cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 2088411     EISSN : 25282891     DOI : https://doi.org/10.31947
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011" : 11 Documents clear
EFEK EKSPLOITASI MEDIA MASSA TERHADAP POPULARITAS PRESIDEN AMERIKA SERIKAT BARACK OBAMA DI KALANGAN AKTIVIS MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR Kartika, Nanda Sukmawati
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media massa terhadap isu populeritas Obama dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat dari tahun 2009 hingga 2013, dan pengaruh berita-berita yang dieksploitasi terhadap pendapat para aktivis mahasiswa di Makassar.  Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif  melalui analisis data yang direduksi, dipresentasikan, dan disimpulkan yang diperoleh darin hasil interview. Para informan adalah para mahasiswa dari Universitas Hasanuddin, Universitas Muslem Indonesia, Universitas 45, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Unit analisisnya adalah berita-berita media massa tentang Obama dari pertengahan tahun 2008 sampai awal tahun 2009 dan tipe issu yang menyangkut tentang identitas ras Obama, latar belakang kehidupan Obama, Pandangan dunia Islam, dan masa anak-anak Obama di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan media massa memiliki pengaruh yang signifikan meski dalam jumlah kecil kapan saja masyarakat memperoleh informasi  secara kontinyu. Penelitian ini juga menemukan bahwa media massa memiliki pengaruh yang kuat terhadap pendapat para aktivis mahasiswa misalnyta dari televisi, internet, dan surat kabar. Dari aspek kategori sosial terhadap pendapat para aktivis mahasiswa cenderung sama terhadap pengaruh media.ABSTRACTThis research aims to find out the effect of mass media on the siginificant of issues of Obama’s popularity in the US President election from 2009 to 2013 and the effect of news exploitation in the form of student activist’s opinion in Makassar. This research was descriptive qualitative study through analysis of data reductiuon, data presentation, and data conclusion obtained through interview. The informans were student from Hasanuddin University, Indonesian Moslem University, 45 University, Makassar State University, Alauddin State Islamic University of Makassar. The unit of analysis were mass media news on Obama from mid 2008 to early 2009 and types of issues on Obama’s racial identity, Obama background, and Moslem world, Obama’s childhood in Indonesia. The result show that mass media have a significant effect even in a small amount when the public was informed continually . It is also found that certain mass media give strong effect to student activist’s opinion such as television, internet, and newspaper. Then social categories in sama level in this case Makassar student activist’s tent to have similar response to media effect. 
TINJAUAN HUKUM MEDIA MASSA TERHADAP PENGGUNAAN SOFTWARE BAJAKAN DI KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR Sari, Maya; Nadjib, Muhammad
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dimaksudkan untuk memahami tanggapan dan kekuatan hukum-hukum media massa, termasuk pelanggaran terhadap etika komunikasi diantara para  mahasiswa, dan juga tindakan pencegahannya. Penelelitian dilakukan dengan beberapa mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Informan di;pilih dengan cara purposive sampling, dan metode yang duigunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan pengeumpulan data dilapangan melalui pengamatan, wawancara mendalam, kwesioner, dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif dariu Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa asebagian besar mahasiswa di Makassar mememiliki pemahaman terhadap kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, termasuk pembajakan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mereka adalay mayoritas sebagai pemakai. Lebih jauh penelitian ini menemukan bahwa banyak dari mereka masih menggunakan perangkat lunak (program) bajakan,  dan juga pembajakan yang dilakukan oleh dirinya dengan berbagai alasan, misalnya karena factor harga, gampang mendapatkan, keperluan, dan kurangnya pengawasan dan salah pemakaian. Dari pengalaman ini maka semua elemen yang berkaitan dengan kesalahan pemakaian program bajakan memerlukan perhatian untuk dibicarakan apakah hukum-hukum yang sudah ada perlu direvisi atau diformulasi dengan hukum-hukum baru yang mengatur semua aktivitas dalam dunia maya. Dengan demikian sosialisasi  kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dapat memberi pengaruh dalam tindakan dalam hubungannya dengan pengembangan hukum dalam mendukung pengadaan infrastyruktur agar supaya proses penangannya dapat ditangani dengan cepat. ABSTRACT This research to analyze the understanding, response, and strengthen the laws of mass media including infringement of communication ethics among the students, also precautionary and action to the case. The research is carried out to several students of Laws Faculty of Hasanuddin University. The informants was chosen purposely (purposive sampling), and the method used in colecting data are library research and field research which contain of observation, in depth interview, questionnair, documentation. Data collection analyzed with interactive model of Miles and Huberman. The result of this research indicated that most of people (students) in Makassar have a comprehensive understanding of Information and Communication Technology’s advancement including piracy and the uses of pirated software. Its also shown that they are the majority of active users. However, this research found many of them still use the pirated software, and even pirate the software themselves, with various reasons such as a price, easy to find, needs, and lack of controll and the misuse of their knowledge and ability. So, all the associated elements have to pay more attention and discuss either the recent laws should be revised or formulate the new laws which will regulate whole activities in the cyberspace. Thus, the socialization of information and communication technology advancement effects should be taken as an actual action, related to the development of law enforcer’s infrastructure, in order the process of handling such as case can be taken immediately. 
STRATEGI VIRAL MARKETING IM3 INDOSAT DALAM MENARIK PELANGGAN KAWULA MUDA DI MAKASSAR Sari Wardhanhi, Sartika
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah menggambarkan dampak strategi viral marketing yang dilakukan oleh Marketing IM3 Indosat Makassar terhadap tinggat penjualan. Desain penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku-perilaku yang dapat diamati.Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara maupun studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Viral Marketing yang dilakukan oleh divisi Marketing IM3 Indosat adalah salah satu bentuk strategi marketing baru yang dilakukan oleh Marketing IM3 Indosat Makassar dengan mengirimkan pesan-pesan promo kepada para remaja yang merupakan pelanggan utama dari IM3 melalui fitur broadcast message yang terdapat pada Blackberry dengan menggunakan teknologi Blackberry Internet Service sebagai strategi word of mouth marketing secara online. Memilih media Blackberry adalah suatu hal yang tepat karena smartphone ini paling banyak digunakan oleh kawula muda yang juga merupakan target utama dari pelanggan IM3 Indosat, selain itu Blackberry juga menjadi media yang tepat untuk merepresentasikan perubahan hubungan dari vertical menjadi horizontal antara Perusahaan dan Pelanggan. Startegi viral marketing ini cukup memberikan dampak yang baik secara awareness dan mendukung strategi promosi lain yang juga dilakukan oleh IM3 Indosat Makassar.ABSTRACTThe aim of the study is to describe the effect of viral marketing of Makassar Indosat IM3 team used to increase the sales level. The research approach is  a qualitative analysis which produced a descriptive data such as written word or oral form from obtained from people and their behaviours being observed. The data was obtained from interview and documentation. The result of research indicated that viral marketing strategy by IM3 Indosat Marketing team used is a new form of strategy on marketing world by sending some promotion messages to young people as their main target customers through broadcast messages contained on Blackberry using the Blackberry Internet Service as a word of mouth online strategy. Blackberry was chosen as an effective media because of many young people use them to communicate with others, and  it is a perfect toolwhich represents changes from vertical to horizontal relationship between the company and its customers. The viral marketing strategy is good enough to give some good impacts on promotion awareness and support other promotion strategies by IM3 Indosat marketing team.
INTERNET DAN MASYARAKAT MARGINAL DI KOTA MAKASSAR; STUDI KASUS PEMANFAATAN GALERI INTERNET BBPPKI Djaffar, Rachmawaty; Cangara, Hafied
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK                                                               Penelitian ini dimkasudkan ntuk mengetahui tingkat pengetahuan , pemakaian dan sikap masyarakat marginal  terhadap galeri internet di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informasi Makassar, serta upaya-upaya apa yang dilakukan Badan ini dalam mengatasi rintangan  digital masyarakat marginal di Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengji pengetahuan dan sikap para pemakai marginal di BBPPKI Makassar. Informan penelitian dan informan kuinci ditentukan dengan sengaja memilih yang mengetahui masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancvara mendalam  dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat Marginal terhadap media internet belum maksimum dan masih memerlkan bantuan dari petugas galeri BBPPKI. Dari aspek perubahan diperoleh data bahwa perubahan pengetahuan dan keteramnpilan terjadi sesudah pengunung mendatangi  gallery  dan memperoleh biombiongan secara bebas, sementara perilaku dari pihak BBPPKI  untuk mengatasi rintangan digital ini dengan cara melakukan sosialisasi melalui media komunikasi elektronik, media massa, dan media interpersonal.ABSTRACTThis research aims to know the knowledge and attitudes marginal users gallery internet in Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar in Makassar city and effort BBPPKI  Makassar.in overcoming  the digital gap between city and marginalized  communities in the city Makassar.Method used in the research is a method of qualitative description,to examine knowledge and attitudes marginal users BBPPKI Makassar. Research informants and Key informants deliberately obtained. Than through the observation,data collection is also done through in-depth in terviews with key informants,and informants, and  the study of the document.Results of research show that knowledge  has not been marginalized people maximum and still need help from the employee of internet gallery.From knowledge  of aspects of the changes occurred mainly after the visitors gallery gallery utilize the increased knowledge,because guidance for free while aspects of behavior BBPPKI to overcome the digital gap in the  socialization is done through electronic media,mass media and interpersonal communication. 
STUDI PENDAPAT KONSUMEN TERHADAP BRAND AWARENESS BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE MINUMAN COCA-COLA DI KOTA MAKASSAR Rezkiawaty, Sitti Utami
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengkaji dan menganalisis implementasi strategi PT Coca-Cola Bottling Indonesia Southern Sulawesi dalam menciptakan Brand Awareness, Brand Equity dan Brand Image Produk Minuman Coca-Cola Di Kota Makassar, 2) Untuk menganalisis dan mengkaji pendapat konsumen terhadap Produk Minuman Coca-Cola Di Kota Makassar, 3) Untuk mengkaji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian konsumen terhadap brand awareness, brand equity, brand image produk minuman coca-cola.  Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar dan perusahaan PT. Coca-cola Bottling Indonesia Southern Sulawesi yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah hasil kuesioner pada 4 kecamatan di kota Makassar dan rekaman wawancara dengan 7 orang informan, observasi lapangan, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data eksplanatif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasi starteginya, coca-cola memiliki dua kekuatan kuat untuk menjaga eksistensinya dalam mepertahankan brand awareness, brand equity dan brand image coca-cola yakni kekuatan dalam hal promosi dan kekuatan dalam hal distribusi. brand coca-cola memiliki brand awareness, brand equity dan brand image yang kuat dan melekat dibenak masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini pula ditemukan bahwa penilaian konsumen terhadap brand awareness, brand equity, brand image produk minuman coca-cola sangat dipengaruhi orang-orang terdekat disekitarnya dalam hal ini adalah keluarga dan teman-teman. Selain faktor lingkungan terdekat, penilaian konsumen juga muncul dari iklan-iklan coca-cola yang ada di media.  ABSTRACTThe aims of the research are to find out (1) the implementation of the strategy of PT Coca-Cola bottling Indonesia southern Sulawesi in creating brand awareness, brand equity and brand image of coca-cola beverages in the city of Makassar, (2) the consumer opinion about coca-cola beverage product in the city of Makassar, (3) the factors that influence consumer ratings of brand awareness, brand equity, brand image coca-cola beverage products. The research was a descriptive quantitative study conducted in Coca-cola Company in Makassar located on Jl. Perintis Kemerdekaan. The methods of obtaining the data were questionnaire results in the fourth district in Makassar, recording interview with 7 informants, observation, documentation, and literature study. The data were analyzed by explanative data analysis techniques of quantitative and qualitative.The results of the research reveal that on the implementation strategy, coca-cola has two strong forces in maintaining the existence and maintaining brand awareness, brand equity and brand image of the product, they are the power in term of promotions and the power in term of distribution. In this study also found that the assessment of brand awareness, brand equity and brand image of coca-cola strongly influenced by family and friends. In addition, consumers assessment also emerged from the coca-cola ads in the media 
KERUKUNAN KELUARGA SULAWESI SELATAN (KKSS) SEBAGAI FORUM KOMUNIKASI DALAM PENYELESAIN KONFLIK ETNIS DI KOTA PALU Attamimi, Ulfah; Hasrullah, Hasrullah
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui fungsi KKSS sebagai forum komunikasi dalam penyelesaian konflik etnis di kota Palu, 2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat KKSS sebagai forum komunikasi dalam penyelesaian konfli etnis di kota Palu.Pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan diskusi kelompok berfokus. Selanjutnya data yang didapat dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelesaian konflik antara Bugis dan Kaili di kota Palu, KKSS cabang kota  Palu menggunakan komunikasi kelompok dan komunikasi antarpribadi. Selain itu peran tokoh masyarakat dalam penyelesaian konflik Bugis dan Kaili juga sangat berpengaruh. Hambatan yang dihadapi KKSS cabang kota Palu dapat diatasi dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara pengurus, pemerintah dan tokoh masyarakat Bugis maupun tokoh masyarakat Kaili.ABSTRACTThis study aims to: 1) understanding the function of KKSS as a forum for communication in the resolution of ethnic conflicts of Bugis and Kaili in Palu city, 2) understanding the factors that support and inhibit KKSS as a forum of communication in the resolution of ethnic conflicts of Bugis and Kaili in Palu city.Data collection used interviews, observation, documentation and Focus Group Discussion (FGD). The data was analysed using descriptive qualitative analysis techniques.The result showed that in the resolution of the conflict between Bugis and Kaili in Palu, KKSS Palu used group communication and interpersonal commnunication. In addition, the role of community leaders in resolving the conflict of Bugis-Kaili is also very influential. Barriers that is faced by the KKSS of Palu can be overcome by good communications between KKSS committee, local government and community leaders of Bugis and Kaili. 
PEMANFAATAN JARINGAN KOMUNIKASI DALAM REKRUTMEN KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SULAWESI SELATAN Sidiq, Muhammad Syahban; Cangara, Hafied; Unde, Andi Alimuddin
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan mengkaji tentang pemanfaatan jaringan komunikasi dalam rekrutmen kader Partai Keadilan Sejahtera Sulawesi Selatan. Fokus penelitian ini berorientasi pada analisis model jaringan komunikasi, proses komunikasi dalam jaringan, pemanfaatan jaringan komunikasi, dan faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemanfaatan jaringan komunikasi dalam rekrutmen kader PKS.  Penelitian ini merupakan studi jaringan komunikasi yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model jaringan komunikasi dalam rekrutmen kader PKS Sulsel dikembangkan dengan pola linear menggunakan kekuatan jaringan kader partai untuk menyentuh semua kalangan masyarakat. Proses pemanfaatan jaringan dimulai dengan sebelumnya membangun hubungan komunikasi yang efektif dalam jaringan. Pemanfaatan jaringan komunikasi ditingkatan kader partai pada umumnya diarahkan pada pembangunan jaringan komunikasi yang baru dimasyarakat. Pemanfaatan jaringan komunikasi dalam rekrutmen kader PKS Sulsel sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah faktor pemahaman kader. Untuk itu, penting keberadaan sarana tarbiyah bagi PKS sebagai basis pembentukan pemahaman dan kepribadian kader terekrut.     ABSTRACTThe aims of the research are to develop and to study the utilization of communication network in the recruitment of cadres of Partai Keadilan Sejahtera of South Sulawesi. The focus of the study is oriented towards communication network model analysis, communication process in the network, utilization of communication network, and factors affecting the effectiveness of communication network utilization in the recruitment of cadres of PKS.  This study is a descriptive qualitative study on communication network.  Data collection was conducted through observation and interviews.  The results of the research indicated that communication network model in the recruitment of cadres of Partai Keadilan Sosial of South Sulawesi developed in linear pattern using the party cadres’ network strength to touch upon the entire society.  Network utilization process begins with developing an effective communication channel in the network.  Utilization of communication network in the cadre level is proposed for new community communication network.  Utilization of communication network in recruitment of PKS cadres in South Sulawesi is very much influenced by many factors.  One among other determinant factors is the cadres’ knowledge and therefore an education process is required for PKS cadres as a base for gaining knowledge and good conduct.
ANALISIS KAMPANYE POLITIK TERHADAP SIKAP PEMILIH PNS KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SOPPENG PADA PILKADA TAHUN 2005 Marwis, Marwis
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk kampanye politik yang dilakukan calon kepala daerah, dan menjelaskan faktor-faktor  yang memengaruhi sikap pemilih pegawai negeri sipil kantor sekretariat daerah Kabupaten Soppeng untuk selanjutnya dapat menentukan sikap sebagai warga negara yang memiliki hak pilih pada pilkada Tahun 2005. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Karena besarnya jumlah populasi Pegawai Negeri Sipil, sehingga populasi sasaran hanya yang berkantor di Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng. Hal ini sekaligus menjadi sampel keseluruhan   responden dengan teknik penarikan sampling purposif, yaitu sampel dipilih berdasarkan kriteria dan pertimbangan-pertimbangan tertentu dari penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sikap pemilih pegawai negeri sipil kantor sekretariat daerah Kab. Soppeng lebih tertarik kepada bentuk komunikasi interpersonal dibandingkan komunikasi massa yang dilakukan para calon kepala daerah bersama tim suksesnya. (2)    Faktor-faktor yang dominan memengaruhi dalam menentukan sikap pada pilkada Kabupaten Soppeng, yakni, aspek kepentingan karir, kredibilitas /pencitraan kandidat, program yang ditawarkan kandidat, efektifitas informasi/kampanye, pengaruh keluarga, tetangga,teman sejawat dan terakhir faktor lainnya seperti keinginan sendiri tanpa target tertentu. (3) Terkait sikap dalam memilih pada pelaksanaan pilkada Tahun 2005 lalu, sebanyak 32% menyalurkan hak suaranya kepada pasangan calon A. Soetomo dan A. Sarimin Saransi, disusul 30,0% responden memberikan sikap politiknya ke A.Harta Sanjaya dan Syarifuddin Rauf. Ketiga 12,9% responden ke pasangan A.Munarfah Mappu dan A.Rizal Mappatunru,  dan keempat 2,9% untuk  pasangan Bismirkin dan Burhanuddin Tajang.  ABSTRACT This research aimed to knowing the form of the political campaign that was carried out by the prospective district head with the team of the success, and explained factors that influence the attitude politics the voter of the area of the Soppeng Regency of the civil servant of the secretariats office henceforth could determine his attitude as the citizen who had the right to vote in Pilkada in 2005. The method used in this research is descriptive-qualitative method. Population of respondents are taken by using quota sampling that is a technical sample collection based on the certain quantity to each levels and then to analyze whotever till to fulfill the quantity.  Results of the research showed that 1. Attitudes the voter of the area of the regency of the civil servant of the secretariats office soppeng more was interested to the form of communication interpersonal was compared by mass communication that was carried out by the prospective district heads with the team of the success. 2. Dominant factors influenced in distributing his attitude in pilkada: the interests carier, the credibility/branding candidate, the program that was offered candidate, the effectiveness of information/campaign, the influence family, neighboards, friends the colleague and finally the other factor like the wish personally without the certain goal. 3. It was related that his attitude in the implementation pilkada last 2005, as many as 32% distributed his voting rights to the couple A.Soetomo and A.Sarimin Saransi, was followed 30.0% the respondent stated his attitude to A.Harta Sanjaya and Syarifuddin Rauf. Thirdly, 12.9% the respondent to the couple A.Munarfah Mappu and A.Rizal Mappatunru now the last level of the choice of the respondent totalling 2.9% for the couple Bismirkin and Burhanuddin Tajang.
EFEK BLACKBERRY SEBAGAI MEDIA BARU DALAM MEMBANGUN KONSEP DIRI PELAJAR SMP NEGERI 06 MAKASSAR Susilawaty, Fera Tri
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek yang ditimbulkan Blackberry  serta menganalisa konsep diri yang ditimbulkan oleh efek Blackberry dalam diri pelajar SMP Neg 06 Makassar. Dalam penelitian ini, yang menjadi informan adalah sepuluh orang pelajar putri dan sepuluh orang pelajar putra yang sudah memiliki kriteria yang ditentukan oleh penulis. penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efek blackberry antara pelajar putri dan pelajar putra dimana pelaja putri menerima efek yang lebih besar dbanding pelajar putra.Penerimaan efek yang lebih besar membangun konsep diri pelajar putri cenderung terbangun dan kearah yang posiif sebaliknya efek yang kecil menjadikan konsep diri pelajar putra tidak terbangun. ABSTRACT The aim of the study is to determine the effects of blackberry and analyze the concept of self inflected by the effects of blackberry in Junior High School students of SMP Neg. 06 Makassar. The informans of this research are ten male and female students whose have special criteria by writers has decided. The result indicated that there is a deifference between students receive greater effect than male students. Of which the female students receive greater effects than male students. Greater effect on female students in building their self concept tends to develop to a positive effect, meanwhile the smaller effect on male students tend to make their self concept undevelop.
HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI SEKOTA BAU-BAU La Firlaz, Deltu
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011
Publisher : KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKStrategi komunikasi pembelajaran merupakan suatu perencanaan yang baik dalam proses interaksi belajar dengan melibatkan semua factor-faktor  belajar, apakah itu guru, siswa, sumber-sumber belajar, peralatan, fasilitas, dan lingkungan beklajar untuk mencapai hasil belajar yang optimum. Untuk itu, semua factor itu tidak dapat dipisahkan dari kemampuan guru dalam berkomunikasi. Meskipun memakai strategi pembelajaran yang baik tetapi jika tidak bias diimplementasikan, maka sudah btentu hasilnya tidak bias dicapai secara optimum. Dalam kasus ini, guru sedapat mungkin bias berkomunikasi sehinghga  para siswa dapat memahami pikiran-pikirannya, apakah itu disampaikan dalam bentuk lisan, tertulis, dan bahasa tubuh. Dalam mengimplementasikan suatu strategi komunikasi pembelajaran,  para guru diharapkan dapat memiliki kemampuan berkomunikasi yang bisa mendorong pencapaian belajar para siswa. ABSTRACTCommunication learning strategy is a good planning in a process learning interaction which involving as organized all learning factors whether to teachers, students, learning sources, tools, facilities, and learning environment to achieve learning goal as optimum. Therefore, those all are not separated from teachers’ ability in communicating. Even though  it is a good learning strategy but if it not good implemented, so that it can not get optimum result. In this case, teacher should be well communicated and make his ideas and feelings known to his student, whether oral language, writing language, and body language. Hopefully, in implementing a good quality of learning communication strategy and encouraging teachers’ communication ability will improve students’ learning achievement. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Volume 12 No. 1 Januari-Juni 2023 Volume 11 No. 2 Juli-Desember 2022 Volume 11 No. 1 Januari-Juni 2022 Volume 10 No. 2 Juli-Desember 2021 Volume 10 No. 1 Januari-Juni 2021 Vol. 9 No. 2 Juli - Desember 2020 Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2020 Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2020 Vol. 8 No. 2 Juli - Desember 2019 Vol. 8 No. 1 Januari – Juni 2019 Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018 Vol.7 No.1 Januari - Juni 2018 Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017 Vol.6 No.1 Januari - Juni 2017 Vol.5 No.2 Juli - Desember 2016 Vol.5 No.1 Januari - Juni 2016 Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015 Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015 Vol.4 No.3 Juli - September 2015 Vol.4 No.3 Juli - September 2015 Vol.4 No.2 April - Juni 2015 Vol.4 No.2 April - Juni 2015 Vol.4 No.1 Januari - Maret 2015 Vol.4 No.1 Januari - Maret 2015 Vol.3 No.4 Oktober - Desember 2014 Vol.3 No.4 Oktober - Desember 2014 Vol.3 No.3 Juli - September 2014 Vol.3 No.3 Juli - September 2014 Vol.3 No.2 April - Juni 2014 Vol.3 No.2 April - Juni 2014 Vol.3 No.1 Januari - Maret 2014 Vol.3 No.1 Januari - Maret 2014 Vol.2 No.4 Oktober - Desember 2013 Vol.2 No.4 Oktober - Desember 2013 Vol.2 No.3 Juli - September 2013 Vol.2 No.3 Juli - September 2013 Vol.2 No.2 April - Juni 2013 Vol.2 No.2 April - Juni 2013 Vol.2 No.1 Januari - Maret 2013 Vol.2 No.1 Januari - Maret 2013 Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011 Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011 Vol.1 No.3 Juli - September 2011 Vol.1 No.3 Juli - September 2011 Vol.1 No.2 April - Juni 2011 Vol.1 No.2 April - Juni 2011 Vol.1 No.1 Januari - Maret 2011 Vol.1 No.1 Januari - Maret 2011 More Issue