cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 4 (2019)" : 25 Documents clear
PERAN KEPUASAN MEMEDIASI KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP WOM PADA LAYANAN GO-JEK DI DENPASAR Made Ayu Somantari; Ni Made Rastini
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.558 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap word of mouth (WOM) melalui kepuasan pelanggan sebagai pemediasi. Penelitian dilakukan di kota Denpasar, Bali dengan populasi yang digunakan yaitu seluruh pelanggan layanan transportasi Go-Jek serta ukuran sampel sebesar 100 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur 15 indikator. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis dengan uji asumsi klasik dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM, kepuasan pelanggan secara positif dan siginifikan memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap WOM. Hasil ini menegaskan bahwa perusahaan diharapkan mampu fokus terhadap kualitas pelayanan dan persepsi harga untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mampu menciptakan WOM positif. Kata kunci: kualitas pelayanan, persepsi harga, kepuasan pelanggan, word of mouth
PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH WOM TERHADAP NIAT BELI PRODUK NUTRISI MEREK HERBALIFE Komang Priti Elizabeth Fallo; Ni Wayan Sri Suprapti
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.743 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p12

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis peran citra merek dalam memediasi pengaruh word of mouth terhadap niat beli produk nutrisi merek Herbalife di Kota Denpasar. Sampel ditentukan sebanyak 100 orang dengan teknik non probability sampling. Data primer diperoleh dengan menyebar kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik dekriptif rata-rata hitung serta statistik inferensial berupa analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel word of mouth memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap citra merek, variabel citra merek memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap niat beli, variabel word of mouth memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap niat beli, dan variabel citra merek berperan secara parsial dalam memediasi pengaruh word of mouth terhadap niat beli produk nutrisi merek Herbalife.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUASAN DAN NIAT MENGGUNAKAN KEMBALI Ni Nyoman Adriani; I Gede Ketut Warmika
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.117 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p03

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi nilai terhadap kepuasan dan niat menggunakan kembali. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan melibatkan 115 orang responden melalui metode non-probability sampling. Data dikumpulkan dengan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys) dan uji sobel dengan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa seluruh hipotesis diterima. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali, persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali, kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas pelayanan dengan niat menggunakan kembali, kepuasan pelanggan memediasi pengaruh persepsi nilai dengan niat menggunakan kembali. Kata kunci: kualitas pelayanan, persepsi nilai, kepuasan dan niat menggunakan kembali
REAKSI PASAR TERHADAP PERISTIWA STOCK SPLIT DI BURSA EFEK INDONESIA I Putu Purwata; I Gst. Bgs Wiksuana
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.812 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p17

Abstract

This study aims to determine the market reaction to stock split events measured by observing the difference in abnormal return (AR) and trading volume activity (TVA) between before and after the stock split event. This study uses an event study approach with an observation period of 10 days before the stock split event, one day the stock split event, and 10 days after the stock split event. Secondary data is obtained on the IDX. The sample in this study were 43 companies that conducted a stock split in 2015 to 2017. The data collection methods used in this study were secondary data in the form of stock prices, joint stock price index and stock trading volume. Furthermore, the hypothesis test used is the Wilcoxon Signed Rank Test using the SPSS version 24 program. The conclusion of this study is that there is a market reaction that occurs, there is a significant difference between the abnormal return (AR) and trading volume activity (TVA) before and after the event stock split. Keywords: market reaction, stock split, abnormal return, trading volume activity.
PENGARUH NPL DAN LDR TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN CAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA LPD KOTA DENPASAR Nanik Sri Dwi Wulandari; I.B.A Purbawangsa
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.232 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p08

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh NPL dan LDR terhadap CAR, serta untuk menganalisis pengaruh NPL, LDR, dan CAR terhadap profitabilitas pada LPD di Kota Denpasar. Populasi yang digunakan adalah LPD se-Kota Denpasar sebanyak 35 LPD. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan kriteria yakni LPD se-Kota Denpasar yang masih aktif, sehingga sampel penelitian yaitu berjumlah 33 LPD. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji bagaimana pengaruh NPL dan LDR terhadap profitabilitas dengan CAR sebagai variabel mediasi adalah teknik analisis jalur atau path analysis. Sebelum melakukan analisis jalur tersebut, maka terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa NPL tidak berpengaruh signifikan pada CAR, LDR berpengaruh negatif dan signifikan pada CAR, NPL berpengaruh negatif dan signifikan pada profitabilitas, LDR dan CAR berpengaruh positif dan signifikan pada profitabilitas LPD di Kota Denpasar. Kata kunci: NPL, LDR, CAR, Profitabilitas
PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI KOPI ARABIKA PADA UD. CIPTA LESTARI DI DESA PUJUNGAN I Gusti Ayu Andika Harum Sari; Gede Mertha Sudiartha
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.726 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p22

Abstract

Quality Control Statistics is a tool used to measure the optimization of quality control carried out on the company. This research was conducted at UD. Cipta Lestari engaged in manufacturing. This research is one form of descriptive research with a quantitative approach. The data used in this study are data on the number of defective arabica coffee products in August to September 2018. Data analysis was performed using Statistical Quality Control, Check Sheet, P-chart, Quality Cost and Fishbone Diagram techniques. The results of the analysis using the P-chart show that the number of defects of Arabica coffee products is still in a very good quality limit, while viewed from the component to measure the company's quality costs in 2018, the quality of actual costs has been released by the company. 6,973,783.78 is greater than the optimal quality cost of the company, which is Rp.6,708,203.94 this can be interpreted that changes in the quality of processes carried out on the company still cannot reach the optimal level. To be able to reach the optimal level the company must make improvements to the four main factors that affect the number of defects, namely labor, machinery, methods and environmental factors. Keywords: quality control, statistical quality control, quality costs
PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, FIRM SIZE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI Nindya Pradiana; I Putu Yadnya
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.208 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p13

Abstract

Return saham merupakan keuntungan yang diperoleh investor dalam investasi saham. Salah satu sektor yang return saham nya berfluktuasi serta memiliki tingkat perputaran persediaan yang cukup tinggi ialah industri barang konsumsi. Adanya fluktuasi return saham melatar belakangi penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas, firm size dan likuiditas terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 33 perusahaan.. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel leverage yang diproksikan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Profitabilitas yang diproksikan ROE berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. Firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Likuiditas yang diproksikan QR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham. Kata Kunci: debt to equity ratio, return on equity, firm size, quick ratio, return saham
REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017 John Santo; Henny Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.928 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p04

Abstract

Right issue adalah salah satu corporate action yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Right issue berupa hak yang diberikan kepada semua pemegang saham untuk membeli saham dengan harga tertentu, biasanya di bawah harga pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar yang ditimbulkan oleh pengumuman right issue, dan mampu mengetahui perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah peristiwa right issue sebanyak 66 peristiwa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi non-partisipan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa tidak terdapat abnormal return yang signifikan sebelum, saat, dan sesudah pengumuman right issue. hal ini berarti pengumuman right issue tidak memiliki kandungan informasi yang dapat membuat pasar bereaksi dengan memberikan abnormal return. Pengujian dengan metodologi non-parametrik memberikan kesimpulan tidak terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue.Right issue adalah salah satu corporate action yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Right issue berupa hak yang diberikan kepada semua pemegang saham untuk membeli saham dengan harga tertentu, biasanya di bawah harga pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar yang ditimbulkan oleh pengumuman right issue, dan mampu mengetahui perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah peristiwa right issue sebanyak 66 peristiwa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi non-partisipan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa tidak terdapat abnormal return yang signifikan sebelum, saat, dan sesudah pengumuman right issue. hal ini berarti pengumuman right issue tidak memiliki kandungan informasi yang dapat membuat pasar bereaksi dengan memberikan abnormal return. Pengujian dengan metodologi non-parametrik memberikan kesimpulan tidak terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue.
PERBEDAAN ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DI BEI I Gede Andika S Wibawa; Ni Putu Santi Suryantini
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.812 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p18

Abstract

The right issue phenomenon that occurred in Indonesia in 2016 and 2017, there were 52 companies that experienced rights issues from all sectors of the company listed on the Indonesia Stock Exchange, with non-probability sampling method with saturated sampling techniques. The purpose of this study was to determine the market reaction in the event of a right issue as measured by abnormal returns, abnormal returns according to the grouping of company size data, and trading volume. Data collection is done by observing and recording data from reports and archives from several sources with data analysis techniques that are normality testing and hypothesis testing. Based on data analysis conducted in the study, it was found that partially the rights issue announcement did not have a significant impact on abnormal returns and abnormal returns according to the grouping of company size data. While the right issue announcement has a significant negative effect on trading volume. This shows that there is a negative reaction from investors regarding the rights issue announcement by the company.
PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY DAN BRAND EQUITY Gusti Bagus Yopi Brangsinga; Tjok Gde Raka Sukawati
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 4 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.395 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p09

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived quality dan brand image terhadap brand loyalty dan brand equity. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan dilakukan pada konsumen handphone Samsung Galaxy. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dianggap dapat mewakili populasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 16.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Perceived quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Hal ini berarti perceived quality dan brand image yang baik akan membentuk brand equity yang baik pula bagi perusahaan. Perceived quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Saat perceived quality konsumen terhadap merek baik dan brand image yang dihasilkan baik pula maka akan terbentuk brand loyalty konsumen. Lalu brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Dengan adanya brand loyalty konsumen hal tersebut akan menambah nilai positif yang dimiliki merek dan akan menambah brand equity merek maupun perusahaan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue