cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Economic Education
ISSN : 23017341     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Journal of Economic Education publishes articles of original researchs and conceptual studies economics teaching and learning. This journal is published by Postgraduate Program, Universitas Negeri Semarang.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2013): June 2013" : 5 Documents clear
Prodi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia -, Supriyanto
Journal of Economic Education Vol 2 No 1 (2013): June 2013
Publisher : Journal of Economic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penunggakan  pajak tahun 2011 mencapai 50% dari target. PBB merupakan salah satu jenis pajak yang memberikan sumbangan tunggakan yang lumayan berarti. Untuk itu akan di pelajari variabel yang mempengaruhi kepatuhan membayar PBB. Beberapa penyebab dari rendahnya kepatuhan membayar pajak khususnya PBB berkaitan dengan pengetahuan tentang perpajakan oleh wajib pajak bumi dan bangunan, mutu pelayanan petugas, dan kepercayaan masyarakat (trust) terhadap pemerintah dalam pengelolaan pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang berlandaskan pada filsafah positivisme yang digunakan untuk penelitian pada populasi atau sampel. Data dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Data  disajikan dalam analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan membayar PBB wajib pajak di desa Gandarum pada kriteria sedang, pengetahuan tentang perpajakan pada kriteria sedang, mutu pelayanan pada kriteria sedang dan kepercayaan masyarakat juga pada kriteria sedang. Variabel pengetahuan tentang perpajakan, mutu pelayanan dan kepercayaan masyarakat baik secara individu maupun secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak disarankan untuk meningkatkan sosialisasi tentang pajak, mutu pelayanan dengan lebih mengoptimalkan pelayanan oleh GOM serta menanamkan kepercayaan masyarakat dengan menindak tegas oknum yang menyalahgunakan kewenanan dilingkungan perpajakan. Tax  delinquency rate in 2011 reached 50% of the target. Property tax is one of the types of taxes that contributes to the rather significant arrears. Therefore, it will be in the study variables that affect adherence of paying property tax. Several  issues related to the tax knowledge of the property taxpayers, the officers service quality, and the public trust against the government in tax management are proposed in this study. This study uses a quantitative approach. Data were collected through questionnaires, documentation, and interviews. The data is presented both in descriptive statistical analysis and in inferensian parametric statistical analysis.The result of the study shows that the compliance to pay property tax in Gandarum village   is on medium criteria, the knowledge of taxation taxpayers is medium criteria, the quality of service and public trust are on the medium criteria. All Variable, both individually and jointly, significantly influence the compliance to pay property tax. Several efforts are recommended to improve taxpayer compliance, such as by increasing socialization about tax, improving service quality to better optimize the closest service, and instilling public trust in the action against persons who abuse the taxation environment authority.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PRAKERIN -, Faridah
Journal of Economic Education Vol 2 No 1 (2013): June 2013
Publisher : Journal of Economic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan, mendeskripsikan kondisi kecerdasan emosional, kedisiplinan, kompetensi akuntansi dan kinerja pelaksanaan prakerin, menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kedisiplinan dan kompetensi akuntansi  secara simultan maupun parsial terhadap kinerja pelaksanaan prakerin. Populasi dalam penelitian ini 456 siswa dengan sampel berjumlah 214 siswa. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dinilai tinggi. Kedisiplinan dalam kategori yang tinggi. Kompetensi akuntansi dalam kategori yang rendah. Kinerja pelaksanaan prakerin dalam kategori yang tinggi. Berdasarkan analisis dan uji hipotesis dengan taraf kepercayaan 5%, n=214, menghasilkan (1) hasil analisi regresi secara simultan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,546 dan hasil Uji ANOVA dengan nilai sig 0,000<0,05, dengan demikian hipotesis diterima. (2) Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pelaksanaan prakerin, (3) Kedisiplinan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pelaksanaan prakerin, (4) Kompetensi akuntansi tidak berpengaruh terhadap kinerja pelaksanaan prakerin.The purposes of this study are describing the condition of emotional intelligence, discipline, accounting competence and the quality of the job training implementation, analyze the effect of emotional intelligence, discipline and accounting competence simultane and parcial ously toward the Quality of Job Training Implementation. The population of 456, with the total sample of 214 students. Based on the descriptive analysis, the emotional intelligence is high in value, the student discipline is in the high category, the accounting competencies is in low category,  and the quality of job training implementation is in high category. Based on the analysis and hypothesis testing with a level of confident 5%, n = 214, it conclude that (1) the results of the regression analysis simultaneously with the value of Adjusted R Square is 0.546, so the hypothesis is accepted. (2) the emotional intelligence positively has significant effect on the quality of  the job training implementation, (3) The discipline positively has significant effect on the the quality of  the job training implementation,  (4) Accounting competence does not affect the quality of the job training implementation.
