Jurnal Teknik ITS
Vol 6, No 2 (2017)

Optimasi Cross Layer Untuk Protokol Dynamic Source Routing Pada Komunikasi Antar Kendaraan Berbasis Vehicular Ad-Hoc Networks (VANETs)

Kevianda Kamarullah (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Endroyono Endroyono (Institiut Teknologi Sepuluh Nopember)
Wirawan Wirawan (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Konsep vehicle-to-vehicle communication (V2V) pada Intelligent Transportation Systems (ITS) merupakan suatu konsep teknologi dimana antar kendaraan dapat berinteraksi satu sama lainnya. Salah satu komunikasi yang dapat menghubungkan V2V ini yaitu Vehicular Ad-Hoc Networks (VANETs). Pada VANET, mobil bertindak sebagai node dan terus bergerak sehingga membuat topologi jaringan berubah. Perubahan topologi jaringan ini mengakibatkan pengiriman data yang tidak maksimal seperti delay yang besar ataupun kegagalan dalam pengiriman data. Untuk itu upaya optimasi routing pada VANET ini perlu dikembangkan. Studi ini membahas optimasi cross layer untuk dynamic source routing (DSR) pada VANET dengan mengintegrasikan network layer dan MAC layer. Pada MAC layer dilakukan proses kepadatan trafik untuk mengetahui ketersediaan kanal menggunakan channel free time dan mengetahui perubahan jarak antar kendaraan menggunakan mobility prediction method. Hasil dari kedua metode ini diteruskan ke network layer untuk menentukan rute terbaik. Optimasi dilakukan dengan melakukan simulasi menggunakan NS-2.Hasil yang didapat adalah berupa pengurangan end-to-end delay dan juga packet loss pada skenario jumlah pasangan koneksi 1, 4, dan 8 dengan pengurangan sebesar 0.01 detik, 0.015 detik, dan 0.00824 detik. Selain itu juga dapat mengurangi nilai persentase packet loss sebesar 1.3%, 0.53%, dan 0.46% pada skenario jumlah pasangan koneksi 1, 4, dan 8.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...