cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 9 (2022)" : 7 Documents clear
CO-CREATION MARKETING PADA KEPUASAN MERCHANT GOFOOD BY GOJEK INDONESIA Aditya Radityatama
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh co-creation yang terdiri dari Dialogue, Access To Information, Risk Assessment dan Transparency atau DART model terhadap perceived value dan satisfaction dari merchantGoFood. Co-creationmerupakan prosedur untuk membuat layanan melalui hasil masukan dari pelanggan untuk mendukung proses inovasi yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM di Kota Surabayadan aktif menjadi merchant GoFood. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 320 merchant. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan (structural equation model) SEM PLS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dialogue, acces to information, risk assessment, dan transparency berpengaruh positif signifikan terhadap merchant’s perceived value dan merchant’s satisfaction pada layanan GoFood di Kota Surabaya. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa merchant’s perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap merchant’s satisfaction. Merchant’s perceived value dapat memediasi secara parsial pengaruh dialogue, acces to information, risk assessment, dan transparency terhadap merchant’s satisfaction pada layanan GoFood di Kota Surabaya. Hasil ini menjelaskan bahwa aktivitas dialogue, pemberian access to information, risk assessment, dan transparency memiliki peran penting untuk meningkatkan value yang dirasakan oleh merchant dan berdampak pada peningkatan kepuasan mechant. Kata kunci: co-creation, DART model, merchant’s perceived value, dan merchant’s satisfaction
PERAN BRAND LOVE MEMEDIASI PENGARUH BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN KOBER MIE SETAN Ade Mela Dewi Dirayani; Kastawan Mandala
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p01

Abstract

Brand loyalty adalah keterikatan yang dimiliki pelanggan terhadap suatu merek, memotivasi pelanggan untuk menunjukkan perilaku pembelian yang konsisten dari merek yang disukai. Tingginya brand loyalty dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu brand trust dan brand love. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran brand love memediasi pengaruh brand trust terhadap brand loyalty konsumen Kober Mie Setan di Denpasar dengan 120 responden, dengan teknik penentuan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur. Hasil menunjukan bahwa brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love. Brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Brand love memediasi secara parsial pengaruh brand trust terhadap brand loyalty. Kata kunci: brand loyalty, brand trust, brand love
PENGARUH KEPEMIMPINAN, REWARD DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN WARUNG BE SANUR DENPASAR I Gusti Agung Ayu Laksmi Uthari Dhewy; I Gusti Ayu Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p06

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepemimpinan, reward dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan Warung Be Sanur Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 49 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak Warung Be Sanur dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan, reward dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan Warung Be Sanur Denpasar. Penelitian ini juga memberikan pemahaman bahwa kepemimpinan, reward dan motivasi dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan, dengan meningkatkan kepemimpinan, reward dan motivasi maka produktivitas kerja karyawan akan mengalami peningkatan. Kata kunci : kepemimpinan; reward; motivasi; produktivitas kerja karyawan
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Graha Kaori Group Bali) Ni Komang Anik Sri Anggreni; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior melalui komitmen organisasional sebagai variabel mediasi. Berdasarkan hasil wawancara singkat terhadap karyawan Graha Kaori Group di peroleh hasil bahwa karyawan secara umum sudah baik namun masih terdapat kekurangan yang perlu diatasi seperti organizational citizenship behavior belum maksimal. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 88 orang karyawan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis), uji asumsi klasik dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior dan komitmen organisasional, komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior dengan mediasi komitmen organisasional karyawan. Kata kunci: budaya organisasi, organizational citizenship behavior, komitmen organisasional
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NIAT BERPERILAKU (Studi pada Flamingo Bali Family Beach Club) Ni Nyoman Rsi Respati
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p07

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh experiential marketing yang terdiri atas pengalaman sensorik, afektif, kognitif-kreatif, gaya hidup dan pengalaman yang berhubungan dengan budaya terhadap kepuasan dan niat berperilaku pengunjung. Penelitian dilakukan di tempat wisata keluarga Flamingo Bali family beach club di Pantai Saba, Gianyar. Sampel penelitian ini adalah pengunjung domestik yang datang ke Flamingo Bali family beach club sekitar bulan Mei-Juni 2021. Penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sebanyak 88 orang dan menggunakan analisis deskriptif dan metode Partial Least Square (PLS). Skala likert digunakan untuk memperoleh data dan mengukur indikator penelitian ini. Hasil penelitian menjawab keempat hipotesis yang diajukan yaitu; experiential marketing memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan (satisfaction) dan niat berperilaku (behavioral intention); kepuasan memiliki pengaruh positif terhadap niat berperilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan memainkan peranan penting dalam memengaruhi niat berperilaku pengunjung. Penelitian ini memiliki implikasi penting yang berkaitan dengan aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pengunjung seperti: fasilitas playground tempat bermain anak, tampilan makanan dan minuman dan service pramusaji membuat pengunjung bersedia memberikan word of mouth yang positive, menceritakan pengalaman mereka selama berkunjung dan mengajak teman atau kerabat untuk kembali.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN GOJEK DI DENPASAR Jaka Kusuma Hanjaya; Putu Yudi Setiawan
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p03

Abstract

Loyalitas konsumen merupakan kesediaan pelanggan agar senantiasa menggunakan produk perusahaan dalam jangka panjang, menggunakan secara eksklusif, dan merekomendasikan produk-produk perusahaan kepada teman atau rekannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen, pengaruh promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen, dan pengaruh digital marketing terhadap loyalitas konsumen Gojek. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen gojek di Kota Denpasar. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai metode non-probalitity sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 112 orang. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan dengan loyalitas konsumen, pengaruh yang positif dan signifikan promosi penjualan dengan loyalitas konsumen, pengaruh yang positif dan signifikan digital marketing dengan loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini secara praktis dapat menjadi salah satu acuan bagi peneliti lainnnya yang ingin meneliti mengenai kualitas layanan, promosi penjualan, digital marketing, dan loyalitas konsumen. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Promosi Penjualan, Digital Marketing, Loyalitas Konsumen
LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR PENENTUNYA: STUDI KASUS MASYARAKAT DI LABUAN BAJO Ni Wayan Noviana Safitri; Agus Wahyudi
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 9 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p04

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan masyarakat di Labuan Bajo. Kajian ini akan melihat aspek sosial demografi dan ekonomi, serta determinan perilaku keuangan lainnya, untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap literasi keuangan masyarakat Labuan Bajo. Jenis kelamin, usia, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, penggunaan media massa dan internet, dan keberanian mengambil risiko merupakan karakteristik utama yang diteliti dalam penelitian ini. Untuk menilai komponenkomponen yang mempengaruhi literasi keuangan, digunakan cross section pengumpulan data primer. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Labuan Bajo yang berjumlah 6.973 orang per tahun 2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, yang menghasilkan 378 sampel penelitian dengan menggunakan rumus Slovin. Pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap literasi keuangan masyaraka Labuan Bajo ditentukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar tingkat literasi masyarakat Labuan Bajo adalah sedang (49,2 persen). Sementara itu, studi statistik menunjukkan bahwa gender dan mengambil risiko memiliki dampak negatif pada literasi keuangan, sedangkan usia dan pendidikan memiliki dampak yang positif. Literasi keuangan tidak dipengaruhi oleh status perkawinan, pekerjaan, jumlah anggota keluarga, pendapatan, penggunaan internet, atau media. Kata kunci: Literasi Keuangan; Sosio-Demografi; Sosio-Ekonomi

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue