Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

MULTI CRITERIA ANALISIS ( MCA) DALAM PENANGANAN PRIORITAS KERUSAKAN JALAN DI KABUPATEN BUTON UTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP )

Nasrul Nasrul (Universitas Halu Oleo)
Try Sugiyarto Soeparyanto (Universitas Halu Oleo)
La Ode Muh. Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Pada APBD 2012 Kabupaten Buton Utaramemprioritaskan penanganan jalan untuk menunjang transportasi didaerah tersebut, tetapi dengan keterbatasan dana, stakeholder hanya melakukan perbaikan jalan yang memang betul–betul sangat bermanfaat untuk kegiatan transportasi masyarakat bagi kepentingan permukiman, perikanan,pertanian,perkebunan, perdagangan, pertambangan, kehutanan, parawisata dan pendidikan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian kali ini adalah untuk mengetahui lokasi–lokasi yang layak untuk di prioritaskan terlebih dahulu, untuk mengetahui tingkat kekonsistenan dari matriks perbandingan antar kriteria oleh masing–masing pengambil keputusan dan  menentukanurutan kriteria prioritas penanganan jalan di Kabupaten Buton Utara menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini termasuk jenis penelitan survey karena dalam penelitian ini informasi dikumpulkan melalui responden dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data primer. Kriteria yang dapat dipertimbangkan adalah kondisi jalan = 6,739 atau 39,98 % , tataguna lahan = 4,079 atau 24,20 %, aksesibilitas = 3,033 atau 17,99 % , dan aspek biaya = 3,006 atau 17,84 %. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi konsistensi responden antara lain, responden melihat dari tata guna lahan dan kondisi jalan serta aksisibilitas atau kurangnya pemahaman responden terhadap maksud pertanyaan dari kuisioner yang diberikan, sesuai hasil analisa yang telah dilakukan terhadap beberapa kriteria yang dipertimbangkan oleh responden, ruas Jalan Lakansai - Petea(4,896 atau 20,101%) merupakan ruas jalan yang diusulkan untuk mendapatkan prioritas utama dalam penanganan jalan di Kota Kendari. Kemudian ruas jalan selanjutnya secara berturut – turut adalah Jalan Bonegunu (3,374 atau 13, 852%), Jalan ronta (2,843 atau 11,761%), Jalan Kec. Kambowa (2,373 atau 9,742%), Jalan Buranga (2,313 atau 9,497%), Jalan DesaBira (2,078 atau 8,529%), Jalan Sp1 Tri Wacuwacu (2,013 atau 8,264%), Jalan Sp3 dan SP4 (1,851 atau 7,598%), Jalan Desalantagi (1,329 atau 5,458%), dan terakhir Jalan SP gunung sari (1,288 atau 5,288%).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

stabilita_jtsuho

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian ...