cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 12 (2022)" : 6 Documents clear
ANALISIS PERANAN KOREAN WAVE TERHADAP DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM KONTEKS INOVASI BISNIS BERKELANJUTAN Meichya Nirmala Putri; Afrianti Elsye Vanomy
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 12 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p04

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Korean Wave terhadap diversifikasi produk dalam konteks inovasi bisnis berkelanjutan bagi UMKM di Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara bersama lima UMKM dalam kategori komoditas kuliner, pakaian dan kecantikan yang telah dipilih sesuai kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau content analysis untuk menganalisa data wawancara secara keseluruhan diikuti kegiatan triangulasi dengan studi dokumen untuk mendukung keakuratan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena Korean Wave merupakan fenomena unik dengan pangsa pasar yang masih sangat tinggi di Kota Batam bersama faktor peranannya melahirkan peluang usaha kepada para pelaku UMKM di Kota Batam untuk melakukan upaya diversifikasi produk baik secara horizontal maupun vertikal dengan tujuan inovasi pengembangan usaha dan pencapaian keberlanjutan usaha baik dari aspek ekonomi, sosial maupun lingkungan. Kata kunci: Korean Wave; Diversifikasi Produk; Inovasi; Bisnis Berkelanjutan; UMKM
HUBUNGAN UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, INTERNASIONALISASI, PENGELUARAN CSR DENGAN KINERJA PERUSAHAAN Erna Widiastuty; Rahmat Febrianto
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 12 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p05

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah ukuran perusahaan, profitabilitas, internasionalisasi berhubungan dengan pengeluaran CSR perusahaan. Tujuan kedua yaitu memberikan bukti empiris bahwa pengeluaran CSR perusahaan berhubungan dengan kinerja perusahaan. Sampel terdiri dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia perioda tahun 2010-2019 dengan total sampel yaitu 341. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini memberikan dua bukti. Pertama ukuran perusahaan dan profitabilitas berhubungan positif dan signifikan secara statistik dengan pengeluaran CSR perusahaan. Sebaliknya, internasionalisasi berhubungan negatif dengan pengeluaran CSR. Kedua, pengeluaran CSR berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja perusahaan di masa depan. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pengeluaran CSR berhubungan dengan kinerja keuangan perusahaan dan pengeluaran ini mungkin saja menjadi sinyal kinerja di masa depan. Kata kunci; ukuran perusahaan; profitabilitas; internasionalisasi; pengeluaran CSR; kinerja perusahaan
PENGARUH SELF-EFFICACY, RISK-TAKING, DAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA MANAJEMEN DI UNIVERSITAS SWASTA DI TANGERANG Patricia Patricia; William Saputra
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 12 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p03

Abstract

Jumlah wirausaha di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. Itu sebabnya, niat berwirausaha diperlukan agar semakin banyak orang yang memutuskan untuk menjadi wirausahawan dan dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi serta menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan di Indonesia. Salah satu cara menumbuhkan niat berwirausaha adalah melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, risk-taking, dan lingkungan universitas terhadap niat berwirausaha mahasiswa manajemen. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan alat statistik Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner kepada 357 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa self-efficacy dan lingkungan universitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Sedangkan risk-taking tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat berwirausaha di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Self-Efficacy; Risk-Taking; Lingkungan Universitas; Niat Berwirausaha; Kewirausahaan
PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL I Wayan Sucipta Wibawa; Ni Kadek Nonik Rasminingsih; Putu Ari Pertiwi Sanjiwani
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 12 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p02

Abstract

komitmen organisasional yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap komitmen organisasional, penelitian dilakukan di LPD Desa Adat Tegal Darmasaba, Kec. Abiansemal. Kab. Badung. Jumlah sampel adalah 40 orang karyawan yang ditentukan dengan metode sensus. Pengumpulan data dengan kuesioner yang menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), dan uji VAF untuk menguji mediasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya kecerdasan emosional memberikan pengaruh positif ke komitmen organisasional, kepuasan kerja memberikan pengaruh positif ke komitmen organisasional, kecerdasan emosional memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan kepuasan kerja mampu memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap komitmen organisasional. Temuan pada penelitian ini memberikan implikasi bahwa untuk meningkatkan komitmen organisasional karyawan, organisasi diharapkan aktif melakukan pendekatan pada karyawan untuk mengetahui masalah-masalah yang sedang dihadapi, sehingga rekan kerja maupun organisasi mampu memberikan solusi ketika karyawan tidak bisa mengendalikan emosinya. Kata kunci: Kecerdasan Emosional; Kepuasan Kerja; Komitmen Organisasional.
PENGARUH LAYOUT TOKO, VISUAL MERCHANDISING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. FENNY DENPASAR Asyifa Khaerunisa Banjar; Kastawan Mandala
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 12 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p06

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk sehari-hari memunculkan banyaknya bisnis baru yang menawarkan berbagai macam item sesuai dengan keinginan konsumen. Hal tersebut memicu perusahaan untuk terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan kesuksesan perusahaan. Layout toko, visual merchandising, dan service quality merupakan faktor yang memiliki peluang besar dalam memenuhi kepuasan konsumen dimana hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layout toko, visual merchandising dan service quality terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di CV Fenny Denpasar dengan 110 responden melalui purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner. teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Layout toko berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Visual merchandising berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Service quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian tersebut menegaskan bahwa untuk meningkatkan kepuasan konsumen maka perusahaan diharapkan mampu untuk memperbaiki penataan layout toko, meningkatkan visual merchandising serta meningkatkan service quality yang ada pada toko. Kata kunci: layout toko; visual merchandising; service quality; kepuasan konsumen
KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN CV. PRX DENPASAR luh deviana angi nurfayani; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 12 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i12.p01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh perceived organizational support terhadap komitmen organisasional karyawan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 50 karyawan CV. PRX Denpasar melalui metode sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, dan kepuasan kerja memediasi secara parsial pengaruh perceived organizational support terhadap komitmen organisasional. Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap manajemen CV. PRX Denpasar untuk lebih memperhatikan indikatorindikator perceived organizational support dan kepuasan kerja agar dapat meningkatkan komitmen organisasional karyawan. Kata kunci: Perceived Organizational Support; Kepuasan Kerja; Komitmen Organisasional

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue