NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
Vol 6 No 1 (2019): (APRIL) 2019

ANALISIS STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Di Provinsi Jambi)

Busriadi, Busriadi (Unknown)
Nasution, Muhammad Yasir (Unknown)
Siregar, Saparuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini menganalisis perilaku nasabah berdasarkan kinerja Customer Relationship Management. Permasalahan penelitian merujuk pada fenomena bisnis PT. Pegadaian Syariah  (Persero) Tbk. Di Provinsi Jambi. permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membangun kepuasan nasabah, sehingga loyalitas nasabah dapat tercapai sesuai harapan. Tujuan penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur kinerja Customer Relationship Management. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang kritis dalam konsep dan pengukuran manajemen hubungan pelanggan. Peneliti memasukan unsur kompetensi sumber daya manusia, mutu pelayanan, teknologi, dan kepuasan nasabah sebagai anteseden dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini mempergunakan 110 responden dan keseluruhan responden adalah nasabah PT. Pegadaian Syariah  (Persero) Tbk. Di Provinsi Jambi. Analisis data mempergunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program komputer Amos 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia tidak berdampak positip dan signifikan  terhadap kepuasan nasabah. Sementara itu Mutu pelayanan dan Teknologi berdampak positip dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas juga berakibat positip. Masukan bagi manajemen yang bisa diambil dari penelitian customer relationship management ini adalah pendekatan yang berkaitan dengan dimensi mutu pelayanan dapat membantu manajer meningkatkan kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah berbasis kinerja Customer Relationship Management. Kata Kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Mutu Pelayanan, Teknologi, Kepuasan Nasabah, dan Loyalitas Nasabah Berdasarkan Kinerja Customer Relationship Management.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nurelislam

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are ...