FENOMENA INVESTASI BISNIS PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG INGGRIS PARE KEDIRI) Sari Melati, Inaya
Journal of Economic Education Vol 2 No 1 (2013): June 2013
Publisher : Journal of Economic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permintaan dan peluang baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap investasi bisnis pendidikan melalui motif ekonomi dan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Inggris, Pare pada 85 responden. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dengan software IBM SPSS 20. Selain itu, untuk menguji hubungan variabel intervening dilakukan uji Sobel dan Bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan, peluang, dan motif sosial berhubungan positif secara langsung dan signifikan terhadap investasi bisnis pendidikan, sedangkan motif ekonomi berhubungan langsung, negatif dan tidak signifikan. Selanjutnya, permintaan berpengaruh positif secara tidak langsung dan signifikan terhadap investasi bisnis pendidikan melalui motif sosial, namun tidak berpengaruh positif secara tidak langsung dan signifikan bila melalui motif ekonomi. Demikian pula dengan peluang, tidak berpengaruh positif secara tidak langsung dan signifikan terhadap investasi bisnis pendidikan baik melalui motif sosial maupun motif ekonomi.This study aimed to investigate the influence of demand and opportunity directly and indirectly towards educational business investment through social and profit motive. This study developed in Kampung Inggris, Pare with 85 respondens. The data of this study were taken by questionnaire The data analyzed by using path analysis through IBM SPSS 20 software. Besides, sobel test and bootstrapping were used to test the relationship existing intervening variables. The result showed that partially demand, opportunity, and social motive directly influence to educational business investment positively and significantly, while profit motive directly has no significant influence to educational business investment. Furthermore, demand indirectly has significant and positive influence to educational business investment positively through social motive, but it has no significant influence to educational business investment through profit motive. The last, opportunity has no significant influence to educational business investment, through both of social motive and profit motive.
ANALISIS KINERJA GURU PASCASERTIFIKASI (Studi Empiris pada Guru Akuntansi SMK Se-Kabupaten Grobogan) -, Kardiyem
Journal of Economic Education Vol 2 No 1 (2013): June 2013
Publisher : Journal of Economic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Sertifikasi guru merupakan wujud perhatian yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kinerja guru. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru akuntansi tersertifikasi pada kompetensi profesional belum maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan guru dalam mengembangkan program keahlian akuntansi, berkomunikasi dengan komunitas profesi secara lisan dan tulisan, mengembangkan materi, struktur konsep dan pola pikir produktif akuntansi, kemampuan menerapkan SK dan KD akuntansi,  mengembangkan keprofesian berkelanjutan, melaksanakan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang akuntansi. Penelitian ini merupakan studi empiris dengan pendekatan mixed method. Subjek inti terdiri dari 10 guru. Metode pengambilan sampel adalah purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruhan kinerja guru akuntansi tersertifikasi di SMK Se-Kabupaten Grobogan adalah tidak baik. Kendala yang dihadapi guru akuntansi dalam mengembangkan keprofesiannya yaitu rendahnya motivasi berprestasi, keterbatasan waktu, pengetahuan yang kurang dan persepsi terhadap peraturan pemerintah yang belum tegas. Saran yang diajukan bagi guru hendaknya meningkatkan kompetensi profesionalnya, bagi kepala sekolah hendaknya memprioritaskan pengembangan profesi guru melalui pelatihan dan membentuk tim khusus untuk mengevaluasi kinerja guru. Teachers are the most important component in the education system, must be a first, foremost and central concern. Teacher certification is a form of attention aimed at improving the welfare and performance of teachers. Based on the observation of the certified teacher’s performance in Grobogan their professional competence is not maximized. The aims of this research are to analyze the ability to: develop accounting skills program, communicate with professional communities orally and in writing, develop materials, structures, concepts of accounting and have productive mindset, skills in applying standart competencies and basic competencies of accounting subjects, develop a continual professionalism, carry out work experience relevant to the ccounting field. This research is an empirical study with a mixed method approach. Sample consist of 10 teachers. Sample is taken using random proportional technique. The data are collected by documentation, interviews, observation and questionnaires. Data analysis using mixed analisys and hypothesis test using wilcoxon test. The findings of analysis shows  that the overall performance of teachers certified in Grobogan’s vocational high school is not good. Based on the result, the following suggestions are made: the accounting teachers should improve their professional competence the principal should prioritize teachers professional development.
MODEL PENGEMBANGAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK Ari Ani, Risa
Journal of Economic Education Vol 2 No 1 (2013): June 2013
Publisher : Journal of Economic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini akan menguji model I-E-O untuk mengembangkan sikap kewirausahaan siswa SMKN Se-kabupaten Demak. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh input pendidikan yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap environment yang diukur dengan student engagement maupun pengaruh input pendidikan terhadap outcome pendidikan kewirausahaan berupa sikap kewirausahaan siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh environment terhadap outcome. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis multivariat Structural Equation Modeling. Jumlah populasi 667 siswa dan sampel 200 siswa. Hasil dan simpulan penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap student engagement dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Tidak terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan siswa. Terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan melalui student engagement. Terdapat pengaruh  antara lingkungan masyarakat terhadap student engagement dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Terdapat pengaruh antara lingkungan masyarakat terhadap sikap kewirausahaan siswa. Terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan melalui student engagement. Terdapat pengaruh antara student engagement dalam kegiatan pembelajaran di sekolah  terhadap sikap kewirausahaan siswa. This study tests the I-E-O model of an effort to develop an entrepreneurial attitude of SMK’s students in Demak district. The purposes of this study are to know the influence of the family environment that is educational inputs and environmental communities to environment as measured by student engagement and to know the influence of the educational input to the outcome which is entrepreneurial attitudes of the students and to determine the effect of environment on outcomes. The data was analyzed using multivariate analysis technique of SEM.The population of the study are 667 students and the sample are 200 students.The results of this study found that there is influence between family environments to Student Engagement in the learning activities at school, there is no influence of family environment on Entrepreneurship Attitude, there is indirect influence between family environmental to Entrepreneurship Attitude with student engagement as an intervening variable, there is influence of society on Student Engagement in the learning activities at school, there is  influence of society on Entrepreneurship Attitude,there is indirect influence between society to Entrepreneurship Attitude with student engagement as an intervening variable,there is effect between Student Engagement in the learning activities at school on Entrepreneurship Student Attitudes.

Page 1 of 1 | Total Record : 5