Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 5, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI ILMU PENDIDIKAN - DESEMBER (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MIA SMA MUHAMMADIYAH 18 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fitria Dinda Sri Wardani (STKIP Budidaya)
Prina Yelly (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis cerpen Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang terdiri dari 2 kelas, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 59 siswa yang terdiri dari 2 kelas di mana kelas MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik atau penggunaan tabel-tabel statistik dengan cara menghitung nilai rata-rata, standart deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji t dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis cerpen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...