ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 4, No 1 (2015): ALIBKIN

PENGGUNAAN TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BERAKTIVITAS DI SEKOLAH

Annisa Fitriana (Unknown)
Giyono Giyono (Unknown)
Ranni Rahmayanthi Z (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2015

Abstract

The purpose of this study was to know whether the economy token could improve children's confidence in their activity at school. The research question was "Do economy token could be used to increase the confidence of students in their activity?". The method used was Pre-Experimental research methods with one group pre-test and post-test design. Data collection technique used was observation. The results of data analysis using the Wilcoxon test, obtained Zcount = -2.214 and Ztable 0.05 = 0. Since Zcount Ztable then, Ha was accepted, meaning that there was significant differences between the scores of children's confidence in their activity at school before and after implementation economy token.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa token ekonomi dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dalam beraktivitas di sekolah. Permasalahan penelitian ini Apakah token ekonomi dapat digunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa dalam beraktivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimental menggunakan one group pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh Zhitung = -2,214 dan Ztabel 0,05 = 0. Karena Zhitung Ztabel maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor percaya diri siswa dalam beraktivitas di sekolah sebelum dan setelah diterapkan token ekonomi.Kata kunci : beraktivitas di sekolah,percaya diri,token ekonomi.

Copyrights © 2015