Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model experiential learning terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent (pretest dan posttest) control group design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Larangan dengan jumlah sebanyak 40 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes, dalam bentuk soal pretest, posttest dan non tes dalam bentuk angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji t yang sebelumnya melalui tahap uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis variabel rasa ingin tahu diperoleh nilai atau 3,383>2,024 signifikansi 5% dan dk=38 maka ditolak dan diterima maka diketahui terdapat pengaruh model experiential learning terhadap rasa ingin tahu. Pengujian hipotesis untuk variabel prestasi belajar IPA diperoleh nilai 3,351>2,024 signifikansi 5% dan dk=38 maka ditolak dan diterima maka diketahui terdapat pengaruh model experiential learning terhadap prestasi belajar IPA Kata kunci: Experiential Learning, Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar IPA
Copyrights © 2019