Proceeding Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan
Vol. 6 (2019): PROSIDING SIMPOSIUM NASIONAL VI KELAUTAN DAN PERIKANAN UNHAS

Strategi Pemasaran Bandeng Presto

Benny Audy Jaya Gosari (Program Studi Sosial Ekonomi, Perikanan, FIKP, Universitas Hasanuddin)
Sitti Fakhriyah (Program Studi Sosial Ekonomi, Perikanan, FIKP, Universitas Hasanuddin)
Sri Suro Adhawati (Unknown)
Muhammad Asri Triyadi Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Strategi pemasaran yang tepat dimulai dari evaluasi diri baik secara internal maupun eksternal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (7P) yang diterapkan diUMKM Tegar Mandiri di Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Sampel sebanyak 20 orangyang ditentukan dengan teknik Cluster sampling. Penelitian ini menunjukkan nilai rerata padasetiap aspek pada tanggapan produsen (Internal) : product 3,3 kategori sangat baik, price 3 kategoribaik, place 2,6 kategori baik, promotion 2,5 kategori kurang baik, people 2,5 kategori kurang baik,process 2,8 kategori baik, physical evidence 2,8 kategori baik. Berdasarkan tanggapan konsumenrerata pada setiap aspek (Eksternal): product 3,1 kategori baik, price 3 kategori baik, place 2,6kategori baik, promotion 1,7 kategori tidak baik, people 3 kategori baik, process 3 kategori baik,physical evidence 2,6 kategori baik. Hasil ini menandakan diperlukan sebuah kebijakan yang kuatuntuk memperbaiki strategi pemasaran pada aspek promotion, sehingga diperoleh kemajuan secaramaksimal untuk produsen UMKM Tegar Mandiri.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, UMKM Tegar Mandiri, Marketing Mix.

Copyrights © 2019