YUME : Journal of Management
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH CITRA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN JKN DI PUSKESMAS CAILE KABUPATEN BULUKUMBA

Inti Sriani (Unknown)
Hasmin Tamsah (Unknown)
Abubakar Betan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah citra puskesmas dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba.Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan total sampel adalah 114 orang pasien di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner kepada subjek penelitian yang memenuhi kriteria. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan analisis jalur menggunakan software SPSS 22.0 dan menggunakan uji sobelHasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yakni 1) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. 2) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. 3) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. 4) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. 5) Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. 6) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. 7) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien JKN di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba.Kata Kunci :    Citra Puskesmas, Kualitas Layanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien.    ABSTRACTThe purpose of this study was to find out and analyse whether the image of the puskesmas and service quality had a significant effect on loyalty through the satisfaction of JKN patients at the Caile Health Center in Bulukumba Regency.This type of research is explanatory research. Sampling using a purposive sampling method and a total sample of 114 patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. Data collection was done by distributing questionnaires to research subjects who meet the criteria. Furthermore, data analysis was carried out by path analysis using SPSS 22.0 software and using the Sobel testThe results showed that all hypotheses in this study were acceptable, namely 1) Imagery had a positive and significant effect on the satisfaction of JKN patients in the Caile Health Center of Bulukumba Regency. 2) Quality of service has a positive and significant impact on the satisfaction of JKN patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. 3) The image has a positive and significant effect on the loyalty of JKN patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. 4) Service quality has a positive and significant impact on the loyalty of JKN patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. 5) Patient satisfaction has a positive and significant effect on the loyalty of JKN patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. 6) The image has a positive and significant impact on loyalty through the satisfaction of JKN patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. 7) Service quality has a positive and significant effect on loyalty through the satisfaction of JKN patients in Caile Health Center, Bulukumba Regency. Keywords:  Health Center Image, Service Quality, Patient Satisfaction, Patient Loyalty

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...