PROSIDING SEMINAR NASIONAL AGRIBISNIS
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PANGAN DAN PERKEBUNAN (Realitas Pangan dan Perkebunan saat ini dan Prospe

Analisis Pemasaran Ikan Asap (Studi Kasus di Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal)

Ghozali, M. Dahlan (Unknown)
Awami, Shofia Nur (Unknown)
Prabowo, Rossi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2020

Abstract

Ikan asap merupakan salah satu komoditas yang mudah rusak, sehingga dalam pemasarannya harus mendapatkan perhatian yang serius. Panjang pendeknya saluran pemasaran akan berpengaruh pada kualitas, biaya, margin, keuntungan dan efisiensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran ikan asap, margin pemasaran ikan asap dan efisiensi saluran pemasaran ikan asap di Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, untuk menentukan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Sementara responden yang dilibatkan dalam penelitian diantaranya, produsen ikan asap, pedagang serta konsumen akhir, yang ditentukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat tiga saluran pemasaran ikan asap, yaitu saluran tingkat nol: dari produsen sampai ke konsumen tanpa melewati perantara, saluran tingkat satu: dari produsen sampai ke konsumen melewati satu perantara, saluran tingkat dua: dari produsen sampai ke konsumen melewati dua perantara. Margin pemasaran ikan asap dari produsen sampai dengan konsumen akhir sebesar Rp. 1.000,00/potong. Margin masing-masing lembaga adalah produsen sebesar Rp. 200,00/potong, pedagang pemborong sebesar Rp. 300,00/potong, dan pedagang pengecer sebesar Rp. 500,00/potong. Nilai efisiensi pemasaran ikan asap pada saluran tingkat nol 6,25 persen, saluran tingkat satu 11,11 persen, dan saluran tingkat dua 26,92 persen.

Copyrights © 2018