cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 5 (2019)" : 25 Documents clear
PENGARUH LAYOUT TOKO DAN VISUAL MERCHANDISING TOKO TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SUPERMARKET TIARA DEWATA DENPASAR Kadek Dika Arya Putra; I Nyoman Nurcaya
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.188 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p18

Abstract

Pelayanan yang ramah merupakan suatu kunci untuk dapat mempertahankan bisnis ritel ditengah banyaknya ritel sejenis yang bermunculan. Untuk dapat bertahan dan mampu memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan, perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan kepuasan karyawannya dalam bekerja melalui penataan layout toko dan visual merchandising toko di dalam gerai. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layout toko dan visual merchandising toko terhadap kepuasan karyawan Supermarket Tiara Dewata Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Supermarket Tiara Dewata Denpasar dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 88 orang dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner di Supermarket Tiara Dewata Denpasar dengan menggunakan sebanyak 16 indikator dan indikator-indikator tersebut diukur dengan menggunakan skala Likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda dan disertai dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa layout toko dan visual merchandising toko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan. Selain itu layout toko dan visual merchandising toko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan. Hasil ini menegaskan bahwa untuk meningkatkan kepuasan karyawan perusahaan diharapkan mampu menciptakan suatu suasana lingkungan kantor yang nyaman dan aman melalui penataan layout toko dan visual merchandising toko. Kata kunci : layout toko, visual merchandising toko, kepuasan karyawan
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN RISIKO BISNIS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Tresna Dewi Mnune; Ida Bagus Anom Purbawangsa
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.117 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p10

Abstract

Dividend policy is related to allocation and distribution of company profits. Dividend policy is one of the financial decisions related to the policy of whether the company's profits will be paid to shareholders as dividends or retained to strengthen the capital structure. This study aimed to examine the effect on profitability, leverage, firm size and business risk to dividend policy of the company in Indonesia Stock Exchange period 2013-2017. The sample used in this study were 6 manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange from the period 2013-2017 Data analysis techniques in this study uses multiple linear regression. The results show that profitability has a positive and significant effect on dividend policy, leverage has a positive and significant effect on dividend policy, firm size has a negatif and not significant effect on dividend policy and business risk has a negatif and significant effect on dividend policy. The implications of this study are expected to give consideration in making decisions by companies and shareholders about dividend policy. Keywords : profitability, leverage, firm size, business risk, dividend policy
PENGARUH REKRUTMEN, SELEKSI, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN Ni Made Mely Cahyani; I Wayan Mudiartha Utama
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.283 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p01

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rekrutmen, seleksi, dan pengembangan karir terhadap prestasi kerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap pada PT Tunas Jaya Sanur yang berjumlah 160 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan pendekatan slovin sebagai metode penentuan sampel, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 61 orang. Data di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rekrutmen, seleksi, dan pengembangan karir berpengaruh positif secara simultan ataupun parsial terhadap prestasi kerja karyawan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik rekrutmen, semakin baik seleksi serta semakin kuat pengembangan karir pada PT Tunas Jaya Sanur maka akan semakin tinggi prestasi kerja karyawan. Nilai determinasi total (R Square) sebesar 0,625 mempunyai arti bahwa sebesar 62,5% variasi prestasi kerja karyawan PT Tunas Jaya Sanur dipengaruhi oleh rekrutmen, seleksi, dan pengembangan karir, sedangkan sisanya sebesar 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Kata Kunci: rekrutmen, seleksi, pengembangan karir, prestasi kerja karyawan
PENGARUH KONFLIK KERJA, KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP STRES KERJA PEGAWAI PD PASAR KOTA DENPASAR Agrineh Kapitan; A. A. Sagung Kartika Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.869 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p23

Abstract

Sumber daya manusia merupakan penggerak jalannya perusahaan dan merupakan asset terpenting bagi perusahaan. Masalah stres kerja di dalam organisasi perusahaan menjadi gejala yang penting diamati sejak mulai timbulnya tuntutan untuk efisiensi di dalam pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh konflik kerja, kepemimpinan, dan lingkungan kerja terhadap stres kerja pada PD. Pasar Kota Denpasar Unit Pasar Badung. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan di PD. Pasar Kota Denpasar Unit Pasar Badung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus, dimana seluruh populasi penelitian akan dipilih menjadi sampel. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Konflik kerja berpengaruh positif dan signifikan sedangkan kepemimpinan serta lingkungan kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan pada stress kerja karyawan di PD. Pasar Kota Denpasar Unit Pasar Badung.
PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, PROFITABIlITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA Ayuningtyas Putri Saraswati Saraswati; Ni Putu Santi Suryantini
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.589 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p15

Abstract

Perdagangan internasional yang dilakukan oleh perusahaan multinasional dapat menimbulkan risiko yang akan ditanggung perusahaan. Risiko fluktuasi kurs valuta asing merupakan risiko terbesar yang mempengaruhi kegiatan perdagangan internasional sehingga untuk mengurangi dampak dari risiko tersebut perusahaan melakukan manajemen risiko dengan menggunakan kebijakan hedging. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh leverage, firm size, dan profitabilitas terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia pada periode 2013-2017. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan mendapat sampel sebanyak 107 perusahaan dan 535 firm year observation. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio sebagai proksi dari leverage memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan hedging, Ln(total asset) sebagai proksi dari firm size memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan hedging dan return on asset sebagai proksi dari profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputsan hedging. Kata kunci: leverage, firm size, profitabilitas, hedging
PERAN GREEN TRUST MEMEDIASI PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTIONS Ni Luh Putu Martha Pradnyadewi; I Gde Ketut Warmika
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.766 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p06

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green perceived value terhadap green trust dan green purchase intentions, pengaruh green trust terhadap green purchase intentions serta peran green trust memediasi pengaruh green perceived value terhadap green purchase intentions produk Tumbler Starbucks On the Go di Kota Denpasar. Penelitian dilakukan pada produk Tumbler Starbuck On The Go di Kota Denpasar dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Jumlah responden ditentukan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dan uji Sobel. Hasil pengujian dari green perceived value secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap green trust dan green purchase intentions produk Tumbler Starbuck On The Go di Kota Denpasar. Green trust mampu memediasi pengaruh green perceived value secara positif dan signifikan terhadap green purchase intentions. Kata kunci: green perceived value, green trust, green purchase intentions
PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE Ni Made Inten Septiani; I Made Dana
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.637 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan kepemilikan institusional dalam memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 36 perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 6 perusahaan dalam kategori mengalami financial distress dan 30 perusahaan dalam kategori tidak mengalami financial distress. Hasil penelitian dengan menggunakan logistic regression menunjukkan bahwa likuiditas yang diukur dengan current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress. Leverage yang diukur dengan debt to asset ratio (DAR) dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress. Secara keseluruhan, ketepatan klasifikasi pada model regresi ini dalam pengelompokkan perusahaan subsektor property dan real estate yang mengalami financial distress dan perusahaan yang tidak mengalami financial distress adalah sebesar 87,2%. Kata kunci: financial distress, likuiditas, leverage, kepemilikan institusional
PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN MODEL ZMIJEWSKI DAN MODEL GROVER PADA PERUSAHAAN MIGAS DI BEI Ni Wayan Yulia Krusita; Ni Luh Putu Wiagustini
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.585 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi financial distress dengan menggunakan model Zmijewski dan model Grover. Populasi dalam penelitian ini adalah tujuh perusahaan sub sektor pertambangan minyak dan gas bumi di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyampelan jenuh. Penelitian ini menggunakan model Zmijewski dan model Grover untuk memprediksi financial distress. Hasil prediksi financial distress menggunakan model Zmijewski tahun 2012 dan 2013 diprediksi Radiant Utama Interinsco Tbk mengalami financial distress, tahun 2014 semua perusahaan diprediksi tidak mengalami financial distress, tahun 2015 diprediksi Energi Mega Persada Tbk dan Medco Energi Internasional Tbk mengalami financial distress, tahun 2016 diprediksi Energi Mega Persada Tbk dan Benakat Integra Tbk mengalami financial distress dan tahun 2017 diprediksi Energi Mega Persada Tbk mengalami financial distress. Hasil prediksi financial distress menggunakan model Grover tahun 2012-2014 semua perusahaan diprediksi tidak mengalami financial distress, tahun 2015 dan 2016 diprediksi Benakat Integra Tbk dan Energi Mega Persada Tbk mengalami financial distress dan tahun 2017 diprediksi Benakat Integra Tbk mengalami financial distress serta diprediksi Energi Mega Persada Tbk dan Surya Esa Perkasa Tbk berada pada grey area. Kata kunci : financial distress, model zmijewski dan model grover
ANOMALI EFEK KALENDER PADA RETURN SAHAM LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA Komang Intan Permatasari; I Ketut Mustanda
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.56 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p02

