Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2010): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 1 2010

OPTIMALISASI BESARNYA SUDUT POTONG PAHAT PADA PROSES ROUGHING AISI 1040 MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

. Paryanto (Laboratorium Metrologi Industri, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang)
. Rusnaldy (Laboratorium Metrologi Industri, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang)
Yusuf Umardani (Laboratorium Metrologi Industri, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang)
Norman Iskandar (Laboratorium Metrologi Industri, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2010

Abstract

Proses pemesinan dengan gaya pemotongan yang kecil akan menurunkan pemakaian daya listrik, meningkatkan kualitas produk dan menurunkan laju keausan pahat. Salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan gaya pemotongan adalah dengan mengoptimasi besarnya sudut potong pahat. Selama proses roughing gaya pemotongan relatif tinggi, dan umumnya menggunakan sudut potong pahat negatif. Pada makalah ini dibahas pengaruh besarnya sudut potong pahat negatif pada proses bubut tehadap gaya pemotongan, dengan tujuan untuk mengetahui besarnya sudut potong pahat yang paling optimal. Metode penelitian dilakukan dengan pemodelan menggunakan sofware Finite Element Method (FEM) dan material yang digunakan adalah baja AISI 1040. Simulasi dilakukan pada sudut potong -15° sampai 0°. Hasil dari simulasi kemudian dibandingkan dengan hasil empirik berdasarkan pendekatan dari Kienzle dan hasil eksperimental oleh Günay, M., dkk (2005). Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa gaya pemotongan akan menurun sebanding dengan pergerakan sudut potong pahat dari -15⁰ sampai 0⁰, sedangkan perbedaan hasil simulasi FEM dengan hasil empirik adalah 12,94% dan dengan hasil eksperimen adalah 16,10%. Kata kunci: sudut potong pahat, gaya pemotongan, FEM, roughing, bubut.

Copyrights © 2010