FKIP e-PROCEEDING
Vol 2 No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BONDOWOSO

Pratiwi Ayu Lestari (Unknown)
Yushardi . (Unknown)
Agus Abdul Ghani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2017

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kesadaran akan pentingnya pendidikan telah menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat terhadap perkembangan dunia pendidikan, terutama dalam bidang teknologi dan informasi yang sangat erat kaitannya dengan ilmu fisika. Saat ini, pembelajaran fisika masih cenderung berpusat pada guru sehingga sebagian besar siswa malas berpikir atau siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar. Proses belajar pada siswa sangat menentukan keberhasilan dari tujuan pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini antara lain 1) mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif TAI terhadap motivasi belajar fisika siswa; 2) mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif TAI terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Posttest only Control Group design. Dalam penelitian didapat hasil bahwa metode pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017