cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2018)" : 20 Documents clear
PENGARUH ORIENTASI PASAR SERTA INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KINERJA BISNIS Ni Ketut Pertiwi Satwika; Ni Made Wulandari Kusuma Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.19 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p13

Abstract

Kinerja bisnis merupakan faktor yang umum digunakan untuk mengukur dampak dari sebuah strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan. Untuk meningkatkan kinerja, perusahaan perlu menonjolkan keunggulan kompetitif dari produk yang dihasilkan, serta melakukan orientasi pasar dan inovasi agar dapat bertahan dalam persaingan yang ada.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar serta inovasi terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis pada industri furniture di Kabupaten Gianyar. Penelitian ini dilakukan di industri furniture di Kabupaten Gianyar dengan menggunakan 59 perusahaan sebagai responden penelitian. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahteknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji faktor konfirmatori dan analisis jalur (path analysis).Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Hasil penelitian mendukung seluruh hipotesis serta mengindikasikan bahwaorientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif, begitu pula dengan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, begitu pula dengan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis.
PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN, STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BEI Made Yunitri Deviani; Luh Komang Sudjarni
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.929 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p04

Abstract

Competition in the business world encourages financial managers to take decisions carefully, one of which decisions related to capital structure. This study aims to examine the effect of growth rate, asset structure, profitability, and liquidity on the capital structure of mining companies in Indonesia Stock Exchange period 2012-2015 period. This research uses associative design with quantitative approach. Capital structure is calculated by long term debt to equity ratio, asset structure by comparing current assets with fixed assets, profitability is calculated by return on equity, and liquidity is calculated by current ratio. The method used to determine the sample is purposive sampling method with sample size 23 companies. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results showed that partially significant growth rate negatively affect the capital structure, asset structure has a negative but not significant effect on capital structure, and profitability and liquidity have a significant negative effect on capital structure. Keyword:growth, asset structure, profitability, liquidity, capital structure
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Right Issue di BEI Guido Gian Layuk Runtung; I Putu Yadnya
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.763 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p18

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah right issue. Right issue merupakan corporate action yang dilakukan perusahaan dengan cara menerbitkan saham baru yang ditawarkan kepada pemegang saham lama. Pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 perusahaan yang melakukan right issue periode 2011 – 2015. Kinerja keuangan pada akan dianalisis melalui lima rasio keuangan yaitu CR, DER, TAT, ROA, dan PER. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan uji paired sample t test dan uji Wilcoxon signed rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rasio TAT sebelum dan sesudah right issue. Sedangkan hasil penelitian untuk rasio CR, DER, ROA, dan PER menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah right issue. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan dua tahun setelah right issue lebih efisien dalam memanfaatkan aktiva guna meningkatkan penjualan perusahaan.
PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN HEDGING SEBAGAI MEDIASI PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Yohana Mutiara L. Situmeang; Ni Luh Putu Wiagustini
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.174 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p09

Abstract

Nilai perusahaan merupakan nilai yang mempersepsikan keadaan perusahaan yang dapat dicerminkan oleh harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh langsung struktur modal dan kebijakan hedging terhadap nilai perusahaan, serta mengetahui pengaruh tidak langsung struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan hedging sebagai mediasi pada perusahaan BUMN listed tahun 2012-2016. Metode penentuan sampel adalah sensus yaitu meneliti seluruh populasi dan didapatkan sebanyak 12 perusahaan denganmenggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil pengujian: struktur modal memiliki pengaruhsignifikan dengan arah positif terhadap kebijakan hedging; kebijakan hedging berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan; struktur modal berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap nilai perusahaan; dan kebijakan hedging secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh antara struktur modal dan nilai perusahaan.
the role of materialism moderates the perception of value and consumer innovativeness to purchasing decisions (studies on iPhone products in the city of Denpasar) I Putu Risky Adityawan; AA Gede Agung Arta Kusuma
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.984 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran materialisme memoderasi persepsi nilai dan consumer innovaativeness terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Produk iPhone di Kota Denpasar) dengan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 128 orang. Menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah MRA (Moderate Regresion Analysis). Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Consumer innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Materialisme sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh persepsi nilai terhadap keputusan pembelian produk iPhone di Kota Denpasar, dan Materialisme sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh consumer innovativeness terhadap keputusan pembelian produk iPhone di Kota Denpasar. Penting bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan persepsi nilai dan consumer innovativeness konsumen, dengan memperhatikan hal tersebut, produsen akan mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
PENGARUH PAD, DAU DAN DAK TERHADAP BELANJA MODAL KOTA DAN KABUPATEN DI PROVINSI BALI Made Ari Juniawan; Ni Putu Santi Suryantini
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.031 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p05

Abstract

Anggaran Belanja terutama belanja modal dipandang penting karena berkaitan dengan keberlangsungan kegiatan pemerintahan. Belanja Modal merupakan salah satu bagian dari belanja daerah yang digunakan dalam pembelian atau pengadaan aset tetap berwujud yang mempunyai nilai manfaat lebih dari dua belas bulan digunakan dalam pembangunan infrastruktur dan penyediaan fasilitas publik. Pendapatan daerah dan Belanja Modal saling mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal pada Kota dan kabupaten di Provinsi Bali. Populasi penelitian ini adalah seluruh kabupaten dan kota di Provinsi bali, metode yang digunakan dalam penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif terhadap Belanja Modal, Dana Alokasi Umum berpengaruh positif terhadap Belanja Modal, Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif terhadap Belanja Modal..
PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN BARJAZ DI DENPASAR Pebriani Efendi; Kastawan Mandala
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.556 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p19

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang perlu diperhatikan karena menyangkut perasaan senang atau kecewa yang muncul dari pelanggan setelah membandingkan antara persepsi hasil kinerja perusahaan dan harapan-harapannya. Agar pelanggan merasa puas, suatu perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan seperti menerapkan Total Quality Management. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Total Quality Management yang terdiri dari fokus pada pelanggan, obsesi pada kualitas dan kerjasama tim mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Barjaz. Jumlah sample yang diambil sebanyak 170 orang pelanggan Barjaz, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel fokus pada pelanggan, obsesi pada kualitas, dan kerjasama tim secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil pengujian hipotesis uji parsial diketahui bahwa masing-masing variabel fokus pelanggan, obsesi pada kualitas, dan kerjasama tim berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil uji parsial diketahui bahwa variabel fokus pada pelanggan merupakan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.583 menunjukkan bahwa 58,3 persen variasi kepuasan pelanggan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi, sedangkan sisasnya sebesar 41,7 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kepuasan pelanggan, Manajemen operasi, Total Quality Management (TQM)
Pengaruh Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Wahyu Putra Asmara; I Putu Wahyu Putra Asmara
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.658 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel makro ekonomi terhadap IHSG. Penelitian ini dilakukan di BEI pada tahun 2008-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus sampling. Jenis data yang digunakan adalah data time series triwulan yang diperoleh dengan merata-ratakan data dari masing-masing variabel di setiap triwulan. Variabel makro yang digunakan dalam meneliti IHSG ada empat variabel yaitu suku bunga, inflasi, jumlah uang beredar, dan PDB. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji simultan menunjukan bahwa suku bunga, inflasi, jumlah uang beredar, dan PDB secara simultan berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Hasil uji parsial menunjukan bahwa secara parsial inflasi dan PDB tidak berpengaruh signifikan terhadap IHSG, suku bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap IHSG, jumlah uang beredar berpengaruh positif signifikan terhadap IHSG.
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT JENGGALA KERAMIK BALI Rai Mutiara Sari; I Gede Riana
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.902 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p15

Abstract

ABSTRAK Komitmen organisasioanl merupakan keadaan seseorang untuk memihak atau mempertahankan keanggotaannya di dalam suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap komitmen organisasional, untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional di PT Jenggala Keramik Bali. Objek penelitian ini yaitu kompensasi, motivasi kerja dan komitmen organisasional. Populasi sebanyak 146 dan sampel sebanyak 60 karyawan dengan menggunakan pendekatan Slovin. Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional sedangkan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional Kata kunci: kompensasi, motivasi kerja, komitmen organisasional
Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play Ichsan Dwi Armanto
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.07 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p06

Abstract

The development of communications technology in Indonesia is now increasingly sophisticated in the lives of people who use and can not be avoided. Increasing number of people who use the internet media. This study was conducted at PT. Telkom Indonesia Witel Denpasar Tbk aims to determine the effect of service quality dimensions on customer satisfaction with the number of samples of 90 customers, using non-probability sampling method. .The sample type wa chosen using purposive sampling technique. The data were collected through questionnaires. Through the distribution of questionnaires likert scale to measure the quality of service, customer satisfaction. Likert scale used is the range of values 1 to 5. The analysis technique used is multiple regression. Based on the analysis result found that service quality dimension which include physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy have positive and significant effect to customer satisfaction.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue