cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 8 (2023)" : 6 Documents clear
PERAN EMOSI POSITIF MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI Putu Krisna Dharma Jaya; I Putu Gde Sukaatmadja
E-Jurnal Manajemen Vol 12 No 8 (2023)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p04

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menjelaskan peran emosi positif dalam memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat pembelian kembali. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, dan subjeknya adalah orang-orang yang pernah membeli produk Fore Coffee sebelumnya. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden dengan teknik non probability sampling, terutama metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner, yang pengumpulannya dilakukan secara online maupun offline. Studi ini menggunakan analisis jalur untuk mengevaluasi pola hubungan antar variabel dan uji Sobel untuk menentukan peran variabel mediasi. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian kembali, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian kembali, dan emosi positif berpengaruh secara parsial dalam memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat pembelian kembali. Fore Coffee diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan emosi positif untuk meningkatkan niat pembelian kembali pelanggan. Memberikan layanan dan penawaran yang lebih baik kepada pelanggan harus dipertimbangkan untuk menumbuhkan perasaan atau emosi yang positif pada pelanggan sehingga mereka ingin membeli kembali. Kata kunci : Kualitas Pelayanan; Emosi Positif; Niat Pembelian Kembali
PENGARUH WORK LIFE BALANCE, KEPUASAN KERJA, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Anak Agung Bayu Adhitarma; I Gusti Ayu Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 12 No 8 (2023)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p05

Abstract

Pesatnya perkembangan persaingan di era globalisasi membuat karyawan diharuskan bekerja lebih ekstra dan juga bekerja lebih giat demi mencapai tujuan organisasi dan demi menempatkan organisasi tersebut di dalam posisi yang dapat bersaing. Timbul suatu ketidakseimbangan dalam work – life balance, rasa tidak puas dalam menyelesaikan pekerjaan, dan tekanan dalam bekerja yang menimbulkan stres kerja yang dapat menurunkan kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh work – life balance, kepuasan kerja, dan stres kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang pegawai yang terdiri dari 49 pegawai ASN dan 76 pegawai Non – ASN dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work – life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Implikasi secara teoritis berdasarkan teori Hierarki Kebutuhan Abraham Malow, menunjukkan bahwa work – life balance merupakan aspek keseimbangan yang dibutuhkan dalam kegiatan sosial manusia, Kepuasan kerja menunjukkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan dari teori tersebut, dan stres kerja merupkaan bentuk gagalnya pegawai dalam menghadapi tekanan dan dalam mengatur waktunya. Implikasi secara praktis dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi manajemen kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kota Denpasar dalam meningkatkan kinerja pegawai dengan mempertimbangkan work - life balance, kepuasan kerja, stres kerja. Kata kunci: Kinerja Pegawai; Work – Life Balance; Kepuasan Kerja; Stres Kerja
PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY FINANCIAL: E-WALLET I Gusti Bagus Ngurah Divta Ananta; Ni Nyoman Rsi Respati
E-Jurnal Manajemen Vol 12 No 8 (2023)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p01

Abstract

Banyaknya perusahaan dalam negeri di industri fintech, menjadikan aplikasi e-wallet masih menjadi primadona untuk solusi cashless di Indonesia. LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server yang merupakan produk dari PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia. Dengan banyaknya persaingan e-wallet di Indonesia, LinkAja harus menetapkan langkah strategi yang efektif agar dapat menciptakan dan menumbuhkan brand loyalty yang positif di benak pengguna LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh brand image, brand satisfaction, dan brand trust terhadap brand loyalty. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan Google form. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand satisfaction berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap brand loyalty, brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Kata kunci: Brand Image; Brand Satisfaction; Brand Trust; Brand Loyalty
PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA INDUSTRI CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA Taesal Ryadi; Nyoman Abundanti
E-Jurnal Manajemen Vol 12 No 8 (2023)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p06

