Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 245 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 245 Palembang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes kinerja (unjuk kerja). Berdasarkan hasil uji normalitas data pretest dan posttest pada kedua kelas tersebut data dinyatakan berdistribusi normal. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 3,46dan ttabel =2,002. Sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel, oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 245 Palembang. Kata-kata kunci: Pengaruh, model Time Token, keterampilan berbicara.
Copyrights © 2018