Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Ayu Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Subuh Anggoro (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Pamujo Pamujo (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model experiential learning terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent (pretest dan posttest) control group design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Larangan dengan jumlah sebanyak 40 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes,  dalam bentuk soal pretest, posttest dan non tes dalam bentuk angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji t yang sebelumnya melalui tahap uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis variabel rasa ingin tahu diperoleh nilai  atau 3,383>2,024 signifikansi 5% dan dk=38 maka  ditolak dan  diterima maka diketahui terdapat pengaruh model experiential learning terhadap rasa ingin tahu. Pengujian hipotesis untuk variabel prestasi belajar IPA diperoleh nilai  3,351>2,024 signifikansi 5% dan dk=38 maka  ditolak dan  diterima maka diketahui terdapat pengaruh model experiential learning terhadap prestasi belajar IPA Kata kunci: Experiential Learning, Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar IPA

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...