Jurnal Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis
Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis

Ketahanan Oriented Strand Board Bambu Betung dengan Perlakuan Steam pada Strand terhadap Cuaca (Durability of Oriented Strand Board Prepared from Steam -treated Betung Bamboo to Natural Weathering)

Sena Maulana (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Muhammad QA Damanik (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Marwanto Marwanto (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Muhammad I Maulana (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Adesna Fatrawana (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Ihak Sumardi (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung)
Nyoman J Wistara (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)
Fauzi Febrianto (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketahanan oriented strand board (OSB) dari bambu betung (Dendrocalamus asper) (BOSB) dengan perlakuan steam pada strand terhadap cuaca. Strand diberi perlakuan steam pada suhu 126 ºC di bawah tekanan 0,14 MPa selama 1 jam. Tiga lapis BOSB dibuat dengan kerapatan target 0,7 g cm-3 yang direkat dengan perekat fenol formaldehida (PF) dengan konsentrasi 8%. Parafin ditambahkan sebanyak 1% dari berat kering oven strand. Bamboo oriented strand board dipaparkan pada cuaca terbuka di Dramaga, Kabupaten Bogor Jawa Barat (6°34’15.72’’Selatan 106°44’17.30’’Timur). Evaluasi sifat fisis dan mekanis BOSB sebelum dan sesudah dipaparkan di udara selama 2 dan 3 bulan dilakukan berdasarkan standar JIS A 5908:2003. Penentuan nilai nisbah retensi MOE dan MOR dilakukan dengan membandingkan nilai MOE dan MOR sebelum dan sesudah pemaparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan steam pada strand dapat meningkatkan stabilitas dimensi dan sifat mekanis BOSB. Pemaparan BOSB pada cuaca terbuka dapat menurunkan stabilitas dimensi dan kekuatan BOSB. Ketahanan BOSB dengan perlakuan steam pada strand terhadap pemaparan alami lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa perlakuan steam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JITKT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel asli baik penelitian dasar maupun terapan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kayu, bahan berlignoselulosa bukan kayu, hasil hutan lainnya dan industri hasil ...