cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Fashion and Fashion Education Journal
ISSN : 22526803     EISSN : 28280237     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2015)" : 10 Documents clear
ANALISIS PELAKSANAAN DAN HASIL BELAJAR KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BATIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALIWUNGU KUDUS Wafa, Latifa Rifatul; Syamwil, Rodia
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Fashion and Fashion Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SD di Kecamatan Kaliwungu Kudus dan menganalisis hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SD di Kecamatan Kaliwungu Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SDN 2 Gamong Kudus dan siswa SDN 2 Papringan Kudus yang berjumlah 100 siswa, dengan jumlah sampel 30 siswa yang diperoleh secara acak. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil belajar dengan indikator sikap, kinerja, produk dan pengetahuan. Pengumpulan data diolah dengan metode observasi dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan deskriptif tendensi sentral dan kualitatif. Hasil penelitian pelaksanaan dan hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler batik siswa sekolah dasar di Kecamatan Kaliwungu Kudus termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata sebesar (2,68) dengan rincian perindikator sikap dengan rata-rata sebesar (3,16) termasuk dalam kriteria baik, kinerja dengan rata-rata sebesar (2,98) termasuk dalam kriteria baik, produk dengan rata-rata sebesar (2,18) termasuk dalam kriteria cukup baik, dan pengetahuan dengan rata-rata sebesar (2,40) termasuk dalam kriteria cukup baik.The aim of this research were knowing the implementation extracurricular batik activity by students SD at Kecamatan Kaliwungu Kudus and analyzed learning result extracurricular batik activity by students at Kecamatan Kaliwungu Kudus. The population in this research were all activity extracurricular batik by students SDN 2 Gamong Kudus and students SDN 2 Papringan Kudus amounting to 100 students, the number of 30 sampels obtained at random. Variabels in this research is implementation and learning outcomes wit indicator attitude, performance, product and knowledge. Accumulation for processing with method observation and documentation analyzed using central tendency descriptive and qualitative. The results of this research is implementation learning result extracurricular batik activity students SD at Kecamatan Kaliwungu Kudus included in good criteria with average as (2,68) details of indicator attitude with average as (2,98) included in good criteria, product with average as (2,18) included in good enough criteria, and knowledge with average (2,40) included in good enough criteria.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN STRAPLESS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU Fitrianingsih, Rina; Musdalifah, Musdalifah
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Fashion and Fashion Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media video dan mengetahui efektivitas video sebagai media pada proses pembuatan strapless. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII sejumlah 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, maka siswa kelas XII BB2 dipilih sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 70.41 dan nilai rata-rata posttest adalah 84.69, hal ini berarti hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14.28, dan besar rata-rata uji gain termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebesar 0.48 atau 48%. Berdasarkan paparan di atas, dengan penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pembuatan strapless kelas XII SMK Negeri 1 Jambu.The aim of this study is to find out the video media validity and to find out the effectiveness of video as a learning media in the process of making strapless. The kind of this study was the experimental study, the research design which was used was Pre-Experimental Design with the design model One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this research was all of the XII graders, 56 students. Sampling method was conducted by using random sampling simple technique, so the XII graders of BB2 was chosen as a sample research. The collecting data methods that were used were test, quetionnaire, documentation, and observation. While, the analyzing methods that were used were normality test, homogenity test, T test, gain test, and efectiveness test. The result of the research shows that the pretest average score from the experimental class is 70.41, and the posttest average score 84.69, it means that there is the increasing result of study that is 14.28, and average of gain test is included into middle criteria that is 0.48 or 48%. According to the explanation above, the using of video media can increase the result of students’ study in the lesson of making strapless for the XII graders of Jambu State Vocational High School.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMBUATAN KAMISOL MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK Sugiyarningsih, Anik; Setyowati, Erna; Marwiyah, Marwiyah
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Fashion and Fashion Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan modul efektif terhadap hasil belajar siswa SMK dan seberapa besarkah efektifitas pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan modul terhadap hasil belajar siswa SMK.Populasi yaitu dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Yasiha dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T dan uji Gain.Hasil perhitungan analisis uji T yang dieroleh  = 16,974, untuk nilai   α = 5% dan dk = 25 diperoleh  = 1,71. Karena > . Perhitungan uji rata-rata gain ternormalisasi yang diperoleh 0,64 atau 64%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan modul efektif terhadap hasil belajar siswa SMK dengan rata rata hasil belajar. Besarnya efektivitas pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan  modul terhadap hasil belajar siswa SMK mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Saran 1) Guru SMK Yasiha dapat menerapkan dan memeberikan modul pada mata pelajaran yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Guru dapat membuat, menggunakan dan meningkatkan media pembelajaran.The research objective was to determine whether the learning module manufacture camisole using effective against SMK student learning outcomes and how much learning effectiveness camisole manufacture using modules for student learning outcomes SMK.Populasi which in this study is a class XI student of SMK Yasiha the number of 26 students. Methods of data collection in this study is the method of testing, observation and documentation. Data analysis using T test and test calculations Gain. T test analysis dieroleh t_hitung = 16.974, for the value of α = 5% and df = 25, obtained t_tabel = 1.71. Because t_hitung> t_tabel. Calculations the average normalized gain obtained 0.64 or 64%, due to the gain value obtained is less than 0.7, the improvement of learning outcomes are included in the criteria. The conclusions of this study is that learning camisole manufacture using effective module for student learning outcomes with the average vocational learning outcomes. Suggestion 1) Yasiha Vocational Teachers can apply and give the modules in other subjects to improve student learning outcomes. 2) Teachers can create, use and improve instructional media.
