cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2016)" : 10 Documents clear
ANALISIS HASIL BELAJAR ULANGAN TENGAH SEMESTER DAN ULANGAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XSMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2013/2014 Saputra, Anggi Bagus
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMA Negeri 1 Maos dibuka pada tahun 1986 hingga tahun 2015 memiliki prestasi yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase. Pengambilan sample dalam penelitian ini adalah total sampling dan untuk sample angket adalah simple random sampling.Hasil ulangan tengah semester 1 memiliki rata-rata sebesar 80,29 dan hasil ulangan tengah semester 2 memiliki rata-rata sebesar 80,71. Sedangkan nilai rata-rata ulangan akhir semester 1 yaitu sebesar 80,87 sedangkan rata-rata nilai ulangan akhir semester 2 adalah 80,71. Berdasarkan analisis hasil belajar ulangan tengah semester satu dan ulangan tengah semester dua menggunakan uji t berpasangan mendapatkan t hitung sebesar -0,69 dan t tabel sebesar 1,96, dengan taraf kepercayaan 95% dan dk=292-1=291. Analisis hasil ulangan akhir semester menggunakan uji t berpasangan mendapatkan t hitung sebesar 0,26 dan t tabel hitung sebesar 1,96, dengan taraf kepercayaan 95% dan dk=292-1=291. Karena t hitung berada pada daerah penerimaan H0 maka hasil tidak terdapat perbedaan signifikan, meskipun mengalami penurunan dan kenaikan angka. Faktoryang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal dan eksternal.SMA Negeri 1 Maos opened in 1986 to 2015 had a high achievement. This research uses descriptive method percentage. The sample in this study is total sampling and to sample questionnaire is simple random sampling. 1 midterm test results had an average of 80.29 and a midterm test results 2 has an average of 80.71. While the average value of replications end of term 1 is equal to 80.87 while the average value of repetition end of semester 2 is 80.71. Based on the analysis of the results of the study replicates and replicates midterm midterm two using paired t-test to get t count equal to -0.69 and t table by 1.96, with a 95% confidence level and dk = 292-1 = 291. Analysis of test results the end of the semester using the paired t-test gain of 0.26 t and t table count of 1.96, with a 95% confidence level and dk = 292-1 = 291. Because t is the reception area H0 then the results are not significant differences, although the decrease and increase in numbers. Factors affecting learning outcomes are internal and external factors.  
KETERKAITAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PELESTARIAN TANAMAN MANGROVE DI DESA KARTIKAJAYA KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL Mustafirin, Mustafirin
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tingkat pendidikan, upaya pelestarian tanaman mangrove dan pengaruh tingkat pendidikan terhadap upaya pelestarian tanaman mangrove. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif  persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi pendidikan Desa Kartikajaya 50% sudah wajib belajar 9 tahun. Upaya pelestarian termasuk dalam kategori “sedang”. Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan upaya pelestarian tanaman mangrove. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlu ditingkatkan lagi upaya pelestarian tanaman mangrove dari sedang menjadi sangat tinggi dengan cara mengadakan sosialisasi dan pelatihan pentingnya tanaman mangrove.The aim of this research is to know the condition of education level, mangrove conservation effort and the influence of education level towards mangrove conservation effort. This research includes in Quantitative research. The method of this observation is documentation, observation, and questionnaire. The technique of data analysis uses descriptive analyst percentage and regression analysis. The result of this research shows condition of education level Kartikajyaya village 50% already achieved 9-year compulsory. The conservation effort is one of the average criteria and there are some significant influences of education level toward mangrove conservation effort. Based on the results of the research can be suggested for improvement of mangrove conservation efforts were being very high by conducting outreach and training the importance of mangroves.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI HIDROSFER MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS VII SMP N 1 SECANG KABUPATEN MAGELANG Ardinastiti, Noviar
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pengembangan media pembelajaran IPS berbasisMacromedia Flash (2) Kelayakan media pembelajaran IPS berbasisMacromedia Flash (3) Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran IPS berbasis Macromedia Flash menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe Numbered Head Together (4) Menganalisis ketertarikan siswa terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, angket, dan tes Hasil penelitian menunjukkan penilaian kelayakan media dari tim ahli media sebesar 89,81%, dari tim ahli materi 88,8% keduanya memiliki kriteria “sangat layak”. Dan pada uji coba media skala besar diperoleh kelayakan media sebesar 83,12%, kriteria media “sangat baik Rata-rata aktivitas siswa pertemuan I dan II sebesar77,01%, dan 79,88%, keduanya memiliki kriteria “aktif”. Rata-rata hasil pre-test sebesar  49,8 sedangkan rata-rata post-test sebesar 79,5. Tanggapan siswa diperoleh persentase sebesar 79,53% dengan kriteria “tertarik” mengikuti pembelajaran.This research is aimed at finding out: (1) Process of the development of social studies learning media in the base of Macromedia Flash (2) Feasibility of social studies learning media in the base of Macromedia Flash (3) Students’ activity and result of study by social studies learning media in the base of Macromedia Flash using cooperative learning model type Numbered Heads Together (4) Analysis of students’ anxiety concerning on the learning process. The technique used for obtaining the data was observation, documentation, questionnaire, and test. The result of this research showed that the assessment of the feasibility of the media from expert team was 89,81% and from material expert team was 88,8%. Both of them have “very proper” criteria. In the try out media large-scale, it was gained that the feasibility of the media was 83,12%. The media has “very good” criteria. The average of students’ activity in the first and second meeting was 77,01% and 79,88%. Both have “active” criteria. The average of pre-test result was 49,8 while post-test result was 79,5. The percentage of students’ reaction was 79,53% with “attracted” criteria in following the learning process.  
STUDI KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SMA DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2015 Mangunsong, Arasta Imanuel
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru geografi pada SMA di Kota Pontianak dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang terkait dengan perencanaan pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP), pelaksanaan pembelajaran (KBM), dan penilaian pembelajaran (penilaian autentik) pada tahun 2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam  peneitian  ini adalah  observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 14 orang yang terdiri dari seluruh guru geografi yang terdapat dalam sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Total Sampling, yaitu seluruh popolasi menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan  perencanaan pembelajaran (RPP) guru geografi di Kota Pontianak sebesar 51% dengan kategori kurang siap, tingkat kesiapan pelaksanaan pembelajaran  guru geografi di Kota Pontianak sebesar 64% dangan kategori  siap, dan  tingkat kesiapan penilaian pembelajaran  guru geografi di Kota Pontianak sebesar 45% dengan kategori kurang siap. Secara keseluruhan kesiapan guru geografi dalam  mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada SMA di Kota Pontianak tahun 2015 sebesar 53 % dengan kategori kurang siap.The objectives of this study are to find out the readiness of geography teachers at high school in Pontianak City in implementing the 2013 Curriculum related to the planning of learning (Lesson Plan/RPP), the implementation of learning activities (KBM), and assessment of learning (authentic assessment) in 2015. The data collection methode used in this study are observation and documentation. The total amount of population are 14 people which consist of geography teachers at schools using 2013 Curriculum. The sampling methode used was total sampling methode, which is teacher population becomes sample. The results showed that the readiness of the lesson plan (RPP) level for geography teacher in Pontianak City is 51% to the category of poorly prepared, the readiness of the implementation of learning activities level for geography teacher in Pontianak City is 64% to the category of ready, and the readiness of learning assessment level for geography teacher in Pontianak City is 45% to the category of poorly prepared. In overall, geography teacher readiness for implementing the 2013 curriculum at the high school in Pontianak City in 2015 is 53% to the category of poorly prepared.
PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP SIKAP IBU RUMAH TANGGA DALAM UPAYA MENGATASI PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT SAMPAH DI TPA JATIBARANG Afwatunnati, Afwatunnati
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu rumah tangga mengenai pencemaran lingkungan, mengetahui sikap dalam upaya mengatsi pencemaran lingkungan akibat sampah ibu rumah tangga serta mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap sikap dalam upaya mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah ibu rumah tangga. Teknik pengumpulan data dengan Tes, Agket, dan Dokumentasi. Analisis data yang diguanakan adalah analisis teknik analisi regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan ibu rumah tangga dalam upaya mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang Kota Semarang  diperoleh hasil keseluruhan rata-rata tingkat pengetahuan ibu rumah tangga mengenai pencemaran lingkungan diperoleh 22,82 dengan persentase 62,5% kriteria pengetahuan sudah baik dan hasil rata-rata sikap dalam upaya mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah ibu rumah tangga masuk dalam kriteria baik dengan presentase 47.42%.This study aims to determine housewives’ knowledge about environmental pollution, to know housewives’ skill to solve the environmental pollution which is caused by trashes and also to know the knowledge influence to housewives’ skill to solve the environmental pollution. The data accumulation technique uses observation, documentation, and questionnaire. The data analysis which is used is regresy analysis. The result of this study shows that the average of housewives’ knowledge to solve the environmental pollution which is caused by trashes in Jatibarang Semarang city last disposal location or TPA is 22,82 with percentage 62,5 % with the knowledge criteria is already good. Cognitive skill (knowledge), affective skill (emotional) and behavior of housewives to solve environmental pollution of trashes is already on good criteria.
