JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Vol 4, No 62 (2018)

EVALUASI KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SULA PROVINSI MALUKU UTARA

POHI, IDHAM (Unknown)
POSUMAH, JOHNNY HANNY (Unknown)
PALAR, NOVIE (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

AbstrakTujuan penelitian adalah untuk menjelaskan Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan PencatatanSipil Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif-kualitatif. Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil tiga indikator yaitupengetahuan akan tugas pekerjaan yang dihadapi, output yang efektif, pengambilan keputusan.Informan penelitian adalah Kepala Dinas, Pegawai Staf Pelaksanaan, Masyarakat. Pengumpulan datamenggunakan pedoman wawancara, observasi studi dokumentasi sedangkan teknik analisis dilakukanmelalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Berdasarkan hasil analisa dataditarik kesimpulan bahwa Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil KabupatenKepulauan Sula Provinsi Maluku Utara dilihat dari indikator pengetahuan akan tugas pekerjaan yangdihadapi, output yang efektif, dan pengambilan keputusan masih belum secara maksimaldilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan DanPencatatan Sipil belum maksimal sehingga dapat direkomendasikan saran : meningkatkanpengetahuan akan tugas dan pekerjaan para pegawai selain melalui evaluasi mesti ada pelatihan danpendidikannya terutama tentang sistem informasi, komunikasi dan teknologi yang berkembangsekarang agar tercipta pemikiran-pemikiran baru untuk berinovasi dalam bekerja dan lebihmeningkatkan kualitas pelayanan, adakan sosialisasi dan penyuluhan terkait proses serta alurpengurusan administrasi kepada masyarakat, tak lupa pula gunakan pengeras suara, papaninformasi, baliho, spanduk dan hal-hal sejenis untuk memberi penjelasan lebih kepada masyarakatsetiap kali berkunjung ke kantor untuk mengurus masalah administrasi, sediakan waktu merespondan mendengarkan keluhan serta masukan dari masyarakat tak lupa pula penambahan infrastrukturdan fasilitas dalam hal ini teknologi harus ditingkatkan agar lebih mempermudah proses pelayanankepada masyarakat, dalam pengambilan keputusan koordinasi antara semua pihak yang bertanggungjawab harus terjalin baik dan intens.Kata Kunci: Evaluasi, Kinerja

Copyrights © 2018