Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 245 PALEMBANG

Susi Lestari (Universitas Sriwijaya)
Marwan Pulungan (Universitas Sriwijaya)
Sungkowo Soetopo (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 245 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 245 Palembang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes kinerja (unjuk kerja). Berdasarkan hasil uji normalitas data pretest dan posttest pada kedua kelas tersebut data dinyatakan berdistribusi normal. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 3,46dan ttabel =2,002. Sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel, oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 245 Palembang. Kata-kata kunci: Pengaruh, model Time Token, keterampilan berbicara.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...