam untuk mengumpulkan data dari Tutor PAUD Nonformal. Dengan menggunakan tahap analisis Triangulasi Data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan  hasil penelitian bahwa Implementasi Kompetensi Pedagogik  Tutor PAUD Nonformal di Kelompok Bermain Nurul Anwar dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini dalam penilaian pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester, Instrumen yang digunakan adalah observasi, catatan anekdot,  penilaian hasil karya dan portofolio. Pelaporan penilaian harian dan bulanan dilakukan disekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak dan pelaporan penilaian semester dilakukan disekolah dengan menggunakan rapor dan media Sosial melalui Aplikasi WhatsApp Group (WAG) Adapun faktor yang menjadi menjadi pendukung dalam pembelajaran Kober Nurul Anwar adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai dan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman Tutor dalam penerapan beberapa dari jenis instrument.  Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik,  Anak usia dini,  Tutor PAUD Nonformal, Evaluasi pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 10