Abstract

Anomali efek kalender mengindikasikan adanya penyimpangan return di suatu pasar modal yang memungkinkan investor untuk memanfaatkan suatu waktu dan memperoleh abnormal return. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata abnormal return pada hari perdagangan (the day of the week effect), hari senin minggu keempat (week-four effect), serta bulan Januari dengan bulan lainnya (January effect). Penelitian dilakukan pada perusahaan yang masuk dalam kelompok saham LQ-45 dan didapat sampel berjumlah 35 perusahaan dengan menggunakan metode sampel jenuh. Sumber data berasal dari data sekunder melalui website yahoo finance dan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan meliputi pengumpulan data perkembangan harga saham yang masuk dalam kelompok LQ-45 selama periode Februari 2015 sampai dengan Januari 2018.Hasil pengujian dengan program SPSS melalui uji Kruskal Wallis dan Uji Mann Whitney, menunjukkan bahwa rata-rata abnormal return saham pada setiap waktu tidak berbeda, sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa tidak terjadi the day of the week effect, week-four effect, dan January effect pada indeks saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci: anomali efek kalender, abnormal return
PERAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SEPEDA BALI TOUR I Gede Bayu Mertha Segara; Gede Merta Sudiartha
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 5 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.097 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p24

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat serta semakin berubahnya kebutuhan konsumen membuat perusahaan harus selalu mampu memberikan kepuasan kepada konsumen agar mampu bersaing dengan pesaingnya. Penerapan total quality management dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Selain itu dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada konsumen akan memberikan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari kualitas pelayanan dalam memediasi pengaruh total quality management terhadap kepuasan konsumen.Penelitian ini dilakukan di Sepeda Bali Tour, dengan jumlah responden yaitu 200 orang konsumen Sepeda Bali Tour. Metode yang digunakan adalah nonprobability sampling khususnya purposive sampling dengan teknik analisis data menggunakan path analysis dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan didapatkan hasil bahwa variabel kualitas pelayanan mampu memediasi pengaruh penerapan total quality management terhadap kepuasan konsumen. Uji path analysis menunjukan bahwa pengaruh langsung variabel total quality management terhadap kepuasan konsumen memiliki nilai koefisien beta sebesar 0,386 sedangkan pengaruh tidak langsung yang dimediasi oleh kualitas pelayanan menunjukan nilai koefisien beta sebesar 0,489. Sedangkan hasil uji sobel didapatkan nilai Z hitung sebesar 12,0123 yaitu lebih besar dari 1,96 (Z hitung 12,0127 > 1,96) yang berarti kualitas pelayanan mampu memediasi total quality management terhadap kepuasan konsumen Kata Kunci : total quality management (tqm), kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue