Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar tingkat pengaruh kemampuan calon guru matematika dalam berkomunikasi dan pengelolaan kelas terhadap hasil dan motivasi belajar siswa serta hubungan antara hasil dengan motivasi belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika salah satu universitas di kota Bandung yang telah selesai melaksanakan seminar proposal. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan : kemampuan calon guru dalam berkomunikasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dengan tingkat korelasi sangat rendah; kemampuan calon guru matematika dalam berkomunikasi memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan tingkat korelasi rendah; kemampuan calon guru matematika dalam pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat korelasi sangat rendah; kemampuan calon guru matematika dalam pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat korelasi sangat rendah; kemampuan calon guru matematika dalam berkomunikasi dan pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat korelasi sedang (cukup); kemampuan calon guru matematika dalam berkomunikasi dan pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat korelasi rendah; tidak terdapat hubungan antara hasil dan motivasi belajar matematika siswa
Copyrights © 2019