cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
DIMENSI PENDIDIKAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2023): Dimensi Pendidikan" : 5 Documents clear
ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI MI NAHDLATUSSUBBAN PLOSO KARANGTENGAH DEMAK Anggun Nur Insani Suraya; Ferina Agustini; Intan Rahmawati
DIMENSI PENDIDIKAN Vol 19, No 1 (2023): Dimensi Pendidikan
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/dm.v19i1.14953

Abstract

Setiap siswa memiliki cara mereka sendiri dalam belajar dan tentunya memiliki hasil belajar yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan gaya belajar siswa kelas IV terhadap hasil belajar tematik di MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrument penelitian observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak dalam pembelajaran tematik memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestik, serta memiliki hasil belajar yang berbeda walaupun gaya belajar yang dimiliki sama. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan kepada guru kelas supaya memiliki metode pembelajaran yang lebih bervariasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV Anik Wahyuni; Siti Patonah; Mudzanatun Mudzanatun
DIMENSI PENDIDIKAN Vol 19, No 1 (2023): Dimensi Pendidikan
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/dm.v19i1.14945

Abstract

Minat belajar IPA pada siswa masih rendah karena pembelajaran IPA termasuk mata pelajaran yang dirasa cukup sukar bagi siswa, hal tersebut yang mendorong para guru untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran. Media pembelajaran pop-up book dapat digunakan untuk membuat siswa tertarik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gaji 1. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest – Posttest Design. Dalam penelitian ini populasinya menggunakan kelas IV SD Negeri Gaji 1 dengan jumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini penggunaan media pop-up book dapat membuat minat belajar siswa meningkat dibuktikan dengan nilai pretest dan posttest dari yang tidak memperhatikan guru dan asik sendiri di dalam kelas kemudian memperhatikan guru ketika guru sedang menjelaskan materi, sehingga berdampak baik untuk meningkatkan minat belajar, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book efektif terhadap minat belajar peserta didik pada materi sumber daya alam kelas IV.
Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok (BKP) dengan Menggunakan Teknik Shaping untuk Siswa Kelas VIII oleh Guru BK SMP Negeri 2 Sayung Elsye Choirul Ummah
DIMENSI PENDIDIKAN Vol 19, No 1 (2023): Dimensi Pendidikan
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/dm.v19i1.14719

Abstract

Layanan bimbingan kelompok telah dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sayung dengan menggunakan teknik Shaping untuk siswa kelas VIII oleh Guru BK SMP Negeri 2 Sayung dengan 10 siswa sebagai subjek penelitian berdasarkan Anekdot Kejadian Siswa Kelas VIII. Layanan bimbingan kelompok dilaksanakan dalam 2 X waktu, yakni Bimbingan Kelompok I dengan topik Membentuk Kedisiplinan Siswa dan Bimbingan Kelompok II dengan topik Motivasi Belajar Siswa. Layanan Bimbingan Kelompok dilaksanakan dengan enam tahap kegiatan, yakni Tahap Persiapan/Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Evaluasi, Tahap Analisis Hasil Evaluasi, Tahap Tindak Lanjut dan Tahap Laporan. Melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Shaping dapat meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sayung pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 mencapai hasil yang maksimal.Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok (BKP), Teknik Shaping
Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo 1 Demak Rizqi Kurnia Rizqi
DIMENSI PENDIDIKAN Vol 19, No 1 (2023): Dimensi Pendidikan
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/dm.v19i1.14994

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) ada siswa yang belum mengenal huruf, (2) ada siswa yang belum lancar membaca, (3) ada siswa yang mengeja saat membaca, (4) ada siswa yang diam saat disuruh untuk membaca. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kemampuan membaca permulaan kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tlogorejo Demak dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tlogorejo Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan siswa kelas II, guru kelas II, dan orangtua siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo 1 Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo 1 Demak yang berjumlah berjumlah 33 siswa, 12 diantaranya sudah mampu membaca dengan lancar, 16 diantaranya mampu membaca tetapi kurang lancar, dan 5 diantaranya belum mampu membaca dengan tepat dan lancar.
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN SENDANGGUWO 02 KOTA SEMARANG Rani Aulia Rahma
DIMENSI PENDIDIKAN Vol 19, No 1 (2023): Dimensi Pendidikan
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/dm.v19i1.15236

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang belum optimal pada materi IPAS peserta didik kelas IV SDN Sendagguwo 02 Kota Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Project Based Learning pada hasil belajar IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah eksperimen, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain pre-experimental berupa one-group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Project Based Learning efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih baik yang diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning karena peran siswa lebih aktif, bervariasi, dan inovatif di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan kepada guru yaitu model Project Based Learningdapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru karena sebagai inovasi agar dapat menumbuhkan suasana belajar menjadi aktif, menyenangkan, dan efektif sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Kemudian bagi peneliti lain dapat menggunakan variasi media pembelajaran yang lain  agar hasil penelitian tentang Model Project Based Learning yang lebih bervariasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5