PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2017: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi

KEUNGGULAN PEMBELAJARAN REFLECTIVE PEDAGOGY PARADIGM (RPP) UNTUK PERBAIKAN PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Eko Yuliyanto (Unknown)
Fitria Fatichatul Hidayah (Unknown)
Enade Perdana Istyastono (Unknown)
Yosef Wijoyo (Unknown)
Titien Siwi Hartayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Pendidikan di perguraun tinggi merupakan pembelajaran sangat berbeda dengan pembelajaran tingkat SMA. Namun, hal itu juga menjadi perhatiankhusus supaya proses transfer ilmu pengetahuan dari dosen ke mahasiswaberlangsung dengan baik. Tujuan penelitian ini mengetahu keunggulan RPPdalam penerapan pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Metode penelitianini menggunakan kajian referensi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pembelajaran di perguruan tinggi memerlukan perhatiankhusus terutama pada metode-metode yang digunakan. Adanya keunggulanRPP diharapkan dapat membuka pengetahuan para dosen untuk mampumelakukan pembelajaran RPP: membangu konteks, penglaman,refleksi, aksidan evaluasi, sehingga kebermaknaan belajar para mahasiswa akan tertatadengan baik dan sesuai dengan outcome yang diharapkan oleh program studi.    Keywords: Reflective Pedagogy Paradigm, Keunggulan, Pembelajaran,Perguruan Tinggi

Copyrights © 2017