EFEKTIVITAS MIND MAPPING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X DI MAN 2 KEBUMEN TAHUN 2015 Hamidah, Ariffianti
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara metode mind mapping berbasis CTL dengan  metode ceramah, mengetahui apakah pembelajaran mind mapping berbasis CTL mampu membantu siswa dalam mencapai ketuntasan hasil belajar geografi sub materi siklus hidrologi, peraiaran darat dan pemanfaatannya dan untuk  mengetahui tanggapan siswa terhadap metode mind mapping berbasis CTL.Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS MAN 2 Kebumen. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling, kelas X IIS 3 dan X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian adalah penggunaan metode mind mapping berbasis CTL, variabel bebasnya adalah hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Ini dibuktikan oleh uji-t dengan hasil  yaitu 3,006 > 2,00 sehingga Ho ditolak. Persentase ketuntasan klasikal  kelas eksperimen 88,2 % masuk dalam kategori baik, kelas kontrol 51,5% masuk dalam kategori rendah. Hasil angket tanggapan siswa didapatkan skor rata-rata 28 masuk ke dalam kategori setuju. Simpulan penelitian adalah metode mind mapping berbasis CTL lebih efektif digunakan dalam pembelajaran geografi dibandingkan dengan metode ceramah kelas X IIS MAN 2 Kebumen pada sub materi siklus hidrologi, perairan darat, dan pemanfaatannya.The purpose of this study is to know the comparison of the learning result between the mind mapping have a has basis CTL and the conventional, to know whether the mind mapping have a has basis CTL helped students achieved a completeness in the learning result and to know students’ perspective about mind mapping have a has basis CTL. The population of this study is students of grade X  IIS MAN 2 Kebumen. The sampling technique used was the purposive sampling, with class X IIS 3 and X IIS 2  as the experimental and control class. The dependent variable in this study is the use of mind mapping have a has basis CTL, and the independent variable is the cognitive learning result. The technique of data analysis was using descriptive percentage analysis and t-test. The result of this study showed that the cognitive learning result of the experimental class is better than the control class. It is proved by the t-test in which tvalue   >ttable  (3.006 > 2.00), so the Ho is rejected. The percentage of the classical completeness is ≥ 75. The percentage for the experimental class is 88.2%, which is in the good category, while the control class is 51.5, which is in the low category. An average score obtained from the result of the students’ perspective questionnaires was 28, which is in the agree category. The conclusion of this study is that mind mapping have a has basis CTL is more effective to be used in the geography learning than the conventional learning in class X IIS MAN 2 Kebumen in the sub-bab hydrology cycle, water shore, and its usage.
KONTRIBUSI PEMANFAATAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STUDI BENCANA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI TAHUN 2015 Imanulloh, Afif
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan diperlukan media yang mampu mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajarannya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Studi Bencana sebanyak 162 mahasiswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini diambil 25% dari populasi atau sebanyak 40 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode deskriptif persentase dan analisis product moment. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan deskriptif persentase hasil belajar mata kuliah Studi Bencana sebesar 64% atau dalam kategori sedang dan tingkat pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar mata kuliah Studi Bencana adalah 79,5% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil r_xy=0,426 > rtabel = 0,312 , jadi dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara kedua variabel.One of the effort to improve students outcame in learning subject materials it required the media that is able to accommodate students neccessary in learning. Population of this research are students who take subject Disaster Studies of 162 students. While sample of this study are taken 25% of the population, or 40 students. This research is quantitative descriptive method and analyzes the percentage of product moment. Methods of data collection of this research is using questionnaire. Based on the research results by using descriptive percentage of learning outcame Disaster Studies subject of 64% or  medium category and the level of utilization mass media as a learning Disaster Studies  subject is 79,5% which is included into high category. Based on analysis of product moment result  rxy = 0.426>rtable= 0,312, it can be said that there is a relationship between two variables.  
Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Noviyanto, Arista
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas soal test ujian akhir semester pada mata pelajaran geografi tahun ajaran 2014/ 2015 di SMA se-Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah soal semester genap yang diujikan kepada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Comal dan SMA PGRI Comal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal yang valid ada 36 item dan yang tidak valid ada 14 soal. Reliabilitas soal adalah 0,92. Soal yang memiliki indeks kesukaran sulit ada 4 item, sedang ada 19 item, dan yang mudah ada 27 item. Soal yang memiliki daya beda jelek ada 32 item dan soal yang memiliki daya beda cukup baik ada 18 item.This research aims to know the quality of the semester final exam test question on subjects geography school year 2014/2015 in SMA se-Sub Comal Pemalang. The population in this research is the grade XI IPS SMA Negeri 1 and PGRI Comal high school. Data analysis technique used is a description of the percentage. Results of the study indicate that there is a valid question 36 invalid items and there are 14 items. Reliability problem was 0.92. The question of who owns the index lurch hard there are 4 items, there are 19 items, and an easy-there are 27 items. The question of who has the power difference was ugly there are 32 items and questions that have different power pretty well there are 18 items.
KESIAPAN MAHASISWA CALON GURU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MENGHADAPI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2015 Hartono, Ahmad Rudi
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa calon guru program studi Pendidikan Geografi dalam menghadapai praktik pengalaman lapangan tahun 2015. Sampel penelitian sebanyak 35 mahasiswa Pendidikan Geografi. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian kompetensi pedagogik dengan skor rata-rata 6,42 kategori kurang siap. Kompetensi kepribadian dengan skor rata-rata 32,28 kategori siap. Kompetensi profesional dengan skor rata-rata 6,68 kategori siap. Kompetensi sosial dengan skor rata-rata 21,82 kategori siap. Hasil gabungan 4 kompetensi mahasiswa menunjukkan Kesiapan mahasiswa pendidikan geografi dalam menghadapi praktik pengalaman lapanagan sebesar 61,82% dengan kategori siap. Dapat disimpulkan mahasiswa Pendidikan Geografi siap melaksanakan praktik pengalaman lapangan tahun 2015. Mahasiswa diharapkan untuk meningkatakan seluruh kemampuan menjadi lebih baik lagi terutama kompetensi pedagogik.Penguasan pemahaman terhadap peserta didik, metode pembelajaran serta teknik penilian perlu ditingkatkan. Banyak latihan mengajar agar tidak merasa takut dan belajar pengelolaan kelas. Penguasaan materi harus ditingkatkan. Mahasiswa diharpakan bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. This study aimed to describe the readiness of student teachers Geography Education courses in the face of practical field experience in 2015. The research sample as many as 35 students of Geography Education. Sampling was done by random sampling. Data was collected by questionnaire, testing, and documentation. The data analysis using descriptive percentages. Pedagogic research results with an average score of 6.42 category less ready. Competence personality with an average score of 32.28 ready category. Professional competence with an average score of 6.68 is ready category. Social competence with an average score of 21.82 ready category. The combined results of four competencies students showed readiness geography education students in the face of practical field experience amounted to 61.82% with the category ready. It can be concluded Geography Education students are ready to implement practical field experience in 2015. Students are expected to increase the overall ability to be better again primarily pedagogical competence. Mastery understanding of learners, learning methods and techniques of judging need to be improved. Many exercises taught to not be afraid and learn classroom management. Mastery of the material should be improved. Student was expected to be able to socialize and communicate well.
KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BATANG Nirwanto, Nirwanto
Edu Geography Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dan kendala-kendalanya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi yang mengajar kelas X dengan kurikulum 2013 yang berjumlah 13 guru. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase Hasil penelitian menunjukkan kesiapan guru berdasarkan pengetahuan guru terhadap kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor 66,08 % sedangkan dari hasil observasi perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor 67,99%. Berdasarkan hasil wawancara mengenai kendala internal sebanyak 11 guru (84,61%) mengalami kendala dalam memahami kurikulum 2013, dan 13 guru (100%) mengalami kendala dengan kurangnya waktu dalam membuat perangkat pembelajaran.  Sedangkan dari hasil wawancara mengenai kendala eksternal sebanyak 11 guru (84,61%) mengalami kendala dengan sarana pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesiapan guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan pengetahuan guru dan kemampuan guru dalam membuat perangkat sudah termasuk kategori siap dan guru masih mengalami kendala baik internal dan eksternal.This research have a purpose to know readiness of geography teacher when they make sets of learning equipment from curiculum 2013 and the problem. The population of this research is every teachers who teach class x with curiculum 2013. It have 13 teacher.  Analysis method of data uses presentatif description. The result of this research brings a data readiness of geography teacher whch based knowledge teacher about curiculum 2013 and set of learning equipment. The scor of its section is 66,08% and get on good catagory.  Then the result of evaluation set of learning equipment get scorr 67,99 % and included good enough catagory. The result of interview about internal problem that 11 teacher (84,61% ) have problem to understand curiculum 2013 and 13 teacher (100%) have problem becasue they have less time to make set of learning eqeuipmant. The result of interview about external problem that 11 teacher (84,61%) have a problem with learning tools. The conclusion of this research that readiness of geography teacher make set of learning equipment which based teacher knowledge and teacher capability to make set of learning equipment It is included ready catagory but teacher still have problem internal and external.

Page 1 of 1 | Total Record : 10