cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
ISSN : 20862407     EISSN : 2549886X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and learning Physics research results that have been achieved, both at school and in college.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2013): APRIL 2013" : 4 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK SERI-PARALEL BERBASIS MASALAH DAN BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF Joko Siswanto
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v4i1 April.954

Abstract

Penelitian ini bertujuan umtuk mengembangkan perangkat praktikum rangkaian listrik seri-paralel berbasis masalah dan berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penilitian ini diharapkan memberikan manfaat: ?é?á1) dapat dijadikan acuan dalamrangka mengembangkan perangkat praktikum fisika; 2) memberikan pemahaman tentang pentingnya kemmampuan berpikir kritis dan kreatif dalam belajar fisika; dan 3) dapata memberikan acuan dalam pelaksanaan praktikum berbasis masalah yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitianpengembangan. Yang dikembangkan dalam penelitian ini adalahperangkat praktikum yang terdiri desai praktikum, petunjuk praktikum, peralatan praktikum. Berdasarkan ahli menyatakan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memiliki criteria yang baik dengan persentase 73.92 dan 78.27 uji coba menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Namaun berdasarkan uji gain ternormalilsasi tingkat pengruhnya masih dalam kategori rendah yaitu 0.1458 untuk berpikir kritis dan 0.1465 untuk kemampuan berpikir kreatif.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAN DI SMP NEGERI 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Ismiyati Ismiyati; Joko Siswanto; Nur Khoiri
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v4i1.2352

Abstract

Purpose of this study was to determine the effect of differences in learning achievement of physics that uses methods of Problem Solving and Think Pair Share with media power point on student achievement SMP N 1 Gubug School Year 2012/2013. This research is an experimental study conducted in class VIII in the country SMP N 1 Gubug. Population in this study were all students of class VIII. Selected by Cluster Random Sampling is 3 classes as the experimental class VIII A as the experimental class 1, VIII B as the experimental class 2, class VIII C as a control. Data retrieval is done using tests and documentation. This study uses a single track obtained anava Fhitung > Ftable is 8.656> 3.079 thus Ho is rejected, it can be concluded therefore think pair share learning with media power point is more effective than learning problem solving with power point and conventional media in the country SMP N 1 Gubug school year 2012/2013
PENINGKATAN RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA BERVISI SETS (SIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) DI SMP KELAS VIII A PGRI 1 ULUJAMI TAHUN AJARAN 2012/2013 Puji Setyorini; Joko Siswanto; Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v4i1.2564

Abstract

Rendahnya hasil belajar ini dikarenakan tiga hal. Antara lain adalah kesulitan memahami materi, suasana pembelajaran kurang hidup dan kurang menyenangkan, serta adanya kesenjangan siswa pandai dan siswa kurang pandai. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan respon dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran fisika melalui pendekatan bervisi Sets. peningkatan respon dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika melalui pendekatan bervisi SETS. Metode penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dikembangkan pada mata pelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar siklus I dan siklus II dapat dilihat dengan meningkatnya hasil prosentase respon siswa dari 63,75% menjadi 77,5%, meningkatnya hasil prosentase kerjasama siswa dari 52,46% menjadi 72,66%. Dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan Bervisi Sets dapat mengatasi kesulitan siswa bertanya, meningkatnya kualitas interaksi siswa dalam pembelajaran IPA, serta meningkatkan tercapainya kompetensi dasar IPA siswa. Temuan peneliti ini dapat menjadi masukan guna meningkatkan mutu proses belajar mengajar IPA di sekolah menengah pertama.
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Dhian Ikka Widhyawati; Joko Siswanto; Harto Nuroso
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v4i1.2565

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan model cooperative learning melalui metode pembelajaran aktif tipe team quiz dan snowball throwing terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan wujud zat kelas VII semester 1 SMP N 1 Karangawen Demak tahun ajaran 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, dan VII H SMP N 1 Karangawen Demak tahun ajaran 2012/ 2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang dikenai model cooperative learning melalui metode pembelajaran aktif tipe snowball throwing dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang dikenai model cooperative learning melalui metode pembelajaran aktif tipe team quiz. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes kemampuan kognitif dan diberi angket minat siswa mengenai pembelajaran yang sudah dilakukan. Sedangkan pada saat pembelajaran siswa di amati menggunakan lembar pengamatan terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan hasil perhitungan anava satu jalur diperoleh Fhitung = 7,08226 dan  Ftabel = 6,85. Model cooperative learning melalui metode pembelajaran aktif tipe snowball throwing lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Untuk itu model cooperative learning melalui metode pembelajaran aktif tipe snowball throwing perlu terus diterapkan dan dikembangkan pada materi yang lain agar siswa lebih memahami materi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4