Strategi pemasaran yang tepat dimulai dari evaluasi diri baik secara internal maupun eksternal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (7P) yang diterapkan diUMKM Tegar Mandiri di Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Sampel sebanyak 20 orangyang ditentukan dengan teknik Cluster sampling. Penelitian ini menunjukkan nilai rerata padasetiap aspek pada tanggapan produsen (Internal) : product 3,3 kategori sangat baik, price 3 kategoribaik, place 2,6 kategori baik, promotion 2,5 kategori kurang baik, people 2,5 kategori kurang baik,process 2,8 kategori baik, physical evidence 2,8 kategori baik. Berdasarkan tanggapan konsumenrerata pada setiap aspek (Eksternal): product 3,1 kategori baik, price 3 kategori baik, place 2,6kategori baik, promotion 1,7 kategori tidak baik, people 3 kategori baik, process 3 kategori baik,physical evidence 2,6 kategori baik. Hasil ini menandakan diperlukan sebuah kebijakan yang kuatuntuk memperbaiki strategi pemasaran pada aspek promotion, sehingga diperoleh kemajuan secaramaksimal untuk produsen UMKM Tegar Mandiri.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, UMKM Tegar Mandiri, Marketing Mix.
Copyrights © 2019