YUME : Journal of Management
Vol 2, No 3 (2019)

PENGARUH DIKLAT, INSENTIF, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KESYAHBANDARAN UTAMA MAKASSAR

Muliana Muliana (Unknown)
Baharuddin Dammar (Unknown)
Budiman Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh diklat terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (2) Untuk menganalisis pengaruh insentif terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (3) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (4) Untuk menganalisis pengaruh diklat, insentif, dan kepuasan kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama MakassarMetode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei tempat. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan (pelaut) pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar dengan total sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan software SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Diklat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (2) Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (4) Diklat, Insentif, dan Kepuasan Kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama MakassarKata Kunci: Diklat, Insentif, Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan    ABSTRACTThe objectives of this study are: (1) To analyze the effect of education and training on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees. (2) To analyze the effect of incentives on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees. (3) To analyze the effect of job satisfaction on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees. (4) To analyze the effect of education and training, incentives, and job satisfaction simultaniously on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees.The method used is quantitative with a place survey approach. This research was conducted at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. The population in this study were all customers (seafarers) in the Makassar Main Kesyahbandaran Office with a total sample of 100 people. The data analysis technique used in this study is mutiple regression analysis with SPSS.The results of the study showed that: (1) Diklat had a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees. (2) Incentives have a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees. (3) Job satisfaction has a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees. (4) Diklat, Incentives, and Job Satisfaction have a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees.Keywords: Training, Incentives, Job Satisfaction, Service Quality

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...