JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA

Norma Lita Sari (Unknown)
Ismail Efendi (Unknown)
Septiana Dwi Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap penguasaan konsep kelas X SMAN 1 Janapria Tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalen Control Grup Design. Teknik pengambilan   sampel   menggunakan   Purposive   Sampling.   Sampel   dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes  esay untuk  penguji  penguasaan  konsep.  Data  yang diperoleh  dianalisis menggunakan uji t.  Hasil analisis data menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Brain Based   Learning   lebih   tinggi   dibandingkan   kelompok   kontrol.     Dari  hasil  uji  t diketahui bahwa t  hitung lebih besar dibandingkan t tabel (5.73 > 2.00), oleh karena itu hipotesis alternative diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Brain Based Learning bepengaruh penguasaan konsep siswa kelas X SMAN 1 Janapria tahun 2015/2016.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...