ANALISIS PELAKSANAAN KURSUS MEMBATIK PADA PENYANDANG TUNADAKSA DI PUSAT REHABILITASI YAYASAN KRISTEN UNTUK KESEHATAN UMUM (YAKKUM) YOGYAKARTA Sa’adah, Any Ulfatus; Syamwil, Rodia
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Fashion and Fashion Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kursus membatik dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pelaksanaan kursus membatik di pusat rehabilitasi YAKKUM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada pelaksanaan kursus membatik pada penyandang tunadaksa di YAKKUM dengan subjek penelitian 7 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kursus membatik di Pusat Rehabilitasi YAKKUM belum menggunakan kurikulum. Pusat rehabilitasi YAKKUM dapat membantu peyandang tunadaksa untuk mendapat pendidikan dan memperoleh pekerjaan. Hal tersebut terbukti 100% peserta didik mendapatkan pekerjaan bahkan menciptakan lapangan pekerjaan setelah mengikuti kursus membatik. Produk yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat dan pasar terbukti 70% produk batik tulis kontemporer yang sudah terjual saat pameran batik.Education is a right and an obligation for all the people of Indonesia. It is listed in the 1945 Constitution, Article 31, paragraph 1, of all Indonesian citizens are entitled to teaching where disabilities have equal rights and equal opportunities to education as other citizens. Pusat Rehabilitasi Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) provide batik courses for quadriplegic. This study aimed to analyze the implementation of batik courses and identify factors supporting and inhibiting factors of the courses at a rehabilitation center YAKKUM batik.This study used a qualitative descriptive approach with a focus on the implementation of batik courses in quadriplegic in YAKKUM. Research subjects are 7 learners. Data collection methods used were observation, interviews and documentation. Data analysis was performed using the method of triangulation. The results showed that the implementation of batik courses at the Rehabilitation Center YAKKUM not use batik kurikulum. Pusat YAKKUM rehabilitation can help peyandang quadriplegic to education and acquire the pekerjaan.Hal proven to be 100 % learners get a job even create jobs after the course membatik.Produk generated can be accepted by society and market-proven 70 % of contemporary batik products that have been sold during the exhibition of batik .
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROYEK MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA SMK TATA BUSANA Puspita, Dita; Setyowati, Erna
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Fashion and Fashion Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan seberapa besar efektivitas metode pembelajaran proyek  pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X tata busana di SMK Negeri 1 Ampelgading. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji t. Hasil uji rata-rata posttest 2 kelas sampel diperoleh thitung = 11,72 sedangkan ttabel = 1,99, karena thitung > ttabel (11,72>1,99), dapat diartikan bahwa Ha yang berbunyi metode pembelajaran proyek pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading diterima. Hasil perhitungan gain diperoleh sebesar 0.53 atau 53% dan termasuk dalam kriteria sedang.This study aims to determine the effectiveness and how much the effectiveness of teaching methods project on basic subjects sewing technology class X dressmaking at SMK Negeri 1 Ampelgading. System of data collection method using the test method , observation and documentation, while the analysis of the data using the t test. The test results mean posttest 2 grade samples obtained tcount = 11,72 while ttable = 1.99, because tcount > ttable (11,72> 1.99), can be interpreted that the learning method that reads Ha project on the basis of technology subjects sew effectively improve the results of class X student of fashion SMK Negeri 1 Ampelgading accepted. The results obtained for the calculation of gain of 0.53 or 53% and is included in the criteria are.
ANALISIS PELAKSANAAN KURSUS MEMBATIK PADA PENYANDANG TUNADAKSA DI PUSAT REHABILITASI YAYASAN KRISTEN UNTUK KESEHATAN UMUM (YAKKUM) YOGYAKARTA Sa’adah, Any Ulfatus; Syamwil, Rodia
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Department of Home Economics, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ffej.v4i1.7748

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kursus membatik dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pelaksanaan kursus membatik di pusat rehabilitasi YAKKUM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada pelaksanaan kursus membatik pada penyandang tunadaksa di YAKKUM dengan subjek penelitian 7 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kursus membatik di Pusat Rehabilitasi YAKKUM belum menggunakan kurikulum. Pusat rehabilitasi YAKKUM dapat membantu peyandang tunadaksa untuk mendapat pendidikan dan memperoleh pekerjaan. Hal tersebut terbukti 100% peserta didik mendapatkan pekerjaan bahkan menciptakan lapangan pekerjaan setelah mengikuti kursus membatik. Produk yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat dan pasar terbukti 70% produk batik tulis kontemporer yang sudah terjual saat pameran batik.Education is a right and an obligation for all the people of Indonesia. It is listed in the 1945 Constitution, Article 31, paragraph 1, of all Indonesian citizens are entitled to teaching where disabilities have equal rights and equal opportunities to education as other citizens. Pusat Rehabilitasi Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) provide batik courses for quadriplegic. This study aimed to analyze the implementation of batik courses and identify factors supporting and inhibiting factors of the courses at a rehabilitation center YAKKUM batik.This study used a qualitative descriptive approach with a focus on the implementation of batik courses in quadriplegic in YAKKUM. Research subjects are 7 learners. Data collection methods used were observation, interviews and documentation. Data analysis was performed using the method of triangulation. The results showed that the implementation of batik courses at the Rehabilitation Center YAKKUM not use batik kurikulum. Pusat YAKKUM rehabilitation can help peyandang quadriplegic to education and acquire the pekerjaan.Hal proven to be 100 % learners get a job even create jobs after the course membatik.Produk generated can be accepted by society and market-proven 70 % of contemporary batik products that have been sold during the exhibition of batik .
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROYEK MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA SMK TATA BUSANA Puspita, Dita; Setyowati, Erna
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Department of Home Economics, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ffej.v4i1.7767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan seberapa besar efektivitas metode pembelajaran proyek  pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X tata busana di SMK Negeri 1 Ampelgading. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji t. Hasil uji rata-rata posttest 2 kelas sampel diperoleh thitung = 11,72 sedangkan ttabel = 1,99, karena thitung > ttabel (11,72>1,99), dapat diartikan bahwa Ha yang berbunyi metode pembelajaran proyek pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading diterima. Hasil perhitungan gain diperoleh sebesar 0.53 atau 53% dan termasuk dalam kriteria sedang.This study aims to determine the effectiveness and how much the effectiveness of teaching methods project on basic subjects sewing technology class X dressmaking at SMK Negeri 1 Ampelgading. System of data collection method using the test method , observation and documentation, while the analysis of the data using the t test. The test results mean posttest 2 grade samples obtained tcount = 11,72 while ttable = 1.99, because tcount > ttable (11,72> 1.99), can be interpreted that the learning method that reads Ha project on the basis of technology subjects sew effectively improve the results of class X student of fashion SMK Negeri 1 Ampelgading accepted. The results obtained for the calculation of gain of 0.53 or 53% and is included in the criteria are.
ANALISIS PELAKSANAAN DAN HASIL BELAJAR KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BATIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALIWUNGU KUDUS Wafa, Latifa Rifatul; Syamwil, Rodia
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Department of Home Economics, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ffej.v4i1.7783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SD di Kecamatan Kaliwungu Kudus dan menganalisis hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SD di Kecamatan Kaliwungu Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SDN 2 Gamong Kudus dan siswa SDN 2 Papringan Kudus yang berjumlah 100 siswa, dengan jumlah sampel 30 siswa yang diperoleh secara acak. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil belajar dengan indikator sikap, kinerja, produk dan pengetahuan. Pengumpulan data diolah dengan metode observasi dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan deskriptif tendensi sentral dan kualitatif. Hasil penelitian pelaksanaan dan hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler batik siswa sekolah dasar di Kecamatan Kaliwungu Kudus termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata sebesar (2,68) dengan rincian perindikator sikap dengan rata-rata sebesar (3,16) termasuk dalam kriteria baik, kinerja dengan rata-rata sebesar (2,98) termasuk dalam kriteria baik, produk dengan rata-rata sebesar (2,18) termasuk dalam kriteria cukup baik, dan pengetahuan dengan rata-rata sebesar (2,40) termasuk dalam kriteria cukup baik.The aim of this research were knowing the implementation extracurricular batik activity by students SD at Kecamatan Kaliwungu Kudus and analyzed learning result extracurricular batik activity by students at Kecamatan Kaliwungu Kudus. The population in this research were all activity extracurricular batik by students SDN 2 Gamong Kudus and students SDN 2 Papringan Kudus amounting to 100 students, the number of 30 sampels obtained at random. Variabels in this research is implementation and learning outcomes wit indicator attitude, performance, product and knowledge. Accumulation for processing with method observation and documentation analyzed using central tendency descriptive and qualitative. The results of this research is implementation learning result extracurricular batik activity students SD at Kecamatan Kaliwungu Kudus included in good criteria with average as (2,68) details of indicator attitude with average as (2,98) included in good criteria, product with average as (2,18) included in good enough criteria, and knowledge with average (2,40) included in good enough criteria.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN STRAPLESS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU Fitrianingsih, Rina; Musdalifah, Musdalifah
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Department of Home Economics, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ffej.v4i1.7793

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media video dan mengetahui efektivitas video sebagai media pada proses pembuatan strapless. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII sejumlah 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, maka siswa kelas XII BB2 dipilih sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 70.41 dan nilai rata-rata posttest adalah 84.69, hal ini berarti hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14.28, dan besar rata-rata uji gain termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebesar 0.48 atau 48%. Berdasarkan paparan di atas, dengan penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pembuatan strapless kelas XII SMK Negeri 1 Jambu.The aim of this study is to find out the video media validity and to find out the effectiveness of video as a learning media in the process of making strapless. The kind of this study was the experimental study, the research design which was used was Pre-Experimental Design with the design model One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this research was all of the XII graders, 56 students. Sampling method was conducted by using random sampling simple technique, so the XII graders of BB2 was chosen as a sample research. The collecting data methods that were used were test, quetionnaire, documentation, and observation. While, the analyzing methods that were used were normality test, homogenity test, T test, gain test, and efectiveness test. The result of the research shows that the pretest average score from the experimental class is 70.41, and the posttest average score 84.69, it means that there is the increasing result of study that is 14.28, and average of gain test is included into middle criteria that is 0.48 or 48%. According to the explanation above, the using of video media can increase the result of students’ study in the lesson of making strapless for the XII graders of Jambu State Vocational High School.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMBUATAN KAMISOL MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK Sugiyarningsih, Anik; Setyowati, Erna; Marwiyah, Marwiyah
Fashion and Fashion Education Journal Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Department of Home Economics, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ffej.v4i1.7866

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan modul efektif terhadap hasil belajar siswa SMK dan seberapa besarkah efektifitas pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan modul terhadap hasil belajar siswa SMK.Populasi yaitu dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Yasiha dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T dan uji Gain.Hasil perhitungan analisis uji T yang dieroleh  = 16,974, untuk nilai   α = 5% dan dk = 25 diperoleh  = 1,71. Karena > . Perhitungan uji rata-rata gain ternormalisasi yang diperoleh 0,64 atau 64%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan modul efektif terhadap hasil belajar siswa SMK dengan rata rata hasil belajar. Besarnya efektivitas pembelajaran pembuatan kamisol menggunakan  modul terhadap hasil belajar siswa SMK mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Saran 1) Guru SMK Yasiha dapat menerapkan dan memeberikan modul pada mata pelajaran yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Guru dapat membuat, menggunakan dan meningkatkan media pembelajaran.The research objective was to determine whether the learning module manufacture camisole using effective against SMK student learning outcomes and how much learning effectiveness camisole manufacture using modules for student learning outcomes SMK.Populasi which in this study is a class XI student of SMK Yasiha the number of 26 students. Methods of data collection in this study is the method of testing, observation and documentation. Data analysis using T test and test calculations Gain. T test analysis dieroleh t_hitung = 16.974, for the value of α = 5% and df = 25, obtained t_tabel = 1.71. Because t_hitung> t_tabel. Calculations the average normalized gain obtained 0.64 or 64%, due to the gain value obtained is less than 0.7, the improvement of learning outcomes are included in the criteria. The conclusions of this study is that learning camisole manufacture using effective module for student learning outcomes with the average vocational learning outcomes. Suggestion 1) Yasiha Vocational Teachers can apply and give the modules in other subjects to improve student learning outcomes. 2) Teachers can create, use and improve instructional media.

Page 1 of 1 | Total Record : 10