Abstract

Pertumbuhan laba merupakan persentase kenaikan laba yang diperoleh perusahaan. Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada industri Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2022. Sampel yang digunakan sebanyak 11 perusahaan di industri Consumer Goods pada subsektor makanan dan minuman. Rasio keuangan diproksikan oleh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), dan Total Asset Turnover (TAT). Pengujian dilakukan dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan laba dan Return on Asset (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba. Debt to Equity Ratio (DER) dan Total Asset Turnover (TAT) tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwasanya rasio likuiditas dan rasio profitabilitas dapat menjadi determinan prediktor pertumbuhan laba dan dapat menjadi acuan bagi investor untuk mengambil keputusan investasi, serta dapat menjadi acuan perusahaan untuk meningkatkan laba. Kata kunci: Aktivitas; Likuiditas; Pertumbuhan Laba; Profitabilitas; Solvabilitas
PERAN BIAS PERILAKU DALAM MEMEDIASI PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR SOSIODEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM Nyoman Devi Novita Sri Jayati; I Gst. Bgs. Wiksuana; I Made Jatra
E-Jurnal Manajemen Vol 12 No 8 (2023)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p02

Abstract

Investasi merupakan kegiatan ekonomi yang melibatkan penanaman modal secara langsung maupun tidak langsung, sehingga pemiliki modal memiliki kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari modal yang diamankan dimasa yang akan datang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peran yang diimiliki oleh bias perilaku dalam memediasi faktor-faktor pengambilan keputusan investasi saham. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh investor saham di Kota Denpasar, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden berdasarkan teknik purposive sampling. SEM PLS adalah teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplkasi SmartPLS 4.0. Berdasarkan analisis di atas, didapatkan hasil bahwa literasi keuangan, faktor sosiodemogafi, serta bias perilaku berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi saham. Literasi keuangan dan faktor sosiodemografi dapat memepengaruhi bias perilaku investor. Sedangkan, pengaruh literasi keuangan dan faktor sosiodemografi terhadap keputusan investasi tidak dapat pengaruhi oleh bias perilaku secara tidak langsung. Dari penelitian ini, terlihat bahwa dalam membuat keputusan investasi saham, investor Kota Denpasar sudah mempertimbangkan literasi keuangan, faktor sosiodemografi, dan bias perilaku agar terhindar dari risiko investasi. Kata kunci: Bias Perilaku; Literasi keuangan; Faktor Sosiodemografi; Keputusann Investasi.
ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE CAMELS DAN RGEC I Putu Diva Khrisna Aditya; Made Reina Candradewi
E-Jurnal Manajemen Vol 12 No 8 (2023)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p03

Abstract

Sektor Perbankan secara umum mengalami penurunan pertumbuhan akibat Pandemi Covid19, bank BRI menjadi salah satu bank yang terdampak yang dibuktikan dari total aset yang berbanding terbalik dengan laba bersih. Oleh karena itu, penting dilakukannya penilaian tingkat kesehatan bank dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi dalam ketidakpastian ekonomi dan risiko ekonomi yang meningkat akibat Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesehatan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk selama Pandemi Covid-19 dengan Metode CAMELS dan metode RGEC pada tahun 2020-2022. Penelitian ini berjenis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil akhir peringkat komposit masingmasing metode serta menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2020-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dihitung dengan metode CAMELS berada pada kategori Sehat, berbeda dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang dihitung dengan metode RGEC, yang berada pada kategori Sangat Sehat. Perbedaan ini terjadi karena metode RGEC berfokus pada risiko dan prinsip GCG, sedangkan metode CAMELS berfokus pada pencapaian laba. Implikasi Penelitian ini semakin memperkuat ketepatan penggunaan metode Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Berbasis Risiko sebagai standar yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Keterbatasan Penelitian ini yaitu tidak menggunakan indikator sensitivity to market risk dikarenakan keterbatasan sumber data sehingga tidak dapat diperhitungkan dalam menilai tingkat kesehatan bank. Kata Kunci: CAMELS; RGEC; Kesehatan Bank.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue