cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 8 (2021)" : 5 Documents clear
MOTIVASI MEMEDIASI PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT RSUD KABUPATEN KLUNGKUNG Nyoman Yustiana Sumandari; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 8 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i08.p04

Abstract

Kepuasan kerja seseorang dipengaruhi oleh beberapa aspek, yaitu memiliki motivasi serta komitmen profesional yang diperlukan untuk mendorong seorang profesional dalam melakukan pekerjaannya dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dalam melakukan pekerjaan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung dengan 120 perawat PNS sebagai sampel dengan metode penentuan sampel nonprobability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komitmen Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja; Motivasi Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja; Komitmen Profesional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja; serta Komitmen Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Perawat dimediasi Motivasi Kerja. Kata kunci : Komitmen Profesional, Motivasi, Kepuasan Kerja
PENGARUH PERSEPSI KEINFORMATIFAN, HARGA, KEGUNAAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN GO-FOOD Elrio Purnomo Hidayat; Eristia Lidia Paramita
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 8 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i08.p05

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi mengubah perindustrian dunia menjadi semakin futuristik. Dunia industri yang semakin maju menuntut perusahaan untuk berkomitmen dalam upaya memuaskan konsumen. Kepuasan konsumen berperan penting dalam terwujudnya minat pembelian ulang. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh empat faktor persepsi penting terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen pada aplikasi Go-Food. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara online dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi harga dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan persepsi keinformatifan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan. Kata kunci: Persepsi Keinformatifan; Persepsi Harga; TAM; Kepuasan Konsumen; Minat Pembelian Ulang
DAMPAK PENGUMUMAN PENURUNAN HARGA BBM TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM IDX30 Ni Komang Mega Sri Utami; Ida Bagus Anom Purbawangsa
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 8 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i08.p01

Abstract

Salah satu informasi yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia adalah kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengumuman penurunan harga BBM dapat menciptakan perolehan Abnormal return yang signifikan sebelum, saat dan sesudah pengumuman penurunan harga BBM tanggal 31 januari 2020. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang masuk dalam IDX30 dengan menggunakan metode sensus mendapatkan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan. Periode jendela peristiwa yang digunakan yaitu selama 11 hari (lima hari sebelum, hari h, lima hari sesudah) dengan teknik analisis data one sample t-test untuk menguji signifikansi Abnormal return sebelum, saat dan sesudah peristiwa. Berdasarkan hasil uji one sample t-test menunjukkan hasil bahwa tidak terdapatnya Abnormal return yang signifikan selama periode peristiwa sehingga tidak terjadi reaksi pasar disekitaran periode pengumuman penurunan harga BBM Kata kunci: Pengumuman penurunan harga BBM, Abnormal return, event study.
KOMBINASI PRODUKSI OPTIMAL PADA PRODUK UD. SERAYU PEJATEN TABANAN I Putu Pujanam Surya Buana; Ni Ketut Purnawati
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 8 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i08.p02

Abstract

Perencanaan produksi merupakan rangkaian aktivitas untuk menentukan dari beberapa jenis produk dengan input yang sama untuk memenuhi permintaan konsumen. Produksi yang optimal menghasilkan keuntungan yang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kombinasi produksi yang optimal pada UD. Serayu di Desa Pejaten, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini menggunakan analisis linear programming. Berdasarkan hasil analisis linear programming dengan bantuan software POMQM for Windows didapatkan hasil untuk kombinasi produksi optimal perusahaan adalah 30,000 biji, Terakota Bata 4,536 biji, Genteng Press 24,600 biji dan Bubungan 20,400 biji. Laba bersih yang dihasilkan oleh UD. Serayu dalam produksi selama satu bulan adalah Rp.71,208,038.02 sedangkan laba bersih yang dihasilkan berproduksi pada jumlah kombinasi produk optimal adalah sebesar Rp.75,849,726.02. Analisis linear programming membantu perusahaan dalam menentukan kombinasi produksi optimal dengan adanya sumber daya yang terbatas dan analisis perhitungan laba bersih untuk membandingkan laba usaha sebelum dan sesudah kombinasi produksi optimal. Kata kunci : optimalisasi produksi, linear programming, laba maksimal
MARKET OVERREACTION PADA IDX 30 (PERIODE PENELITIAN 2016-2019) I Gusti Agung Egitha Satria; I Putu Yadnya
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 8 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i08.p03

Abstract

Ketersediaan informasi yang relevan pada suatu pasar modal khususnya pada sekuritas yang diperdagangkan sangatlah penting bagi investor, sehingga pasar modal dapat dikatakan efisien. Karakteristik investor dapat mengakibatkan pergerakan harga saham. Investor yang bersifat irasional dalam berinvestasi dapat menyebabkan terjadinya makret overreaction. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan market overreaction pada IDX 30 periode penelitian 2016-2019. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan mendapat sampel sebanyak 17 dari 45 populasi perusahaan yang terdaftar pada indeks IDX 30 selama 8 semester. Penelitian ini menggunakan abnormal returns winner, loser, dan loser-winner sebagai variabel penelitian. Pengujian statsitik untuk menguji perbedaan kumulasi rata-rata abnormal return saham winner, loser, dan loser-winner dengan menggunakan uji one sample t-test. Hasil penelitian ini menemukan gejala market overreaction pada ACAR portofolio winner, loser, dan ACAR loser-winner yang ditunjukkan dengan adanya pembalik harga (Price Reversal) pada setiap ACAR, namun pengujian signifikansi one sample t-test menunjukkan market overreaction yang terjadi tidaklah signifikan, yang ditunjukkan oleh t-hitung < t-tabel. Kata kunci: Market overreaction, Efisiensi Pasar, Price Reversal, Anomali Winner-Loser

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue