Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap penguasaan konsep kelas X SMAN 1 Janapria Tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalen Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esay untuk penguji penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dari hasil uji t diketahui bahwa t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (5.73 > 2.00), oleh karena itu hipotesis alternative diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Brain Based Learning bepengaruh penguasaan konsep siswa kelas X SMAN 1 Janapria tahun 2015/2016.
Copyrights © 2016